Mobil Pertama Huawei Akan Diperkenalkan Bulan Depan

  • Whatsapp
Mobil huawei

Dalam beberapa pekan kedepan, Huawei akan merilis sebuah mobil pertama mereka. Mobil ini tak akan menggunakan brand Huawei melainkan ARCFOX HBT. Mobil itu merupakan hasil kerjasama raksasa teknologi Tiongkok tersebut dengan BAIC Blue Valley.

Dari penamaannya HBT pada ARCFOX HBT  merupakan singkatan dari Huawei Bluepark Together, seperti yang sering diutarakan, Huawei memposisikan dirinya bukan sebagai pembuat mobil namun sebagai pembantu perusahaan yang ingin membuat sebuah mobil yang benar – benar bagus. Dan menurut rilisan resmi BAIC Blue Valley, produk ini akan dipamerkan pada gelaran Shanghai Auto Show pada April 2021.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya pada September 2017, BAIC Group mencapai kesepakatan kerjasama yang semakin dalam. Keduanya meresmikan 1873 Davidson Innovation Laboratory sebagai upaya mengembangkan teknologi inti secara bersama – sama dan membangun kendaraan listrik pintar kelas atas. Sementara tahun lalu Huawei melalui Xu Zhijun mengumumkan bahwa Huawei dan BAIC akan membuat mobil kelas dunia ketika menghadiri pameran Shanghai Auto Show 2019.

Pada bulan Oktober tahun lalu, ARCFOX αT yang memiliki koneksi jaringan cerdas dan solusi listrik cerdas telah menyita perhatian publik. ARCFOX HBT yang dilengkapi dengan teknologi solusi mobil pintar besutan Huawei adalah hasil kerja sama apik antara kedua belah pihak.

BAIC Blue Valley menyatakan bahwa pada Desember 2020, Huawei secara resmi merilis 96-line lidar jarak menengah dan jarak jauh. Lidar atau  light detection and ranging merupakan sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau informasi lain dari target yang jauh. Metode untuk menentukan jarak menuju objek atau permukaan adalah dengan menggunakan pulsa laser.

Mobil huawei HBT

Lidar yang dibangun oleh Huawei memiliki banyak skenario aplikasi, seperti rintangan kecil atau jarak jauh, penghentian jarak pendek, tonjolan dekat ujung, terowongan, pesimpangan jalan, ruang bawah tanah, dan sebagainya. Solusi yang dibuat Huawei ini juga mampu mendeteksi kendaraan kecepatan tinggi dari jarak jauh secara efisien.

BAIC Blue Valley versi Blue Valley ARCFOX Polar Fox αS HBT yang akan diluncurkan pada bulan April ini akan dilengkapi teknologi Huawei tersebut. Hingga kini Huawei memiliki tiga solusi konfigurasi lidar yakni konfigurasi lidar tunggal, konfigurasi lidar ganda serta konfigurasi triple lidar.

Blue Valley ARCFOX Polar Fox αS HBT akan mengadopsi solusi pemuatan lidar tiga lapis yang saat ini dianggap paling canggih. HBT juga akan dilengkapi dengan radar gelombang 6 milimeter, 12 kamera, 13 radar ultrasonik, dan chip Huawei dengan daya komputasi hingga 352 Tops yang membentuk solusi penggerak otonom di atas level L3.

Jelas ini bukanlah mobil dengan merek Huawei, dan mungkin kita tak akan pernah melihat mobil dengan merek tersebut. Namun langkah ini mungkin hanya sebagai awalan untuk Huawei menancapkan kukunya sebagai salah satu penyuplai tekemuka tenkologi untuk mobil – mobil otonom. (via, sumber)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *