RMPuskesmas, Aplikasi Rekam Medis Berbasis Web Terbaik

  • Whatsapp
RMPuskesmas

RMPuskesmas yang merupakan source code aplikasi rekam medis adalah jenis aplikasi rekam medis berbasis web yang telah banyak digunakan di rumah sakit maupun puskesmas. Aplikasi ini mampu mengelola aktifitas administrasi puskesmas seperti pendaftaran pasien, manajemen diagnose hingga rekap dan pelaporan data pasien. Aplikasi rekam medis ini bisa dioperasikan melalui sistem operasi Windows maupun Linux.

Adapun source code yang digunakan pada aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman php serta database mysql. Untuk tampilannya sendiri aplikasi ini terdiri atas template AdminLTE yang terdapat beragam jenis library yang telah tersedia untuk mendukung fungsi tampilan aplikasi. Kemudian, icon yang digunakan pada aplikasi ini juga menggunakan font awesome sehingga display atau gambaran aplikasi menjadi lebih menarik dan praktis untuk digunakan. Aplikasi ini juga sangat responsive sehingga bisa diakses di berbagai jenis perangkat.

Bacaan Lainnya

Gambaran Umum Mengenai RMPuskesmas

RMPuskesmas

Biar kamu tidak kebingungan menggunakan aplikasi rekam medis berbasis web ini maka berikut adalah gambaran umum penggunaannya.

  • Terdapat dua jenis pasien yang berkunjung ke puskesmas atau RS yaitu pasien baru dan juga pasien lama. Khusus pasien baru maka petugas loket akan mendaftarkan pasien tersebut ke menu pasien terlebih dahulu. Setelah itu pasien baru akan mendapatkan nomor dan kartu berobat. Selanjutnya pasien baru akan didaftarkan poli tujuan mereka. Adapun pasien lama akan langsung didaftarkan ke poli atau ruangan tujuan mereka.
  • Data pasien yang terdaftar sebelumnya akan langsung masuk ke antrian poliklinik. Setelah itu petugas poli akan menginput rekam medis pasien sesuai tindakan dari dokter yang bersangkutan. Data rekam medis tersebut pada umumnya dicetak oleh petugas poli untuk menampilkan riwayat rekam medis pasien selama melakukan kunjungan medis.
  • Adapun jika petugas puskesmas atau RS melakukan rujukan untuk pasien maka admin di bagian poli akan mencatat data rujukan pasien tersebut.
  • Aplikasi ini juga membantu dokter yang menginginkan cek lab atau konsultasi gizi pada pasien. Dengan demikian para petugas poli dapat langsung mengajukan permintaan tersebut hanya melalui aplikasi rekam medis berbasis web. Setelah itu pihak laboratorium maupun unit gizi juga dapat mengeluarkan hasil pemeriksaan pasien lewat aplikasi tersebut.
  • Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur pembuatan surat keterangan sehat maupun surat keterangan sakit yang diinput langsung oleh para petugas atau staff yang bersangkutan.
  • Kemudian setiap unit yang membutuhkan laporan dari para pasien juga bisa melakukan pencetakan laporan yang diinginkan lewat aplikasi tersebut.
  • Aplikasi rekam medis ini juga memuat semua data pasien di seluruh provinsi, kabupaten, kota, kecamatan hingga kelurahan. Data-data di dalam aplikasi tersebut juga terdiri atas pekerjaan dan data diri pasien.

Baca Juga : Aplikasi Good Doctor, Tingkatkan Layanan Kesehatan di Indonesia

Nah, demikianlah informasi mengenai aplikasi rekam medis berbasis web ini. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang akurat terutama dalam hal aplikasi rekam medis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *