Cara Mengganti Username Instagram di HP Dengan Mudah!

  • Whatsapp
Cara Mengganti Username Instagram

Merasa bosan dengan username Instagram yang lama dan ingin segera menggantinya dengan username yang baru agar terlihat lebih keren? Namun sobat kesulitan karena tidak mengetahui cara mengganti username Instagram? tenang, sobat bisa menemukan jawabannya pada bahasan kali ini!

Menggunakan Instagram untuk kehidupan sehari-hari memang bisa sangat membantu jika dimanfaatkan dengan benar dan sesuai. Contohnya saja Instagram bisa untuk mengatehui informasi yang terjadi di luar, berkomunikasi dengan teman, mengelola akun bisnis / pekerjaan, dan melihat referensi hal-hal dan karya menarik, dan sebagainya.

Read More

Instagram sendiri memiliki username dan nama yang bisa digunakan pengguna agar menjadi identitas sekaligus pengenal dari masing-masing akun. Nah usename menjadi hal yang penting, karena pengguna bisa mencari pengguna lainnya dengan mengetikkan username pada kolom pencarian. Jadi username adalah nama unik yang berbeda pada setiap penggunanya.

Bagaimana Cara Mengganti Username Instagram?

Nah disini kami akan membahas langkah-langkah mengganti username Instagram. Caranya sangat sangat mudah, sobat bisa langsung mengikutinya di bawah ini!

Inilah cara untuk mengganti username Instagram dengan mudah, silahkan sobat buka aplikasi Instagram di HP Android maupun iPhone sobat.

  1. Pergi ke profil

    Jika sudah, sobat bisa pergi ke profile sobat dengan menekan ikon foto profil di pojok kanan bawah

  2. Setelan Edit Profil

    Kemudian, sobat bisa langsung klik “Edit Profile” yang ada di profil sobat

  3. Klik Username

    Nah disini sobat sudah masuk ke setelan edit profile, sobat bisa lihat disini terdapat nama, username, bio, serta informasi lainnya. Berhubung sobat ingin mengganti username, silahkan langsung klik username Sobat.

  4. Ganti Username

    Terakhir, tinggal sobat ganti username sesuai keinginan. Pastikan ganti nama username sobat hingga ikon ceklis di atas menyala. Pasalnya jika tidak menyala, berarti username yang ingin sobat ganti sudah ada yang menggunakan.

Note : Jika sekiranya sobat tidak cocok dengan username yang baru dan ingin menggunakan kembali username yang lama, sobat harus menunggu selama 14 hari lamanya. Karena ini terkait kebijakan baru dari pihak Instagramnya langsung. Jadi pastikan sobat ganti username dengan nama yang cocok ya!

Bagaimana> seperti yang sudah kami katakan, sangatlah mudah bukan? silahkan untuk sobat ikuti langkah-langkah mengganti username Instagram di atas ya!

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Tips Mengatasi Instagram Terus Berhenti

Tips Agar Mengamankan Password

Cara Mengganti Username Instagram
image freepik

Di era saat ini, peretasan bukan lagi hal yang langka, namun sudah menjadi permasalahan umum. Nah jika sobat memiliki akun Instagram yang menyimpan data-data serta informasi yang penting, atau akun tersebut untuk bisnis dan pekerjaan, tentunya dibutuhkan keamanan yang ekstra agar tidak dapat diganggu dan di ambil alih oleh oknum tidak bertanggung jawab. Disini kami akan bagikan beberapa tips untuk mengamankan password

Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Tips pertama yang bisa sobat coba untuk mengamankan password Instagram sobat adalah dengan melakukan pengaktifkan autentikasi dua faktor. Perlu sobat ketahui, dengan mengaktifkan fitur ini maka akun instagram sobat akan mendapatkan keamanan yang ganda, selain login menggunakan username dan password, kita diharuskan memasukan kode yang dikirimkan melalui SMS ke nomer yang sudah didaftarkan.

Nah cara untuk mengaktifkannya sendiri sangat mudah, Sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini;

  • Pertama, sobat bisa buka Instagram sobat Instagram sobat, lalu silahkan masuk menu “Settings“, lalu klik opsi “Security”
  • Selanjutnya pilih opsi “Two-Factor Authentication“.
  • Selanjutnya tinggal klik “Get Started“.
  • Setelah itu, sobat akan melihat dua opsi untuk autentikasi dua faktor, yakni via SMS dan via aplikasi.
  • Silahkan sobay pilih opsi autentikasi dua faktor dengan aplikasi autentikasi pihak ketiga atau “Authentication App“. Instagram akan menyarankan untuk memasang aplikasi Google Authenticator sebagai aplikasi autentikasi pihak ketiga yang digunakan.
  • Lalu, pilih opsi “Install App“. Maka Nantinya sobat akan di-redirect atau alihkan untuk membuka Aplikasi Google Play Store atau App Store, untuk mengunduh dan memasang aplikasi Google Authenticator.
  • Nah jika sobat sudah berhasil menginstall Google Authenticator, selanjutnya kembali ke halaman “Two-Factor Authentication” di Instagram
  • Lanjutkan dengan mengaktifkan “Authentication App“.
  • Maka nantinya akan muncul tampilan konfirmasi Google untuk menambah Instagram ke daftar autentikasi. Pilih OK untuk menyetujui.
  • Setelah itu, akun Instagram Sobat nantinya akan terdaftar pada Google Authenticator. Dukungan keamanan autentikasi dua faktor untuk Instagram sudah aktif dan akan lebih aman.

Mengingat Email dan Nomor HP Yang Tertaut di Instagram

Tips lainnya untuk mengamankan password Instagram adalah dengan mengingat email serta nomor HP sobat saat pendaftaran Instagram dan yang tertaut saat ini. Hal ini dimaksudkan agar saat orang mencoba login ke Instagram sobat, maka akan muncul Notifikasi dan persetujuan yang akan dikirimkan ke email atau No. hp Sobat. Juga email dan nomor HP bisa membantu saat sobat lupa password, jadi pastikan sobat menjaga email dan no HP ya!

Selalu Log Out dan Jangan Simpan Password Jika Login di Perangkat Lain

Ini hal yang sangat pentig sekali, jangan sekali-kali sobat tidak Log Out saat menggunakan Instagram di perangkat lain terlebih di perangkat umum atau publik, seperti warnet, perpustakaan, atau komputer dan HP teman. Juga jangan save password, karena nantinya percuma jika sobat sudah log out maka orang akan bisa tetap masuk tanpa mengetahui passwordnya.

Jika ada link atau situs yang tidak jelas dan mencurigakan, apalagi disuruh mengisi ini itu, maka pastikan sobat langsung close dan kalau bisa jangan di klik. Karena sudah menjadi masalah umum, bahwasanya terdapat spyware yang berseliweran di sebuah situs. Ya namanya internet, apapun bisa diakses. Maka sobat harus mencegah sebelum terjadi.

Akhir Kata

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara mengganti username Instagram yang sudah kami jelaskan? sobat bisa ikuti agar berhasil. Dan jangan lupa juga, sobat boleh ikuti tips untuk mengamakan Instagram milik sobat yang sudah kami jelaskan setelahnya.

Okedeh Selamat Mencoba! 🙂

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *