Cara Aktivasi Windows 10 Secara Aman Dan Mudah

  • Whatsapp
Cara aktivasi windows 10
Cara aktivasi windows 10

Windows 10 menjadi salah satu system operasi terbaru dan paling banyak digunakan pengguna teknologi. Aktivasi windows 10 bertujuan agar penggunaan fitur berfungsi maksimal. Terkadang aktivasi saat menginstall windows 10 gagal dan diperlukan aktivasi kembali. Untuk itulah, anda perlu mengetahui cara aktivasi windows 10 agar system berfungsi kembali.

Perlu diketahui Windows 10 memiliki beberapa edisi utama, yaitu Windows 10 home. Windows yang setara dengan versi dasar windows 8 dan windows 7 home basic. Windows 10 pro yang sebanding dengan windows 8 pro dengan tambahan fitur bisnis. Windows 10 Enterprise yang hanyatersediamelaluilisensi volume. Ada juga windows 10 education yang dirancanguntukdigunakandalampengajaran di sekolah.

Bacaan Lainnya

Apapun edisi yang anda gunakan, aktivasi windows 10 harus segera dilakukan, karena jika tidak beberapa hal mengganggu mungkin bias terjadi. Antara lain akan muncul Activate Windows dan pop up ini akan muncul terus di sudut kanan bawah. Kerugian lain jika windows tidak segera diaktivasi adalah tidak dapat mengubah wallpaper, mengganti tema, lockscreen dan menghubungkan tampilan lain pada laptop. Untuk itulah, penting melakukan aktivasi pada windows 10 anda sesegera mungkin.

Cara aktivasi windows 10 pro, home, enterprise dan education dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya secara online dan offline, tanpa kode aktivasi windows 10, dengan command prompt, dan tanpa software. Dari sekian banyak cara yang tersedia, berikut cara termudah dan aman dalam melakukan aktivasi windows 10.

Cara Aktivasi Windows 10 Secara Aman Dan Mudah

Cara aktivasi windows 10 pro
Cara aktivasi windows 10 pro

Bagi anda yang masih ragu melakukan aktivasi bahkan belum menginstall windows 10, perlu diketahui beragam kelebihan dan kekurangan menggunakan windows 10. Berikut informasinya tentang kelebihan yang diperoleh menggunakan Windows 10, antara lain:

1. Fitur Windows 10 sangat cepat

Edisi windows terbaru ini mengusung konsep Windows as a service, sehingga tak mengherankan fitur dalam windows 10 lebih mudah dioperasikan. Microsoft mengerahkan mayoritas energi, waktu, tenaga dan resource terbaiknya dalam mengembangkan windows 10.

2. Fitur Windows 10 update

Windows 10 menyediakan beragam fitur yang modern menyesuaikan perubahan teknologi. Fitur-fitur dalam windows 10 mayoritas bisa langsung tersinkron antar device.

3. Windows 10 Powerful untuk gaming

Dilengkapi dengan direct 12 dan game mode, windows 10 semakin meningkatkan performa gamer dalam bermain. Selain itu, dengan download aktivasi windows 10 maka akan mempermudah semua hal yang akan dilakukan.

4. Desktop Experience meningkat

Split screen fleksibel dan virtual desktop pada windows 10 bisa meningkatkan produktivitas anda. Virtual desktop memungkinkan untuk membuka aplikasi lain secara terpisah.

5. Windows 10 lebih aman

Adanya sector security semacam Windows Hello yang memungkinkan unlock windows 10 dengan finger print atau retina scanner. Hal ini membuat pengguna windows 10 merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas dengan laptop.

6. Mudah aktivasi Windows 10

Bagi anda yang telah memiliki windows 10 dan menghubungkan dengan Microsoft account, untuk aktivasi windows 10 dapat dilakukan dengan memasukkan key setiap perlu aktivasi. Jika belum memiliki akun Microsoft, aktivasi dapat dilakukan secara manual.

7. Memiliki Windows Store

Windows 10 juga dilengkapi dengan Windows Store yang berisi beragam aplikasi. Anda lebih mudah dalam menginstall aplikasi dan mengupgrade serempak aplikasi yang anda miliki.

Dari sekian kelebihan windows 10, ada beberapa kekurangan dari system operasi ini. Apa saja? Berikutin formasinya:

  1. Windows 10 sering update

Pembaharuan bertujuan untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik, namun jika dilakukan terlalu sering hal tersebut juga bias menjadi kelemahan. Windows 10 memiliki jadwal update yang tak tentu dan bersifat memaksa. Kenapa? Jika tidak melakukan update, maka sistem windows bias terganggu.

2. Kuota internet jadi boros

Dampak seringnya update menyebabkan kuota internet semakin boros. Untuk itulah, perlu diketahui juga cara aktivasi windows 10 atau update secara offline untuk menghemat kuota internet.

3. Windows 10 tidak berhenti berevolusi

Microsoft menyatakan bahwa tidak akan ada versi windows terbaru setelah windows 10. Pernyataan ini diperkuat dengan selalu diupdatenya windows 10, dan terjadi perubahan pada fitur dan bahkan tampilan dan experiencenya. Dengan memilih windows 10 anda harus membiasakan diri dengan update windows 10.

Seringnya aktivasi atau update windows 10 mendorong setiap penggunanya untuk mengetahui cara aktivasi. Cara download aktivasi windows 10 yang termudah yaitu menggunakan software KMSpico. Berikut langkah yang dapat anda aplikasikan:

download aktivasi windows 10
download aktivasi windows 10

Mendownload KMSpico

Anda bias mendownload software ini melalui pencarian di Google. Ukurannya pun tidak terlalu besar, sehingga tidak banyak menghabiskan kuota.

Menjalankan software KMSpico

Ekstrak file KMSpico, sebelum menjalankan software nonaktifkan terlebih dahulu aplikasi virus di laptop. Kemudian klik “Run As Administrator”.

Menunggu aktivasi selesai

Klik ‘Activate’ dan pilih ‘Activate Windows’, setelahnya anda bias menunggu aktivasi windows selesai.

Tak kalah mudah dan aman, anda dapat mencoba menggunakan cara aktivasi windows 10 pro maupun edisi lain menggunakan KMSautonet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download KMSauto Net di pencarian Google.
  2. Jalankan setup.exe untuk mengaktifkan KMSautonet, klik ‘run as admin’
  3. Langkah selanjutnya yaitu klik ‘activate’ dan pilih ‘activate windows’
  4. Tunggulah sampai popup task scheduler muncul dan kemudian klik ‘yes’. Selamat aktivasi windows selesai.

Cara lain yang bias anda gunakan yaitu aktivasi windows 10, yaitu menggunakan KMS Auto Lite. Berikutlangkah-langkahnya:

  1. Mendownload KMS Auto Lite
  2. Menjalankan KMS Auto Lite dengan ekstrak file dan jalankan KMSautolite.
  3. Pilih opsi install GVLK kemudian centang ‘Forcibly’ lalu klik Windows Key, tunggu sampai proses selesai.
  4. Lanjutkan install activation kemudian klik ‘activate windows’ dalam kotak Microsoft product activation, dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Untuk penyelesaian aktivasi windows, lakukan restart pada laptop.
  6. Cek apakah windows 10 sudah aktif menggunakan command prompt. Caranya, tekan Windows+X lalu pilih Command Prompt, kemudian ketik slmgr/xpr tekan enter. Maka, akan muncul pemberitahuan bahwa windows telah aktif.
Kode aktivasi windows 10
Kode aktivasi windows 10

Cara lain yang bisa digunakan dalam mengaktivasi windows 10, yaitu dengan memasukkan product key aktivasi yang mana cara ini dapat dilakukan secara offline. Berikut product key yang bias digunakan sesuai jenis windows anda:

  • Masuk ke menu setting windows
  • Pilih Change Product Key, lalu masukkan kode aktivasi windows 10 berikut ini:
    • TipeWindows 10 Home – TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99
    • TipeWindows 10 Pro: W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
    • TipeWindows 10 Education: NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2
    • TipeWindows 10 Enterprise: NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43
    • TipeWindows 10 Home Single Language: 7HNRX-D7KGG-3K4RQ-4WPJ4-YTDFH
    • TipeWindows 10 Home Country Specific (CN): PVMJN-6DFY6-9CCP6-7BKTT-D3WVR
    • TipeWindows 10 Home N: 3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM
    • TipeWindows 10 Education dengan product key: NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2 atau YNMGQ-8RYV3-4PGQ3-C8XTP-7CFBY
    • TipeWindows 10 Education N dengan kode: 2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ atau 84NGF-MHBT6-FXBX8-QWJK7-DRR8H
    • TipeWindows 10 Enterprise dengan product key: NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43 atau XGVPP-NMH47-7TTHJ-W3FW7-8HV2CatauCKFK9-QNGF2-D34FM-99QX3-8XC4K
    • TipeWindows 10 Enterprise N dengan product key: DPH2V-TTNVB-4X9Q3-TJR4H-KHJW4 atau WGGHN-J84D6-QYCPR-T7PJ7-X766F
    • TipeWindows 10 Enterprise Sdengan product key: FWN7H-PF93Q-4GGP8-M8RF3-MDWWW
  • Setelahnya, cek menggunakan command prompt.

Cara Aktivasi Windows 10

Setelah Anda mengetahui kode serial number langkah selanjutnya adalah memasukan kode tersebut agar Windows 10 dapat teraktivasi dengan baik. Selain itu ada kekurangan jike Windows 10 yang Anda miliki belum diaktivasi, berikut adalah kekurangannya;

Pertama, Anda akan melihat adanya watermark Active Windows muncul dibagian pojok kanan bawah pada layar, bahkan watermark tersebut akan muncul dimanapun disetiap jendela dan aplikasi yang Anda buka, yang tentunya sangat menggangu penggunanya. Perlu diketahui cara menghilangkan Watermark Windows hanya dengan melakukan aktivasi.

Selain itu, jika Windows belum di aktivasi pengguna tidak dapat melakukan pengaturan personalize yang meliputi pergantian tema, wallpaper, background lockscreen dan pengaturan tampilan lainnya.

Yang paling fatal adalah kemampuan keamanan pada windows yang belum diaktivasi akan sangat riskan karena tidak menerima update pembaharuan yang dilakukan secara rutin oleh pihak Microsoft.

Dan parahnya fungsi-fungsi dari OS Windows akan berjalan tidak normal dengan kata lain akan ada banyak kendala yang akan dialami penggunanya jika OS belum diaktivasi .

Selain itu jika Anda ingin melakukan pengecekan apakah Windows 10 kalian bajakan atau tidak, Anda bisa melakukan beberapa cara yang kami berikan di bawah ini.

Pertama Anda bisa melakukan pengecekan melalui Windows Setting, caranya pergi ke Start lalu ke Setting yang kemudian pilih Update & Scurity. Setelah itu cari dan klik Activation yang posisinya berada ada paga bagian menu disebelah kanan.

Pada bagian ini Anda bisa melihat status aktivasi Windows 10, bila bagian activation berisi pesan Windows is Activated With a digital licence berarti Windows 10 Anda adalah original atau sudah teraktivasi.

Tapi jika statusnya belum teraktivasi sebaiknya lakukan langkah Aktivasi Windows 10 dengan cara sebagai berikut;

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu serial number aktivasi windows 10, kalau serial number yang kami berikan diatas sudah tidak bisa sebaiknya cari atau membelinya, Anda bisa membelinya dengan harga murah di berbagai e-commerce
  2. Setelah mendapatkan serial number product key yang terdiri dari 25 karakter, lakukan langkah selanjutnya
  3. Cara untuk menggunakan serial number Windows 10 sebenarnya sama seperti melakukan pengecekan apakah Windows tersebut sudah teraktivasi atau belum,
  4. Masuk ke Setting Update & Security Activation,
  5. Klik Change product key akan terbuka jendela baru untuk memasukkan product key Windows 10.
  6. Masukan kode dengan benar dan klik NEXT untuk memulai proses aktivasi,
  7. Tunggu sampai terlihat pemberitahuan bahwa Windows sudah diaktivasi dan klik Close

Semoga informasi mengenai cara aktivasi Windows 10 di atas bermanfaat dan membantu ya. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini