Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Sobat kesal dengan layar HP karena mengalami masalah touchscreen HP yang bergerak sendiri? Namun sobat bingung bagaimana cara mengatasinya? Tenang, disini kami akan bagikan tips dan cara mengatasi touchscreen Android yang bergerak sendiri.

Smartphone memang menjadi barang yang sangat membantu kita. Dengan smartphone, rasanya dunia hanya dalam genggaman dan hanya tinggal usap-usap layar saja untuk mengetahui informasi di berbagai belahan dunia.

Bacaan Lainnya

Nah dengan perangkat HP ini, kita dapat terbantu untuk menunjang kegiatan keseharian kita, seperti untuk pekerjaan, untuk sekolah atau kuliah, untuk kegiatan bisnis, organisasi, dan lainnya.

Memang kita beruntung hidup di zaman ini, karena sekarang di berbagai perangkat termasuk HP, sudah disisipi dengan teknologi tinggi. Hp saat ini didukung oleh mekanisme yang canggih dan kuat, termasuk untuk kualitas layar.

Mungkin saat awal peluncuran smartphone, kita sering mengeluhkan layar pada smatphone mudah sekali retak atau pecah akibat terbanting atau jatuh. Namun saat ini banyak vendor dari smartphone sudah menunjang layar di produk mereka dengan kualitas dan inovasi yang kuat sehingga layar HP cenderung lebih kuat dan tidak mudah pecah sekalipun jatuh dari beberapa meter.

Namun namanya perangkat, tidak selalu perfect, terkadang pengguna mengeluhkan masalah layar HP yang error atau bergerak sendiri padahal touchscreen tidak retak atau pecah. Hal ini akan menjadi pertanyaan besar bagi sobat kan?

Bagaimana Cara Mengatasi Touchscreen yang Bergerak Sendiri?

Agar Touchscreen HP sobat tidak bergerak sendiri terus, sobat bisa ikuti dan terapkan nih tips-tips yang sudah kami rangkum dari pengalaman pengguna yang mendapat masalah seperti ini. Berikut cara mengatasi touchscreen Android bergerak sendiri:

Mengganti Charger

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri
image by freepik

Hal ini cukup sepela dan banyak di abaikan pengguna. Nyatanya chargeran mempunyai versi juga arus yang berbeda-beda kepada setiap perangkat. Maka dari itu, jika ada ketidak cocokkan (not compatible) maka nantinya akan mempengaruhi ke HP itu sendiri. Seperti terganggunya touchscreen.

Jika sobat menyedari bahwa selama ini selalu menggunakan charger yang tidak original atau berbeda versi, maka kemungkinan besar HP sobat mengalami ghost touch atau layar bergerak sendiri akibat charger yang rusak atau tidak cocok.

Silahkan sobat untuk segera menggantinya dengan charger yang bar, kami rekomendasikan sobat gunakan charger yang original agar tidak mendapat keluhan serupa nantinya.

Cek Pelindung Layar (Tempered Glass)

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri
image by freepik

Bagi sobat yang sejauh ini masih menggunakan tempered glass atau pelindung layar berbahan kaca atau plastic keras lalu mengalami touchscreen yang bergerak sendiri, sobat bisa cek apakah ada bagian di tempered glass tersebut yang retak ataupun patah. Hal ini memang kurang disadari oleh pengguna.

Karena memang pelindung layar yang sudah tidak layak digunakan sedikit banyak bisa mempengaruhi sentuhan layar. Maka dari itu, silahkan sobat cek dan kalau bisa di lepas dahulu untuk memastikan lebih detail.

Mengupdate firmware pada smartphone

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri
image by freepik

Tips lainnya untuk mengatasi touchscreen yang bergerak sendiri adalah sobat dapat melalukan Update firmware. Bagi sobat yang belum tahu,  Firmware dalam bahasa Indonesia sering disebut juga dengan perangkat tegar. Istilah ini sendiri mengacu pada perangkat lunak yang disimpan di penyimpanan read-only yang tidak bisa berubah saat tidak dialiri oleh aliran listrik.

Firmware terdiri dari program komputer yang menyediakan kontrol low-level untuk sebuah perangkat keras. Artinya, firmware ini seperti tertanam dalam tiap unit perangkat keras, seperti misalnya pada mekanik di HP.

Nah memang beberapa pengguna sering mengabaikan pembaruan firmware di HP mereka. Padahal nyatanya jika pembaruan tidak segera dilakukan, maka cepat atau lambat akan berpengaruh kepada kinerja sistem HP.

Seperti salah satunya mengalami ghost touch atau touchscreen bergerak sendiri. Sehingga, jika smartphone kalian layarnya bergerak sendiri tanpa disentuh. Nah agar bug dan error di sistem dapat teratasi, silahkan sobat coba untuk meng-update atau memperbarui firmware. Kemungkinan besar, layar ponsel pintar bisa bekerja seperti semula.

Menon-aktifkan Opsi force GPU rendering

Cara mengatasi touchscreen yang bergerak sendiri lainnya yaitu dengan mencoba Mematikan force GPU rendering. Memang hal ini pada sebagian besar pengguna juga jarang yang paham dan menyadarinya.

Nah force GPU rendering biasanya sudah di aktifkan saat pertama kali sobat membeli smartphone tersebut. Mode ini seperti mode pengembang. Maka sobat bisa menon-atifkannya dengan cara menyalakan USB debugging ketika menghubungkan smartphone ke PC. Nah pada saat UBB debugging sudah dinyalakan, sobat dapat memilh opsi force gpu rendering lalu silahkan di nonaktifkan.

Mengkalibrasi touchscreen

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Cara mengatasi touchscreen yang bergerak sendiri selanjutnya yaitu sobat dapat melakukan Kalibrasi layar HP sobat. Kalibrasi sendiri merupakan aktifitas yang dilakukan untuk mengecek atau memeriksa terkait layar, dan mengindentifikasi apakah touchscreem sedang dalam kondisi baik ataupun error. Nah cara ini cukup berhasil untuk membuat touchscreen lebih responsif dan tidak bergerak sendiri.  

Biasanya pada setiap ponsel memiliki fitur untuk kalibrasi. Jika memang sobat menemukan fitur ini, sobat bisa download aplikasi kaibrasi yang bertebaran di Google Play Store. Kami merekomendasikan aplikasi Kalibrasi layar sentuh disini > Download

Factory Reset

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri
image by freepik

Nah opsi lainnya untuk mengatasi layar yang bergerak sendiri adalah dengan reset pabrik atau yang lebih dikenal dengan factory reset. Tentunya hal ini dapat menjadi solusi yang kemungkinan besar akan berhasil (tapi kami tidak menjamin).

Pasalnya dengan reset pabrik, perangkat sobat akan kembali seperti semula saat awal penggunaan dulu. Nah kami sendiri sangat menyarakankan sobat untu dapat mem-back up data penting di perangkat sobat. Karena saat factory reset nantinya, data-data termasuk foto, video, dan aplikasi yang terinstall akan terhapus di penyimpaan internal HP.

Dengan factory reset, sistem di HP sobat akan segar kembali dan kemungkinan akan memperbaiki layar yang bergerak sendiri

Konsultasi ke Tempat Service Resmi

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri
image by freepik

Opsi yang terakhir dan yang paling ampuh adalah mengkonsultasikan ke service resmi HP. Nah jika memang sobat sudah mencoba semua cara namun tidak ada hasilnya, bisa bawa ke tempat service resmi sesuai dengan merk perangkat sobat. Kenapa kami sangat merekomendasikan sobat untuk membawa jasa service sesuai dengan merk atau versi HP sobat?

Karena mekanik ataupun orang yang bekerja disitu sudah tahu betul terkait ‘daleman’ perangkat. Dengan itu, letak kerusakannya akan mudah terdeteksi. Sehinggal layar sobat akan normal dan tidak bergerak sendiri.

Karena selain itu, di service resmi juga bisa dikatakan lebih aman. Namun kalau sobat ingin membawa ke tukang service yang biasa juga tidak masalah kok, selagi sobat mempercayainya.

Akhir Kata

Bagaimana? Tips dan cara mengatasi touchscreen Android yang bergerak sendiri yang kami bagikan sudah cukup jelas bukan? Silahkan sobat ikuti ya! Semoga membantu dan Semoga berhasil!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *