Cara Membuat CV Profesional untuk Lamaran Kerja

cara membuat cv lamaran kerja

CV untuk melamar kerja harus memiliki tampilan yang profesional agar HRD tertarik untuk melihat lebih detail. Untuk itu Sobat yang sedang mencari pekerjaan wajib mengetahui cara membuatnya!.

Saat ini, banyak sekalis situs yang bisa membantu untuk membuat CV atau surat lamaran kerja dengan mudah. Daripada susah-susah cara membuat CV di Word, gunakan saja situs dan aplikasi yang saya rekomendasikan ini saja.

Nah, untuk cara membuat CV lamaran kerja, dan tips cara membuat cv yang menarik, Sobat bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat CV Profesional di PC / Laptop

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Untuk membuat CV, kini bisa dengan sangat mudah. Sobat bisa manfaatkan aplikasi atau situs pembuat CV, salah satunya adalah Canva gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca juga:

Cara membuat cv profesional lamaran kerja di aplikasi canva

  1. Pergi Ke Canva

    Langkah pertama, Pergi ke situs Canva.com, kemudian login atau masuk. Jika belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu.

  2. Cari CV di Fitur Pencarian

    Setelah masuk ke laman utama Canva, klik kolom fitur pencarian, lalu tulis dengan kata kunci “CV” atau “CV ATS”. Lalu tekan enter.

  3. Pilh Template CV

    Selanjutnya, pilih template CV yang ingin digunakan. Jika ingin yang template gratis, bisa cari dengan template yang bertuliskan free.

  4. Edit CV

    Langkah selanjutnya, edit-edit CV mulai dari mengganti foto, nama, menentukan font yang ingin digunakan, menggeser-geser garis, menambahkan elements, dan lain sebagainya.
    Pastikan menulis deskripsi diri dengan jelas, dan cek kembali apakah ada yang typo atau tidak.

  5. Simpan Dengan Format Yang Diinginkan

    Terakhir, hanya perlu download untuk menyimpan CV yang telah dibuat. Kemudian bisa menyimpan dengan berbagai format, seperti JPG, PNG, PDF, dan lainnya. saya sarankan simpan saja dengan format PDF.

Itulah cara membuat cv lamaran kerja yang profesional dengan Canva yang bisa diikuti. Memang jaman sekarang banyak sekali layanan website dan aplikasi yang menawarkan kemampuan untuk membuat desain grafis dan CV online gratis dalam waktu yang singkat.

Bahkan sekarang ini semua orang bisa membuat desain sederhana bahkan membuat logo dengan sangat mudah dari layanan Canva.

Sebagai informasi, Canva adalah aplikasi desain grafis yang mengakomodasi keperluan desain baik untuk sosial media dan materi kreatif lainnya secara online, bahkan orang awam yang tidak mengerti desain akan sangat mudah menggunakannya.

Mungkin sebagian besar orang yang sehari-harinya bergelut dengan dunia desain grafis atau sekalipun orang awam tentu mengenal sedikit atau banyak tentang aplikasi Canva.

Aplikasi desain yang sangat kompleks ini, mampu membantu setiap orang memungkinkan melakukan desain dengan baik dan apik lho! Karena pada aplikasi ini sangat lengkap, sobat hanya tinggal menambahkan sedikit kreatifitas saja!

Dengan tools dan fiturnya yang lengkap, aplikasi ini kian populer hingga kini. Nah dengan aplikasi Canva, memungkinkan untuk membuat CV yang menarik dan profesional, selain itu juga bias mempermudah membuat desain seperti Banner, Pamflet, Spanduk, Logo, Instagram Post, Instagram Stories, dan banyak lainnya.

Cara Membuat CV Menarik di HP Dengan Canva

Cara Membuat CV di HP Secara Online dan Gratis

Jika ingin membuat CV di HP secara online gratis, bisa memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuatnya. Karena di dalam Canva terdapat beragam template CV yang siap digunakan. Sobat hanya perlu menambahkan beberapa kreasi dan memaasukan data diri saja.

Selain itu, juga bisa menggunakan berbagai warna, font, garis, dan bentuk-bentuk (shapes). Tanpa berlama-lama berikut adalah cara membuat CV dengan mudah di Canva.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Canva. Jika belum memilikinya, silahkan download dan install terlebih dahulu ya melalui Play Store pada Android, dan Apps Store pada iOS. Tenang saja, untuk mengunduhnya gratis kok.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Jika sudah, bisa lihat terdapat kolom pencarian di sisi atas.Kemudian tinggal masukkan kata kunci “CV”, lalu klik ikon kaca pembesar pada keyboard untuk mulai mencari templates-nya.
Membuat CV Online Gratis
  • Nah nantinya akan keluar ribuan template yang bisa dipilih. Warna dan modelnya beragam sobat bisa scroll terus ke bawah untuk menemukan yang cocok.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Jika sekiranya sudah menemukan template yang cocok, bisa klik template tersebut dan klik juga tombol ”Edit” untuk mulai mengedit CV tersebut.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Yup, tinggal ubah-ubah saja deh data diri yang sudah ada di template dengan data diri, begitu juga fotonya, bisa mengganti dengan foto yang terlihat profesional.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Apabila tidak puas dan ingin menambahkan, tinggal pilih tools di bagian bawah misal text untuk menambahkan, atau image untuk menambahkan foto, Menambahkan Video, sticker, ilustrasi, dan macam lainnya.
  • Jika masih tidak puas dengan warna template, sobat juga bisa mengubahnya, dengan klik bagian sisi mana yang ingin ubah warnanya, dan tinggal pilih ingin mengganti dengan warna apa.
  • Jika sudah selesai mengedit CV-nya, bisa menyimpannya sebagai image atau gambar dengan pilih ikon Save dengan tanda panah ke bawah.
  • Kalau ingin menyimpan hasil CV dengan format lain atau ingin share ke platform lain, tinggal pilih ikon tanda panah ke atas pada sisi pojok kanan atas.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Selesai!

Perlu digaris bawahi, Canva sendiri mempunyai versi Premium atau berbayar. Jika menggunakan versi premium, sobat akan bisa menggunakan seluruh template atau fitur lainnya tanpa terkecuali.

Namun jika menggunakan versi Free atau gratisan, sobat hanya bisa menggunakan beberapa template dan fitur saja. Tapi tenang saja, meski menggunakan versi gratis, template dan fitur sudah cukup lengkap dan bagus-bagus kok.

Cara Buat CV di Situs CVMaker

Cara Buat CV di Situs CVMaker

Selain cara buat CV di aplikasi Canva, ada juga situs bernama CVMaker yang bisa Sobat manfaatkan. Memang sebenarnya ada banyak sekali situs atau aplikasi lainnya yang bisa kita gunakan untuk membuat CV yang menarik.

Berhubung situs CVMaker adalah situs yang direkomendasikan, untuk membuat CV profesional dengan mudah, maka saya akan menjelaskan cara membuat cv lamaran kerja dengan CVMaker.

  • Pertama, silakan buka browser di HP atau di Komputer. Terserah saja gunakan browser yang mana.
  • Setelah itu, pergi ke situs CVmaker, atau lebih mudahnya langsung saja copas url berikut https://www.cvmaker.co.id/.
  • Setelah masuk, bisa langsung klik tombol “Buat CV Anda” yang berwarna biru. Apabila ingin mencari-cari template terlebih dahulu yang sekiranya cocok, bisa klik opsi Templat CV di bagian atas, maka akan melihat berbagai pilihan template gratis dan berbayar.
  • Pada form yang tersedia, tinggal masukkan saja detail data diri pribadi Sobat, seperti foto, nama lengkap, kontak, pengalaman bekerja, pengalaman edukasi, dan lain sebagainya.
  • Kalau sudah, tinggal cetak dengan format yang ada.

Bagaimana? sangat mudah bukan cara buat CV lamar kerja via situs CVmaker? Ini bisa diandalkan jika Sobat mencari situs selain Canva ya.

Tips Cara Membuat CV Yang Menarik

Cara Membuat CV Yang Menarik

Tentunya kita sering melihat tips bagaimana agar CV kita terlihat menarik. Saat saya mendalami lebih dari berbagai situs, ternyata CV menarik itu bukan hanya kita memperhatikan desain semata, namun juga isi serta gaya penulisan yang sesuai.

Dengan kata lain, jika Sobat adalah pekerja seni seperti potografer, videographer, desainer, dan lainnya, maka harus mengedepankan desain CV yang unik dan menarik walau juga boleh ATS friendly, serta adanya portofolio.

Jika ingin melamar pekerjaan dengan lowongan kerja yang tidak terlalu mengedepankan nilai-nilai seni visual seperti teller bank, admin officer, gudang / warehouse, programmer, copywriter, dan sebagainya, Sobat bisa membuat CV ATS friendly dengan gaya yang sederhana, namun padat dan jelas.

Bagi yang belum tahu, ATS (Applicant Tracking System) adalah suatu sistem atau software yang berfungsi untuk mengumpulkan resume dan menyeleksinya sesuai dengan kriteria.

Dengan kata lain, software ATS akan menyaring CV calon karyawan yang memenuhi standar penulisan atau desain (ATS Friendly). Nah, di bawah ini saya bagikan beberapa tips cara membuat CV yang menarik yang saya himpun salah satunya dari Glints.com:

Buat CV Secara Singkat, Padat, dan Jelas

Tips pertama yaitu usahakan membuat CV dengan ringkas dan jelas. Hal ini bertujuan agar tidak membingungkan recruiter, terlebih jika recruiter menggunakan software ATS.

Maka bisa usahakan membuat CV seringkas mungkin, mulai dari deskripsi diri, lulusan, pengalaman, dan sebagainya, jangan sampai lebih dari dua halaman. Di CV, Sobat bisa masukkan data-data pribadi dengan jelas dan padat di setiap kolomnya.

Untuk kolom deskripsi diri, usahakan juga hanya menjelaskan atau menonjolkan skill-skill yang dikuasai saja agar tidak terlalu panjang.

Cantumkan Pengalaman Yang Relevan

Tips kedua untuk cara membuat CV yang menarik recuriter, yaitu usahakan dalam CV menyantumkan pengalaman atau projek yang telah Sobat buat relevan dengan pekerjaan.

Dengan kata lain, ketika ingin menaruh lamaran di lowongan Content Writer SEO, Sobat bisa tulis pengalaman atau artikel di situs / blog apa yang pernah dibuat.

Menulis pengalaman atau projek di CV bisa menjadi nilai plus untuk dilirik oleh recruiter. Apabila fresh graduate atau belum memiliki pengalaman dan projek, Sobat bisa menulis hard skill atau soft skill yang dikuasai selama masa kuliah, misal seperti public speaking, menguasai bahasa asing, menguasai Microsoft Office, dan sebagainya.

Gunakan Kata-Kata Atau Kalimat Yang Punya Power

Tips ketiga agar CV terlihat menarik dan profesional yaitu bisa menyisipkan kata dan kalimat yang memiliki power. Para recruiter biasanya melihat dari segi pemilihan kata.

Jika masih bingung, contohnya seperti ini; biasanya sering bukan melihat contoh CV dengan menyantumkan kata”pekerja keras”? Nah, kata tersebut bisa Sobat ganti dengan kata yang cukup punya power, seperti “kreatif”.

Ini hanya contoh saja ya, sebab kata “pekerja keras” seringkali digunakan oleh para pelamar, hal ini bisa membuat CV tidak menarik dan terlalu biasa di mata recruiter.

Tapi ini juga tergantung dari recruiternya ya, jadi tidak bisa dipukul rata apakah recruiter lebih menyukai pergantian kata seperti itu.

Kendati begitu, kita harus sadari bahwa sekarang sudah jaman-jamannya orang makin kreatif, jadi pastikan juga kita ikut kreatif, karena recruiter juga banyak yang masih memiliki jiwa muda dan gaul.

Dengan begitu, Sobat bisa pilih kata-kata yang tepat dan memiliki power untuk dimasukkan ke dalam CV.

Sisipkan Keyword Yang Relevan

Banyak yang tidak sadar, bahwa menyisipkan kata kunci atau keyword yang relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar, akan membuat CV profesional semakin menarik dan mudah dicari.

Sebagai contoh, Sobat bisa memasukkan keyword yang relevan dengan posisi yang dilamar misal posisi SEO Content Writer atau SEO Specialist. Maka bisa memasukkan keyword yang sekiranya relevan, seperti SEO, SEM, content writer, copywriter, Google Trends, SEO Tools, LSI, seacrh engine, dan lain-lain.

Keyword tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya skill yang Sobat masukkan tersebut akan membantu untuk meyakinkan bahwa Sobat adalah calon yang berkualitas dan cocok untuk bekerja di posisi yang dilamar di mata recruiter.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, keyword ini juga akan membantu CV Sobat guna lebih mudah ditemukan oleh rekruter saat mereka mencari kandidat di aplikasi pencari kerja seperti LinkedIn.

Cek Tata Bahasa, Pastikan Tidak Ada Typo

Setelah selesai membuat CV, Sobat bisa cek tata bahasa, serta apakah ada kesalahan huruf / typo pada CV. Apabila Sobat menulis dengan bahasa Inggris, pastikan Sobat mengecek kembali apakah ada salah dalam grammar-nya. Biasanya kalau salah dalam grammar, maka arti dalam kalimat tersebut juga akan berbeda.

Jadi, untuk mengantisipasi CV Sobat memiliki tata bahasa / grammartypo, dan lain-lain, Sobat bisa membaca ulang CV pelan-pelan ya, dan manfaatkan situs atau aplikasi pengecek tata bahasa Inggris atau Indonesia seperti Grammarly, atau juga bisa meminta bantuan teman yang telah berpengalaman dalam penulisan CV.

Gunakan Font Sekiranya Yang Mudah Dibaca

Supaya CV Sobat mudah dibaca oleh recruiter, Sobat wajib menggunakan font atau gaya huruf yang mudah dibaca. Biar bagaimanapun, recruiter pasti akan menerima banyak sekali lamaran, dan tentu saja, guna mempermudah CV kita terbaca kita harus menggunakan font yang sesuai.

Memang tips ini bisa dilihat sangat sepele, akan tetapi dalam membuat CV yang menarik, pastikan font yang digunakan terlihat profesional, bukan font yang sembarangan yang sulit dibaca.

Rekomendasi font yang bisa Sobat gunakan yaitu Times New Roman, Arial atau Calibri. Jika menggunakan situs pembuat CV lain, gunakan juga font yang menurut Sobat standar dan sangat mudah dibaca ya.

Tuliskan Kontak Yang Bisa Dihubungi (Aktif)

Jika Sobat yang pernah melamar pekerjaan dan diterima pastinya sudah mengetahui, bahwa pihak recruiter akan menghubungi lewat kontak yang kita tulis apabila kita lolos ke tahap selanjutnya.

Menurut informasi yang saya himpun, pencantuman Kontak dalam CV begitu penting bagi rekruter untuk menghubungi calon karyawan untuk tahap selanjutnya. Dengan begitu, Sobat bisa cantumkan nomor handphone atau email yang aktif dan sekiranya sering Sobat akses agar saat adanya panggilan untuk tahap interview atau wawancara, Sobat bisa langsung mengetahui dan membalasnya.

Ada lagi, pastikan nama email Sobat terlihat profesional ya, dan usahan alamat email Sobat jangan terlihat nyeleneh seperti indragantengsadboi@gmail.com. Pastikan gunakan nama email yang simpel dan profesional seperti Indramaulana14@gmail.com.

Nah, itulah beberapa tips cara membuat CV yang menarik yang bisa Sobat ikuti. Pastikan sebelum membuat CV, Sobat juga tahu betul posisi yang akan dilamar, dan kira-kira bagaimana tipe perusahaan tersebut.

Cara Membuat CV Yang Menarik Hanya Dengan 10 Menit, Simak Tips di Videonya

Nah, saya juga cantumkan video pembuatan CV dari channel Youtube Eza Hazami, Sobat bisa ikuti tips-tips dan tutorial pembuatan CV dengan cara mudah.

Baca Juga : Cara Membuat Logo Melalui Handphone Dengan Aplikasi!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara membuat CV profesional untuk lamaran kerja dan tips cara membuat CV yang menarik yang dapat saya sampaikan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara membuat CV? Silahkan deh sobat ikuti langkah-langkahnya. Jika ada pertanyaan atau saran, sobat bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba dan semoga sukses! 😊



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks