Kualitas dan Fitur Poco M3 vs Samsung A51

  • Whatsapp
Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung A51

Saat ini untuk mendapatkan informasi tentang kualitas dan fitur smartphone bukanlah hal yang sulit. Kamu dapat memiliki ponsel yang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan menyesuaikan spesifikasi yang dimiliki. Tentunya dengan memiliki informasi yang cukup, kamu dapat memperoleh gadget yang sesuai.

Kali ini, kamu dapat melihat perbandingan dari smartphone keluaran Poco dengan Samsung A51. Dengan teknologi yang dimiliki tentunya dapat menjadi pertimbangan saat memilih gadget yang sesuai. Harga yang ditawarkan untuk Poco M3 dan Samsung A51 juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Bacaan Lainnya

Perbandingan Poco M3 vs Samsung A51

Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung A51

Membandingkan dua ponsel ini tentunya dapat dilihat dari berbagai sisi. Walaupun konsumen tanah air sudah lebih familiar dengan brand Samsung, tentunya tidak ada salahnya untuk mencoba smartphone keluaran terbaru dari Xiaomi yaitu Poco M3. Ponsel dengan harga yang terjangkau ini menawarkan fitur yang unggul.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan Poco M3 dan Samsung A51

Samsung Galaxy A51 di luncurkan lebih dahulu yaitu pada akhir tahun 2019. Smartphone ini memiliki dimensi 158,5 Х 73,6 Х 7,9 mm dengan berat 172 gram. Layar bagian depan sudah dilengkapi dengan gorilla glass tiga dengan frame dan bagian belakang dibuat dengan material plastik. Teknologi yang digunakan untuk layar adalah super Amoled dengan ukuran 6,5 inch.

 Sedangkan untuk Xiaomi Poco M3 diluncurkan pada November 2020 dengan dimensi 162,3 Х 77,3 Х 9,6 mm dan berat 198 gram. Gadget ini juga sudah dilengkapi dengan kaca depan gorilla glass tiga. Body belakang dan frame nya menggunakan material plastik. LCD IPS menjadi teknologi yang dipilih untuk layar pada Poco M3. Ukuran layar Poco M3 adalah 6,53 inch. Baik Poco M3 maupun Samsung A51s memliki resolusi layar 1080 x 2400 piksel.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Poco M3 menggunakan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm) sedangkan Samsung A51s menggunakan xynos 9611 (10nm). GPU Prosesor yang digunakan pada Poco M3 adalah Adreno 610 sedangkan untuk Samsung  A51 menggunakan Mali G72. Untuk Poco M3 tersedia dengan RAM 4GB memori internal 64 GB dan RAM 4GB dengan memori internal 128 GB.

Namun, kamu jangan khawatir karena Samsung A51 juga memiliki beberapa kapasitas RAM yang dapat dipilih. Kamu dapat memilih RAM 4 GB dengan kapasitas penyimpanan 64 GB, RAM 4 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB, RAM 6 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB, dan RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB.

Kamera dan Fitur Poco M3 vs Samsung A51

Performa kamera Poco M3 cukup mumpuni dengan kamera belakang 48 MP tentu akan menghasilkan gambar yang luar biasa. Begitu juga dengan Samsung A51, ponsel ini juga dibekali dengan kamera utama 48 MP. Bedanya, Poco M3 hanya memiliki 3 kamera dengan kamera makro dan depth beresolusi 2 MP.

Kamera Samsung A51 lebih unggul dengan 4 kamera. Kamera ini dilengkapi dengan ultrawide beresolusi 12 MP, resolusi 5 MP untuk makro, dan sensor kedalaman dengan resolusi 5 MP. Tentunya hasil jepretan kamera ini lebih bagus. Fungsi LED, HDR, dan panorama sudah tersedia pada kamera Poco M3 dan Samsung A51.

Kamera depan dapat digunakan untuk video dengan resolusi 1080 untuk Poco M3 sedangkan Smasung A51 dapat memiliki hasil rekaman dengan resolusi 2160 piksel dan 1080 piksel. Fitur kamera depan untuk Poco M3 hanya 8MP sedangkan Samsung A51 dibekali dengan kamera 32 MP. Untuk perekaman video dengan kamera depan, baik Poco M3 maupun Samsung A51 memiliki resolusi yang sama yaitu 1080 piksel.  

Fitur dan Sensor

Poco M3 dan Samsung A51 memiliki fitur dual slim ganda dengan dukungan jaringan GSM, LTE dan HSPA. Kedua perangkat tersebut juga sudah mendukung GPRS, WiFi, dan GPS. Bluetooth juga menjadi konektivitas yang dapat dimanfaatkan pada kedua gadget tersebut. Kedua ponsel juga sudah dilengkapi dengan radio dan colokan headphone.

Baik Poco M3 maupun Smasung A51 sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Poco M3 menggunakan sensor sidik jari yang terpasang di samping body, sedangkan untuk Samsung memasang fitur sensor ini di bagian bawah tampilan optik. Baik Poco M3 maupun Samsung A51 sudah mendukung akeslerometer, jarak dan kompas. Poco M3 juga dilengkapi dengan port inframerah.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Kapasitas baterai Poco M3 dan Samsung A51 memiliki perbedaan yang signifikan. Samsung A51 hanya dibekali dengan kapasitas baterai 4000 mAh saja, sedangkan Poco M3 memiliki kapasitas baterai 6000 mAh. Poco M3 sudah dilengkapi dengan fitur pengsian cepat 18W sedangkan Samsung didukung dengan pengisian baterai cepat 15W.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung M21

Harga Poco M3 vs Samsung A51

Poco M3 ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau yaitu berkisar dua jutaan saja. Sedangkan Samsung A51 saat ini dibanderol dikisaran harga 3 jutaan. Tentunya Poco M3 lebih terjangkau dengan fitur yang sudah mumpuni.

Cek Harga Poco M3ShopeeLazadaBlibli
Cek Harga Samsung A51ShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan

Baik Poco M3 maupun Samsung A51 memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan mana yang paling tepat diantara kedua tipe gadget yang akan kamu miliki. Berikut kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco M3 dan Samsung Galaxy A51.

Kelebihan Samsung A51

  • Memiliki 4 kamera dengan resolusi yang tinggi.
  • Dilengkapi dengan fitur NFC.
  • Walaupun kapasitas baterai tidak terlalu besar, namun ponsel ini memiliki waktu bicara hingga 32 jam dan pemutaran musik hingga 87 jam.
  • Memiliki kamera selfie dengan resolusi tinggi yaitu 32 MP.

Kekurangan Samsung A51

  • Kapasitas baterai tidak lebih unggul dari Poco M3.
  • Ponsel ini tidak mendukung wireless charging.

Kelebihan Poco M3

  • Ditawarkan dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi yang tinggi.
  • Memiliki kapasitas baterai yang besar.
  • Sudah dilengkapi dengan face look.
  • Dilengkapi dengan Sunlight Mode.

Kekurangan Poco M3

  • Belum memiliki fitur NFC sehingga kurang mendukung kemudahan bertransaksi.
  • Hasil video tidak sebagus Samsung A51.
  • Kamera makro pada Poco M3 hanya beresolusi 2MP sehingga hasil gambar tidak terlalu bagus.

Kesimpulan

Kamu dapat memilih Samsung A51 yang sudah teruji kualitas kameranya. Dengan 4 kamera yang siap siaga akan membantu mengabadikan setiap momen kamu dengan baik. Namun, jika kamu memilih ponsel dengan spesifikasi tinggi namun harga terjangkau, maka kamu dapat memilih Poco M3.

Fitur yang dimiliki Poco M3 juga cukup mumpuni dengan ponsel di kisaran 2 jutaan. Selain itu, jika dibandingkan dengan kekurangannya, kelebihan Poco M3 lebih banyak. Kapasitas baterai yang besar dapat membantu kamu untuk menggunakan ponsel dalam waktu yang lebih lama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *