Tips Mengatasi Masalah Android Aplikasi Terus Berhenti

  • Whatsapp
aplikasi terus berhenti

Saat ini hampir seluruh Hp Adroid mempunyai kualitas tinggi untuk mengunduh ataupun menginstall berbagai macam aplikasi dan juga game yang sobat butuhkan. Tapi dengan banyaknya aplikasi yang diinstall, umumnya aplikasi itu bisa mengalami problem. Mungkin sobat sering mengalami problem aplikasi terus berhenti ketika bermain game atau membuka aplikasi.

Ada beberapa penyebab kenapa aplikasi di Android seringkali mengalami masalah atau selalu berhenti. Jika sobat mengalami masalah yang sama, tidak usah cemas karena hal itu bisa diatasi dengan mudah menggunakan beberapa cara berikut.

Bacaan Lainnya

Cara Atasi Aplikasi Terus Berhenti atau Force Closed di Android

  • Hentikan Aplikasi Aktif di Background

Salah satu faktor aplikasi Android jadi error ialah memori RAM yang digunakan sudah penuh. Solusi pertama kali ialah dengan membersihkan serta menghentikan beberapa aplikasi yang aktif pada latar belakang.

Caranya, pada mayoritas Hp sobat hanya perlu memilih tombol ‘Recent Apps’ dan mengklik icon ‘X’ maupun bersihkan untuk bisa menghapus seluruh proses yang aktif pada background.

  • Hapus Data Aplikasi dan Cache

Sobat bisa mengatur managemen aplikasi dengan mendelete data aplikasi dan cache pada Hp Android. Caranya adalah:

  1. Buka settings
  2. App and notifications
  3. Tab aplikasi
  4. Pilih storage
  5. Clear data atau clear cache untuk bisa menghapus salah satu ataupun keduanya
  • Cek Card MicroSD

Hampir seluruh Hp Android sekarang ini dibekali card microSD tambahan guna menyimpan berbagai macam file seperti aplikasi.

Card microSD yang bermasalah kadang membuat Apk di android berhenti atau bahkan ketika sobat gunakan. Langkah awalnya, sobat dapat mengatasi masalah ini dengan mematikan Android serta mengecek kondisi card microAD yang sobat pakai. Bila sudah, kembali pasang serta nyalakan kembali Hp kalian.

  • Restart Android

Error di aplikasi Android yang terhenti ketika sobat gunakan bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Mulai aplikasi itu sendiri sampai sinyal internet yang kurang stabil. Cara termudah ialah merestart Android. Dengan begitu, Hp sobat tentu akan kembali dinyalakan dengan kondisi segar seperti awal. Jika belum yakin, sobat hanya perlu menonaktifkan Hp selama beberapa menit.

  • Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Pembaruan aplikasi selain bisa mengatasi aplikasi corrupt atau error, juga dapat menghilangkan sejumlah bug yang dapat menjadi akar masalah. Tidak hanya mengupdate aplikasi, sobat juga harus memperbarui sistem Android yang digunakan menjadi lebih baru. Hal itu dikarenakan keperluan minimal sebuah aplikasi pastinya akan selalu meningkat.

  • Factory Reset Smartphone

Jika semua opsi diatas masih belum mempan, sobat dapat mencoba untuk mem-factory reset smartphone. Meski belum tentu mampu mengatasi problem aplikasi selalu berhenti, namun cara yang satu ini bisa mengembalikan hp Android sobat ke kondisi seperti baru.

Caranya adalah:

  1. Buka settings
  2. Pilih systems
  3. Klik reset option
  4. Pilih erase all data [factory reset]
  5. Selesai

Sebelumnya, sobat harus memastikan seluruh data sudah di backup dengan bagus dan benar. Sebab pada dasarnya cara satu ini bakal menghapus file di memori internal, temasuk juga video, foto, dan aplikasi yang sobat simpan.

Baca juga: Apa Itu Chess.com Apk? Aplikasi Catur Online Yang Viral

Nah, itulah penjelasan tentang cara mengatasi aplikasi terus berhenti pada Hp Android. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *