Inilah Perbedaan Windows 10 Home dan Pro yang Perlu Diketahui

  • Whatsapp
perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Sistem operasi Windows 10, seperti halnya OS android, memiliki berbagai macam penawaran edisi bagi para penggunanya. Beberapa diantaranya, yaitu Windows 10 Home, Pro, Enterprise, dan lain sebagainya. Masing-masing versi dari Windows 10 ini memiliki fungsi serta keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Namun, artikel kali ini hanya akan membahas mengenai beberapa perbedaan Windows 10 Home dan Pro saja. Sebab, 2 versi dari OS Windows 10 ini merupakan versi dengan jumlah pengguna paling banyak dibandingkan versi lainnya.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Pada dasarnya, edisi Windows 10 Home berada dibawah dari edisi Pro-nya. Oleh sebab itu, untuk pengguna versi Home, Anda dapat mengupgarde OS Windows 10 Anda ke versi Pro. Namun sebelum melakukannya, pastikan Anda telah mengetahui perbedaan diantara keduanya. Adapun perbedaan Windows 10 Home dan Proyang dapat menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut:

Fitur yang Disediakan

Microsoft dalam menawarkan berbagai edisi kepada para penggunanya tentu saja didasari atas suatu alasan tertentu. Salah satunya karena masing-masing pengguna memiliki kebutuhan fitur yang berbeda-beda. Meskipun kedua edisi tersebut menawarkan fungsi yang hampir sama secara keseluruhan, namun ada beberapa fungsi dan fitur yang secara spesifik dimiliki Windows 10 Pro namun tidak pada edisi Home-nya.

Beberapa fitur Windows 10 Pro yang tidak tersedia pada versi Home-nya, yaitu seperti BitLocker, Hyper-V, Remote Desktop, Device Guard and Secure Boot, dan lain sebagainya. Fitur-fitur pada versi Pro ini umumnya akan lebih dibutuhkan oleh kalangan yang lebih profesional.

Sistem Keamanan

Selain fitur, perbedaan Windows 10 Home dan Pro berikutnya terletak pada sistem keamanan yang dimilikinya. Versi Pro memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan secara profesional, sehingga juga dibekali dengan sistem kemanan yang lebih kuat dibandingkan edisi dasarnya atau Windows 10 Home. Namun, hal ini tidak menjadikan saudaranya tersebut tidak memiliki sama sekali sistem keamanan, hanya saja tidak begitu lengkap. Pada edisi Pro, Windows 10 dilengkapi dengan Windows Defender yang mampu memberikan proteksi lebih kepada perangkat laptop/PC dari ancaman virus berbahaya. Dilengkapi dengan modul Enterprise Data Protection demi menjaga dan memastikan data penting dalam sistem dengan cara enkripsi.

Pengaturan Windows Update

Pengalaman yang cukup menyebalkan ketika sedang menggunakan laptop/PC, salah satunya adalah sistem Windows yang tiba-tiba meminta untuk segera melakukan update dan restart. Akan tetapi, pengalaman tersebut mungkin hanya akan diperoleh pada Windows 10 Home. Sedangkan edisi Pro dapat memungkinkan penggunanya untuk menunda update hingga 35 hari ke depan atau pada waktu-waktu aktivitas komputasi tidak sedang padat.

Limit Kapasitas RAM yang Didukung

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro lainnya, yakni dari segi limit memori RAM. Jika seri Home hanya dapat mencapai kapasitas 128 GB saja, Sedangkan seri 10 Pro kabarnya dapat mendukung hingga 2TB.

Baca Juga : Cara Uninstal Aplikasi Di Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

Harga

Meskipun dari beberapa keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya terlihat bahwa Windows 10 versi Pro lebih menonjol dibanding edisi Home-nya, namun dari segi harga, Windows 10 Pro tentunya memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan versi Home-nya. Jika mengacu pada situs resmi Microsoft Indonesia, Windows 10 Pro dapat dibanderol harga hingga Rp3.799.000, sementara Windows 10 Home sendiri berada di sekitaran harga Rp.2.599.000.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *