Cara Mencocokkan Ukuran Feed, Story, dan IGTV Instagram Agar Tampak Lebih Indah!

  • Whatsapp
Ukuran Konten Instagram

Sobat ingin mengatur ukuran foto profile, feed maupun Story Instagram agar lebih ideal dan estetik saat dilihat? Sobat bisa simak artikel berbagai ukuran untuk feed, story, IGTV di Instagram yang akan kami bahas secara lengkap di bawah ini!

Instagram merupakan platform berbagi cerita, foto, dan video terbesar di dunia, dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan, Instagram menjadi populer dan menurut Instagram platformnya sudah digunakan lebih dari satu milyar orang. Pengguna sendiri bukan hanya bisa membagi cerita dan kesenangan, namun juga bisa sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Bacaan Lainnya

Nah tentunya agar profil pengguna ingin banyak dilihat dan diminati, maka tampilan pengguna harus indah dan ideal. Banyak faktor yang mendukung foto-foto menjadi ideal, seperti view foto, caption yang diberikan, ukuran foto yang pas, dan masih banyak lainnya, termasuk juga pemilihan kata dalam Biografi.

Lalu, bagaimana sih ukuran foto atau video yang ideal agar indah saat di upload ke feed maupun story atau IGTV Instagram? Yuk simak terus!

Daftar Ukuran Foto Profile, Feed, Story, dan IGTV Instagram

Ukuran Feeds, Story, dan IG TV Instagram

Untuk ukuran foto profile Instagram Sobat bisa harus membuat foto berukuran 1:1 dengan menimal berukuran 110 x 110 piksel. Nah berikut adalah ukuran yang bisa kalian gunakan untuk foto profil di Instagram.

  • 128×128
  • 161×161
  • 256×256
  • 512×512
  • 1024×124
  • 1080×1080

Ukuran Feed Instagram

Ukuran Feeds, Story, dan IG TV Instagram

Perlu sobat ketahui, pada feed sendiri terdapat tiga bentuk ukuran, adapun ukurannya yaitu landscape, portrait, dan square.

Landscape sendiri berarti ukuran foto yang horizontal atau memanjang ke samping. Potrait berarti ukuran foto yang vertikal atau memanjang ke atas dan ke bawah, atau biasa disebut foto tegak. Nah pada ukuran square, berarti foto akan berukuran sama panjang dan sama lebar.

Untuk jelasnya sobat bisa melihat penjelasan ini :

  • Ukuran feed Instagram landscape maksimal 1080 x 608 pixel (ratio 1,91:1)
  • Ukuran feed Instagram portrait maksimal 1080 x 1350 pixel (ratio 4:5)
  • Ukuran feed Instagram square maksimal 1080 x 1080 pixel (rasio 1:1)

Ukuran tersebut bukan hanya cocok untuk feed bentuk foto, namun juga cocok dengan ukuran feed Video. Ukurannya sama, silahkan sobat cocoki agar lebih indah dan ideal!

Baca Juga : Cara Repost Postingan Instagram Dengan Mudah

Ukuran Story Instagram

Ukuran Feeds, Story, dan IG TV Instagram

Pada story sendiri, story juga memiliki ukuran tersendiri, yang mana ukuran foto untuk Story IG adalah 1080 x 1920 Pixel.

Ukuran 1080 x 1920 Pixel adalah bentuk potrait atau vertikal yang mana memiliki aspect ratio 9:16. Nah ukuran ini lebih baik digunakan atau dicocokkan jika kamera sobat sudah bagus atau memiliki resolusi yang baik.

Namun jika kualitas kamera di handphone sobat di bawahnya atau biasa saja, sobat bisa menggunakan atau memakai ukuran alternatif seperti 720 x 1280 pixel  hingga 450 x 800 pixel. Namun tidak masalah juga, sobat coba keduanya kok.

Sebagai catatan, ukuran gambar maksimal yang bisa diunggah atau di upload di instastory adalah 30 MB dengan format JPEG atau PNG.

Nah pada ukuran video story juga memiliki ukuran tersendiri agar keluaran video yang di upload memiliki kualitas yang baik dan bagus. Adapun Ukuran video instastory idealnya sebesar 1080 x 1920 pixel dengan aspect rasio 9:16.

Resolusi video yang dihasilkan minimal 720 pixel. Ukuran maksimal video tersebut adalah 4 GB dengan format MP4 atau MOV.

Silahkan deh sobat cocokkan sendiri agar foto dan video yang di upload di instastory menjadi lebih baik dan indah!

Baca Juga : Cara Bot / Boom Like dan Komentar Instagram

Ukuran IGTV

Ukuran pada IGTV juga perlu diperhatikan, pasalnya banyak dari beberapa pengguna langsung mengupload tanpa memperhatikan ukuran, yang mana itu nantinya membuat video menjadi terpotong hingga resolusi video IGTV yang turun drastis.

Nah berikut ukuran IGTV yang bisa sobat atur atau cocokkan agar menjadi lebih baik

  • Ukuran feed Instagram landscape dengan resolusi sebesar 1920 x 1020 pixel (ratio 16:9)
  • Ukuran feed Instagram potrait dengan resolusi sebesar 1080 x 1920 pixel (rasio 9:16)

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan?

Nah jika sobat kesulitan bagaimana cara mengatur ukurannya, sobat bisa menggunakan aplikasi untuk membantu mengatur ukuran. Apa saja aplikasi itu?

Aplikasi Untuk Membuat Konten Feed dan Story Instagram

1. Canva

Aplikasi membuat konten Instagram

Canva bukan hanya bisa mengatur ukuran foto atau video, disini juga sobat bisa menambahkan template maupun hiasan lainnya ke dalam foto atau video agar tampak lebih indah. Namun di canva, untuk mendapatkan tools lengkapnya, sobat harus berlangganan terlebih dahulu, Tapi tenang saja, versi gratis juga tidak kalah bagus.

Sobat bisa mengunduhnya melalui Google Play Store disini!

2. PicsArt

Aplikasi membuat konten Instagram

Sobat bisa mencoba picsart untuk mengatur ukuran dan rasio dengan mudah. Bukan hanya bisa mengatur, PicsArt juga tidak kalah dengan Canva, karena di picsArt juga menyediakan template dan tools lainnya. Silahkan sobat gunakan aplikasi PicsArt, sobat bisa mengunduhnya melalui Google Play Store disini!

3. Photoshop

blank

Mungkin Photoshop bukan hal yang asing untuk sobat, nah di photoshop sendiri bisa untuk Aplikasi membuat konten Instagram karena kalian bisa langsung mengatur ukuran foto dan rationya. Silahkan sobat coba sendiri.

Akhir Kata

Bagaimana? sudah lengkap bukan ukuran dari Feed, Story, dan IGTV Instagram? Selain itu kalian juga perlu memperhatikan aplikasi pendukung untuk membuat konten Instagram agar lebih mudah,indah dan elegan. Silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya! 😊

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, sobat bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba! 😊

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini