Perbandingan Fitur dan Spesifikasi Oppo Reno 5 vs Samsung A71

  • Whatsapp
Oppo Reno 5 vs Samsung A71

Oppo dan Samsung merupakan dua produsen smartphone yang berasal dari Korea. Keduanya sama0sama memiliki daya tarik tersendiri untuk pengguna smartphone di tanah air. Baik Oppo maupun Samsung tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Tentunya dengan penawaran fitur yang unggul, membuat konsumen terkadan bingung untuk menetapkan pilihan.

Oppo Reno 5 dan Samsung A71 termasuk ponsel unggulan dengan spesifikasi yang bagus di kelasnya. Kamu dapat megetahui kelebihan dan kekurangannya untuk mendapatkan ponsel yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan kamu. Simak informasi berikut untuk mengetahui review dari kedua ponsel tersebut.

Bacaan Lainnya

Perbandingan Oppo Reno 5 vs Samsung A71

Oppo Reno 5 vs Samsung A71 (1)

Membandingkan dua perangkat smartphone dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Tentunya ada yang melihatnya bedasarkan resolusi, kamera, daya tahan, kapasitas baterai, hingga desainnya. Namun kebanyakan orang, mempertimbangkan juga terkait harga yang ditawarkan. Simak informasinya berikut ini untuk mendapatkan review Oppo Reno dan Samsung A71 dari beberapa sisi.

Desain, Layar, Ukuran, Material Pembuatan

Samsung A71 hadir dengan dimensi 162.5 x 75.5 x 8.1 mm (6.40 x 2.97 x 0.32 in) dan berat 185 gram. Sedangkan Oppo Reno 5 hadir dengan dimensi  159.3 x 74 x 7.8 mm (6.27 x 2.91 x 0.31 in) dan berat 183 gram. Samsung A71 hadir dengan teknologi Super Amoled plus capacitive touchscreen sedangkan Oppo Reno 5 menggunakan teknologi Amoled capacitive. Layar Samsung A71 berukuran 6.7 inci sedangkan Oppo Reno 5 hadir dengan ukuran 6.43 inci. Keduanya memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Samsung A71 dan Oppo Reno 5 menggunakan OS Android 10. Samsung A71 menggunakan Chipset Snapdragon 730G sedangkan Oppo Reno 5 menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Keduanya juga sudah menggunakan CPU Octa-core.

Kamera dan Fitur Oppo Reno 5 vs Samsung A71

Samsung A71 hadir dengan kamera belakang 64 MP sedangkan Oppo Reno 5 hadir juga mengemas kamera 64 MP. Keduanya telah memiliki fitur LED Flash, HDR, dan panorama. Selain itu, keduanya juga dapat menghasilkan video dengan resolusi 1080 piksel. Perbedaan terletak pada kamera depan, Reno5 mengemas kamera depan 44MP, sedangkan Galaxy A71 hanya mendapatkan 32MP.

Fitur dan Sensor Oppo Reno 5 dan Samsung A71

Oppo Reno 5 dan Samsung A71 sudah mendukung jaringan berteknologi GSM, HSPA, LTE dan karena ini versi 4G tentu keduanya baru mengemas 4G LTE.

Dari segi konektivitas, Samsung A71 dan Oppo Reno 5 juga sudah dilengkapi dengan WLAN dan Bluetooth serta USB. Keduanya juga sudah memiliki fitur GPS. Keduanya juga sudah mendukung fitur NFC sehingga akan mempermudah kamu untuk melakukan transaksi e-Money. Dilihat dari sensornya, keduanya sudah menggunakan fingerprint, akeselerometer, giro, proximity, dan kompas.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Samsung A71 dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Sedangkan Oppo Reno 5 hadir dengan kapasitas 4310 mAh. Untuk ukuran ponsel dikelasnya, tentu kapasitas baterai tidak cukup besar. Pasalnya baik Samsung maupun Oppo memiliki beberapa tipe ponsel dengan kapasitas baterai 6000 mAh.

Harga Oppo Reno 5 dan Samsung A71

Oppo Reno 5 hadir dengan harga 4,9 juta rupiah. Tentunya dengan harga tersebut sudah sebanding dengan fitur yang dimiliki. Sedangkan Samsung A71 ditawarkan dengan harga 5,9 juta rupiah. Dengan selisih harga hampir satu juta, namun hal itu sangat wajar dengan ponsel Samsung yang memiliki spesifikasi tinggi.

Cek harga OPPO Reno 5 di ShopeeLazadaBlibli
Cek harga Samsung A71 di ShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan

Samsung A71 dan Oppo Reno 5 tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan ponsel yang paling tepat untuk kebutuhan kamu. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimliki oleh Samsung A71 dan Oppo Reno 5.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A71

Samsung A71 memiiki kelebihan pada kamera yang dimiliki. Keempat kameranya mendukung foto yang berkualitas. Pengggunaan Samsung Isocell bright GW 1 juga mendukung hasil foto yang berkualitas. Selain itu, kamera belakang juga mendukung rekaman video 4K dengan detail dan rentang dimensi yang sangat bagus. Selain itu, ponsel juga dilengkapi dengan fitur super steady yang memungkinkan rekaman video tanpa getaran.

Dukungan kamera selfie 32 MP juga dilengkapi dengan mode HDR sehingga hasil tangkapannya cukup baik. Kapasitas baterai 4500 mAh tentunya tidak terlalu besar seperti ponsel di kelasnya yang mencapai 6000 mAh. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ponsel dilengkapi dengan fitur fast charging 25W untuk mendukung pengiisan daya dengan waktu yang lebih cepat.

Selain itu, Samsung A71 juga memiliki performa yang tangguh dengan chipset Snapdragon 730G. Ponsel ini terbilang cukup tangguh untuk bermain game. Apalagi ditambah dengan layar super Amoled plus yang lega. Tingkat warna dan kontra rasio dari layar ini juga sangat baik. Sayangnya, Samsung A71 yang memiliki keunggulan pada kamera belakang ini, masih diragukan dengan penggunaan kamera makro yang dinilai masih kurang memaksimalkan hasil foto.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 5

Dengan desain yang slim dan menawan, Oppo Reno 5 tentu menarik perhatian. Selain itu, kualitas layarnya juga cukup bagus dan sangat baik di kelasnya. Dengan dukungan kamera utama 64 MP tentunya hasil gambarnya cukup bagus baik di siang maupun di malam hari. Selain itu, fitur video yang dimiliki juga cukup beragam dan unik.

Performa Oppo Reno 5 juga dapat dikatakan sangat baik dengan chipset Qualcomm Snapdragon. Walaupun baterainya bekapasitas 4310 mAh, namun Oppo Reno 5 dilengkapi dengan fitur fast charging 50W sehingga dapat melakukan pengisian daya dengan cepat. Oppo Reno 5 juga hadir dengan sensor sidik jari yang responsif.

Walaupun Oppo Reno 5 menawarkan body yang slim, namun bentuknya terbilang sedikit licin sehingga perlu hati-hati saat menggunakan ponsel. Selain itu, dukungan AI Hihgligt tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan fitur ultra steady.

Baca juga: Perbandingan HP Samsung Galaxy A10 vs Oppo A1k, lengkap!

Kesimpulan

Oppo Reno 5 dan Samsung A71 hadir dengan spesifikasi yang bagus dan performa yang prima. Kapasitas baterai yang dimiliki pun tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki spesifikasi yang cukup baik di kelasnya. Kamu dapat mempertimbangkan salah satu ponsel sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *