Inilah Fitur-Fitur Pada Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi JKN

Saat ini peserta BPJS Kesehatan diberikan kemudahan dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN. Hal tersebut merupakan salah satu inovasi dan pengembangan yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan jaman.

Selain itu, aplikasi ini sudah memiliki beberapa fitur baru yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi mengenai BPJS Kesehatan. Fitur-fitur yang tersebut di antaranya yaitu bisa mengecek iuran, membayar iuran hingga mengurus pindah fasilitas kesehatan. Nah, berikut ini beberapa fitur yang ada di Aplikasi Mobile JKN.

Baca Juga : Aplikasi Good Doctor, Tingkatkan Layanan Kesehatan di Indonesia

Ulasan Detail 4 Fitur pada Aplikasi Mobile JKN

Menu Peserta

  • Fitur Peserta, fitur ini menjelaskan tentang data peserta JKN berupa nama, nomor kartu JKN, kelas perawatan, tanggal lahir dan faskes tingkat pertama. Selain itu, menjelaskan tentang data orang yang tertanggung oleh peserta seperti anak.
  • Fitur Kartu Peserta, bisa menampilkan gambar kartu peserta BPJS Kesehatan.
  • Fitur Ubah Data Peserta,bsetiap peserta bisa melihat dan melakukan perubahan data seperti pindah faskes tingkat 1. Selain itu, bisa mengubah data kepesertaan seperti nomor kartu BPJS Kesehatan, nomoer telepon, alamat email dan alamat surat.
  • Fitur Pendaftaran Peserta digunakan bagi para peserta yang akan mendaftarkan peserta baru BPJS Kesehatan.

Menu Tagihan

  • Fitur Premi, memberikan informasi yang hanya bisa digunakan oleh kategori peserta mandiri yaitu Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP). Fitur ini akan memberikan informasi mengenai tagihan iuran JKN yang harus dibayar.
  • Fitur Catatan Pembayaran, memudahkan para peserta untuk melihat berapa jumlah pembayaran premi dan denda.
  • Fitur Pembayaran, memberikan informasi mengenai metode pembayaran iuran melalui jaringan pembayaran yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Menu Pelayanan

  • Fitur Riwayat Pelayanan, fitur ini memudahkan peserta JKN untuk mengetahui catatan  pelayanan kesehatan yang telah diterima, baik itu FKTP maupun FKRTL.
  • Fitur Skrining, bertujuan untuk mendeteksi gejala dari beberapa penyakit kronis. Namun untuk mengetahui potensi resiko kesehatan, para peserta harus terlebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan yang ada pada fitur ini.

Menu Umum

  • Fitur Info JKN, menjelaskan tentang cara pendaftaran, tentang hak dan kewajiban peserta baik penerima bantuan iuran PBI maupun non PBI. Selain itu, fitur ini juga menjelaskan tentang fasilitas kesehatan dan manfaat yang diterima oleh peserta, serta alamat dan nomor telepon kantor BPPJ Kesehatan.
  • Fitur Lokasi, peserta diberikan kemudahan untuk mencari faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  • Fitur Pengaduan Keluhan, para peserta dapat disambungan dengan BPJS Kesehatan Care Center.
  • Fitur Pengaturan, digunakan untuk menghapus notifikasi, mengubah kata sandi dan keluar dari aplikasi.

Demikianlah artikel tentang manfaat aplikasi mobile JKN ini saya buat. Tentunya dengan kehadiran aplikasi ini, para peserta BPJS Kesehatan akan semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks