Oppo Reno 6 Pro, Pakai Dimensity 1200 atau Snapdragon 888 ?

  • Whatsapp
OPPO Reno 6 Pro
Image : OPPO Reno5

Oppo disebut – sebut bakal segera meluncurkan Oppo Reno 6 Pro, namun para leaker dan pengamat kesulitan menerka apa yang akan dilakukan Oppo terhadap seri terbarunya kali ini. Oppo dengan seri Reno – nya telah meluncurkan beberapa produk dalam kurun waktu tak sampai setahun, namun model baru nyatanya tak banyak membawa perubahan baru bahkan ada yang terkesan inferior dari model lama nya.

Hal itulah yang menimbulkan kebingungan diantara para pengamat, namun tentu tak menghambat berbagai bocoran dan spekulasi yang muncul tentang perangkat tersebut. Laporan terbaru tang berisi tentang spesifikasi Oppo Reno 6 telah merebak di dunia maya meskipun model sebelumnya Oppo Reno 5 Pro baru dipasarkan pada akhir Januari lalu.

Bacaan Lainnya

Reno 6 Pro diyakini akan mengusung sebuah panel AMOLED 6,55 inci dengan kecepatan refresh 90 Hz dan resolusi 1080 x 2400 piksel. Ada sebuah lubang punch di bagian kiri atas sebagai rumah untuk kamera selfir 32 MP. Sementara di bagian belakang, Oppo menyematkan pengaturan quad camera dengan sensor utama 64 MP.

Ponsel ini diyakini akan disokong oleh baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan dukungan pengisian cepat 65 W. Kecuali kapasitas baterai, kesemua spesifikasi tersebut mengarah ke satu model Oppo yang telah dirilis sebelumnya yakni Oppo Reno 5 Pro.

Letak perbedaan mendasar kemungkinan ada pada chipset yang diusung kedua ponsel tersebut, jika Reno 5 Pro menggunakan MediaTek Dimensity 1000+ maka Reno 6 Pro diyakini bakal memakai Dimensity 1200 yang saat ini menjadi salah satu produk andalan dalam koleksi MediaTek.

Spekulasi lain yang dirilis 91mobiles mengatakan bahwa Reno 6 Pro  dapat mengusung RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB yang masih dapat diperluas dengan bantuan mico SD. Fitur konektivitas mungkin termasuk 5G, 4G LTE, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.1, GPS dan port USB Type-C untuk pengisian daya dan sinkronisasi data. Lebih jauh laporan tersebut malah meyakini bahwa ponsel tersebut akan memakai Snapdragon 888 5G, bukan menggunakan Dimensity seperti yang diyakini kebanyakan pengamat.

Kebingungan ini mungkin juga tekait dengan posisi Oppo di pasar Cina saat ini. Sebelumnya pada bulan Maret, OPPO menjadi merek Smartphone No.1 di Cina untuk pertama kalinya pada Januari 2021.

Sekarang, laporan terbaru menyebutkan bahwa posisinya telah digeser Vivo berkat ponsel – ponsel bugdet seri Y dan S. Secara detail, pada 28 Maret 2021 Vivo memegang posisi teratas dengan pangsa pasar 24% dibandingkan dengan OPPO 21% dan Huawei 15%. Jika dilihat dari laporan tersebut maka akan didapati bahwa Vivo telah meningkatkan pangsa pasar mereka sebesar 4% sejak Januari lalu.

Baca juga: Perbandingan Fitur dan Spesifikasi Oppo Reno 5 vs Samsung A71

Vivo melakukan segmentasi jajaran produknya dengan sangat baik dengan seri NEX, X, S, Y. Dua yang pertama adalah andalan dengan peningkatan signifikan pada sisi kamera sedangkan dua yang terakhir adalah perangkat yang memiliki banderol lebih terjangkau. Di sisi lain Oppo memiliki perangkat unggulan Reno dan kelas menengah dengan seri A. Patut ditunggu apa yang akan dilakukan Oppo tehadap seri Reno untuk kembali merebut posisinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *