Cara Mudah Mengaktifkan Windows 10

  • Whatsapp
Cara Mengaktifkan Windows 10

Sobat ingin aktivasi Windows 10 setelah Install Ulang? Tapi sobat tida paham caranya? Tenang, kami akan memberi tahu cara mengaktifkan Windows 10 secara lengkap!

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru Microsoft dan menjadi Sistem operasi yang paling banyak digunakan, hal ini karena pengoprasian dari OS Windows sendiri yang sangat mudah digunakan.

Bacaan Lainnya

Tapi Windows 10 bukanlah ‘barang’ gratisan, untuk menggunakan windows 10 Sobat harus memiliki lisensi yang harganya tidak murah.

Tapi kerena fitur yang tersedia cukup komplit, harga tersebut masih bisa dikatakan wajar karena sebanding dengan yang di tawarkan.

Nah jika Sobat ingin aktivasi Windows 10 menggunakan lisensi, di sini kami akan membahas cara untuk mengaktifkan Windows 10 secara lengkap.

Cara Mengaktifkan Windows 10 dengan Lisensi

Perlu diketahui, Windows 10 masih bisa digunakan walaupun tidak diaktivasi, tapi fiturnya sangat terbatas, berikut adalah kekurangan jika windows tidak teraktivasi,

  • Munculnya watermark yang bertuliskan this copy of Windows is not genuine yang terlihat di bagian pojok kanan bawah layar
  • Selain itu sobat jjuga tidak bisa mengubah personalize di bagian Settings Windows 10. Nah Personalize sendiri berfungsi untuk mengubah tema, lockscreen, wallpaper, dan lainnya. Dengan kata lain, layar desktop sobat tentunya hanya akan berwarna gelap.

Cara Memasukan Lisensi Windows 10

Cara Mengaktifkan Windows 10
  • Sobat Harus membeli dahulu lisensi Microsoft Windows 10 secara resmi. Kami sarankan sih untuk mendapat harga yang jauh lebih murah namun tetap berlisensi resmi yaitu sobat bisa membelinya dengan jenis retail yang terdapat di marketplace e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, atau yang lainnya.
  • Namun tidak semua disana menjual linsensi yang resmi, terdapat pula lisensi yang tidak resmi. Untuk harga yang di e-commerce, biasanya sekitar 100 – 500 ribu. Nah untuk harga yang benar-benar asli yaitu sekitar 800 ribuan.

Nah untuk mengetahui lisensi yang resmi, sobat bisa membeli lisensi Windows 10 dari penjual yang menawarkan lisensi (Certificate Of Authenticity) atau COA. Biasanya lisensi ini dijual dalam bentuk DVD Box.

Kelebihan lisensi COA ini yaitu sobat bisa menggunakan berulang-ulang di komputer yang sama. Sehingga apabila sewaktu-waktu ingin melakukan install ulang Windows 10 lagi, maka tidak perlu membeli lisensi kembali.

  • Pastikan Laptop atau Komputer Sobat Terkoneksi Internet yang Stabil.
  • Berikutnya, silahkan sobat buka menu ”update & security” di komputer atau laptop. Bagaimana caranya? Sobat silahkan Klik logo Windows disisi kiri bawah layar.
  • Lalu silahkan sobat bisa klik bagian menu Settings (Ikon Gerigi).
  • Jika sudah, nantinya sobat akan berada di dalam menu Settings, disini banyak pilihan namun abaikan saja, sobat bisa langsungpilih menu “Update & Security”
  • Langkah selanjutnya sobat bisa buka Menu Activation, bagaimana caranya? ketika sudah berada di Update & Security, disini sobat silahkan memilih menu “Activation”.
  • Nah disini sobat akan melihat versi Windows yang terinstall saat ini dibagian “Edition“. Tepat dibagian bawahnya, sobat akan melihat tulisan “Change Product Key“ dengan ikon kunci.
  • Kemudian Copy & Paste lisensi atau product key yang sudah sobat siapkan sebelumnya pada bagian kolom yang tersedia.
  • ingat pastikan sobat mengisinya dengan teliti dan benar ya! Ketika lisensi sudah dimasukkan, maka lanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik Next.
  • Nah disini sobat bisa pastikan kembali bahwa komputer atau laptop sobat terhubung dengan koneksi internet dengan jaringan yang stabil. Yup di proses ini sobat harus bersabar karena harus menunggu beberapa menit unuk proses aktivasi Windows 10.
  • Jika sudah selesai, nantinya akan muncul tulisan “Windows is activated
  • Selesai!

Akhir Kata

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara mengaktifkan Windows 10? Pastikan sobat gunakan windows 10 yang berlisensi legal ya! Supaa lebih aman dan lebih maksimal dalam penggunaannya nanti. Okedeh, selamat mencoba! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini