Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Mengirim Folder di Email

Sobat ingin mengrim folder di email karena folder itu sangat penting? Namun email sobat tidak mendukung pengiriman format folder? Tenang, sobat bisa gunakan trik cara mengirim folder di email dengan mudah yang akan kami ulas di artikel ini!

Memang cara mengirim folder di email pasti semua pengguna smartphone sudah paham. Apalagi email merupakan komponen penting dalam penggunaan smartphone maupun perangkat komputer. Nah email bisa digunakan untuk membantu pekerjaan atau kegitan belajar, misal mengirimkan tugas, mengirimkan hasil presentasi, dan sebagainya.

Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah

Terkadang pekerjaan kita terlalu banyak sehingga memerlukan folder untuk dapat memisahkannya, selain itu folder tersebut harus dikirim melalui email. Sebenarnya email sendiri tidak mendukung pengiriman via folder mentah, nah disini kita bisa menggunakan trik yaitu dengan menggunakan file zip.

Maksudnya bagaimana? Folder yang berisi file-file kita, kita compress menjadi format zip. Nah agar lebih jelas, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, silahkan sobat download terlebih dahulu aplikasi ZArchiver di google Play Store dan Install di HP sobat. Berikut link download resminya, agar sobat bisa lebih mudah mencarinya > Download
Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah
  • Jika sudah, buka aplikasi Zarchiver, nantiya aplikasi ini akan seperti file manager, disini sobat bisa pilih folder yang ingin sobat kirimkan melalui email.
  • Jika sudah dipilih, tahan folder tersebut dan pilih “Compress”. Lalu pilih compress format Zip.
  • Nah tinggal tunggu proses compress-nya selesai
  • Jika sudah selesai, silahkan close. Lalu sobat masuk ke aplikasi Gmail di HP sobat.
Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah
  • Kemudian pilih “Compose” untuk mulai masuk ke laman pengiriman surat
Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah
  • Nah disini sobat bisa pilih penerima, lalu subjectnya. Untuk memilih folder yang sudah di zip tadi, sobat bisa pilih Attach File atau logo klip yang sudah kami tandai di gambar
Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah
  • Selanjutnya sobat bisa pilih ikon garis tiga di pojok kiri atas.
  • Silahkan pilih FILE MANAGER. Nah di file manager ini sobat bisa pilih folder yang sudah di zip dengan ZArchiver.
Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah
  • Tinggal kirim deh pesannya kepada si penerima, sobat bisa klik ikon tanda panah di pojok kanan atas.
Cara Mengirim Folder di Email Dengan Mudah
  • Selesai! Folder berhasil dikirim.

Note : Jika si penerima sudah menerima folder sobat dalam bentuk Zip, penerima tersebut bisa meng-ekstraknya agar menjadi folder utuh yang bisa di buka. Kebanyakan HP saat ini sudah terdapat fitur ekstrak file Zip, namun jika belum ada, bisa gunakan aplikasi Zarchiver.

Baca Juga : Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Dengan Mudah!

Akhir Kata

Diatas adalah langkah-langkah mengirim folder di email. Bagaimana? Sangat mudah untuk dilakukan bukan? Silahan ikuti step by step-nya agar berhasil ya! Okedeh, selamat mencoba ya sobat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *