Android Webview, yang Membuat Aplikasi di Android Jadi Error

  • Whatsapp
Android Webview

Beberapa pengguna mengkritik adanya aplikasi Android yang sering cras ataupun error. Hingga pihak Google langsung angkat bicara serta menjelasakan jika komponen dalam Android Webview yang memungkinkan beberapa aplikasi di Android menunjukkan konten website memang tengah mengalami kerusakan. Tapi, apa sebetulnya Webview serta apa peranannya pada Hp Android?

Webview memungkinkan pihak pengembang aplikasi untuk bisa menunjukkan konten situs website secara langsung didalam aplikasi. Contohnya saat kamu ingin membuka akun Gmail, kamu dapat membukanya dengan 2 cara. Yang pertama dengan membuka lewat aplikasi, dan yang kedua ialah dengan masuk kedalam  Gmail yang tersedia di Browser.

Read More

Aplikasi Gmail pada Android itu menyertakan Webview didalam tata letaknya sehingga kamu dapat masuk kedalam konten Gmail yang serupa dengan yang ada pada halaman website.

Selain menampilkan konten, Webview bisa juga digunakan oleh pengembang guna menambahkan fungsi browser pada aplikasinya sehingga dapat membuka situs website seta menjalankan JavaScript seperti peramban.

“Pengguna bisa merancang halaman situs yang disesuaikan di perangkat, kemudian menerapkan Webview pada aplikasi pengguna yang memuat situs website tersebut,” tulis ulasan mengenai Webview pada laman developer Android.

Android Webview Sekarang Dipisah, Sebelumnya Digabung

Awalnya, Webview menjadi satu bersama sistem operasi pada Android. Hasilnya, update komponen aplikasi itu hanya akan di perbarui secara bersama dengan rilis teranyar pada sistem operasinya.

Tapi, Google yang menjadi pengembang Android merubah skema tersebut. Saat meluncurkan Android 5, mereka memisahkan bagian Webview dari operasi utama. Dengan begitu, update Webview bisa didistribusikan langsung lewat Google Play dan tidak perlu menunggu supaya bebarengan dengan pembaruan sistem operasi.

Pemisahan Webview di sistem operasi adalah kabar bagus untuk user akhir [end user] Android. Hal ini lantaran bila ditemukan ada bug pada komponen Webview, pihak Google bisa melakukan perbaikan serta mendistribusikannya lewat Play Store secara cepat.

Sementara itu, user Android bisa langsung memperoleh perbaikan itu, caranya ialah dengan memperbarui Webview dengan otomatis oleh perangkat atau dengan manual [membuka Play Store].

Itulah yang dilakukan oleh pihak Google demi mengatasi masalah aplikasi yang error karena Webview di awal minggu ini, yaitu dengan menyalurkan proses update pada System Webview ke jenis 89.0.4389. serta juga peramban Chrome.

“Memperbarui Sistem Webview Android serta Google Chrome lewat Google Play kini akan mengakhiri masalah itu,” ungkap Juru Bicara Google seperti dikutip BBC.

Untuk bisa melindungi smartphone dari serangan yang kemungkinan dapat mengeksploitasi Webview, pihak Google merekomendasikan supaya seluruh user melakukan pembaruan ke versi terbaru operasi sistem serta juga mengupgrade Webview jika perangkat memintanya.

Baca juga: Daftar 5 Lightweight Android Emulator yang Direkomendasikan

Akan tetapi, beberapa user mengatakan jika menghapus update anyar ke Webview harusnya bisa memperbaiki masalah serta faktanta, akun Twitter resmi Samsung Amerika Serikat memberikan rekomendasi untuk mengambil opsi yang tepat. Caranya adalah:

  • Buka Settings
  • Pilih Apps
  • Klik the three dots in the top right corner
  • Pilih System Apps
  • Cari for Android System Webview
  • Pilih Uninstall Update
  • Selesai

Nah, demikian ulasan tentang apa itu sebenarnya Android Webview yang mengakibatkan beberapa aplikasi sering mengalai error ataupun crash. Semoga ulasan diatas bisa menambah pengetahuan dan wawasan sobat. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *