Ukuran Kartu Nama

  • Whatsapp

Hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat sebuah kartu nama adalah bahan dari kartu nama tersebut, ukuran kartu nama, serta desain kartu nama dan dibuat semenarik mungkin. Membahas tentang kartu nama, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Sebab setiap negara mempunyai ukuran standar kartu nama yang beda. Baik di Indonesia sendiri maupun ada di kawasan Asia atau di beberapa negara Eropa lainnya pun mempunyai standar ukuran kartu nama masing-masing.

Akan tetapi banyak juga di Indonesia yang beropini jika standar skala kartu nama yang pas adalah berukuran A8. Untuk sekarang ini, kebanyakan orang yang membuka jasa membuat kartu nama disini memakai ukuran kartu cm, inci, mm, dan pixel. Berikut adalah penjelasan tentang standar barometer kartu nama yang berada di Indonesia.

Berapa Ukuran Kartu Nama

ukuran kartu nama

Standar barometer kartu nama yang berada di Indonesia umumnya dengan Skala kartu nama yang memakai ukuran cm yakni 90 mm x 55 mm atau 5,5 cm x 9 cm. Sementara itu yang menggunakan ukuran pixel adalah 207 pixel x 340 pixel selanjutnya untuk skala yang memakai inci adalah 2,165 inci x 3,54 inci. Sedangkan jika kamu mencetak kartu nama di sebuah toko percetakan, maka bakal dibuat sesuai dengan standar percetakan yang ada di Indonesia, yakni 8 mm x 53 mm atau 5,3 cm x 8,8 cm.

Biasanya, orang yang sering membuat sebuah kartu nama di aplikasi Photoshop akan memakai ukuran pixel, sementara yang membuat di aplikasi Corel Draw akan memakai ukuran inci. Maka dari itu, cocokkan ukuran kartu nama pada Photoshop kamu dan sesuaikan juga ukuran kartu nama saat membuatnya memakai aplikasi Corel Draw.

Bila kamu ingin membuat ukuran sendiri bisa langsung bilang kepada orang yang mencetaknya, sebab jika tidak demikian atau tak meminta ukuran yang pas buat kamu nantinya akan dibuatkan ukuran kartu nama yang memiliki ukuran sesuai standar percetakan. Jadi, tergantung kamu ingin memakai ukuran kartu nama standar di Indinesia, memakai skala percetakan, ataupun memakai ukuran yang pas dengan keinginan kamu sendiri.

Bahan Untuk Membuat Kartu Nama

bahan kertas kartu nama

Ketika kamu ingin membuat sebuah kartu nama, selain memperhatikan ukuran kartu nama itu juga perlu menimbang bahan yang akan dipakai, sebab bahan dalam pembuatan kartu nama tersebut akan memiliki pengaruh dalam hal biaya pembuatannya. Berikut adalah ulasan lengkap tentang berbagai bahan yang dapat kamu pilih untuk membuat kartu namamu sendiri.

Mohawk Option

Kertas yang berukuran 250 gsm dan memiliki tekstur halus serta daya serap terhadap tinta yang bisa dibilang cukup bagus. Sehingga nanti hasil dari cetakan kartu nama tersebut dapat terlihat semakin berwarna dan yang jelas bisa memikat mata orang yang melihatnya. Untuk kamu yang sedang design, gunakan kertas ini sebab kertas ini memang bisa dipakai didepan atau dibelakang kartu namamu. Jadi kamu dapat lebih bebas untuk mengeluarkan imajinasi saat ingin membuat design kartu namamu sendiri.

Art Carton atau Art Paper

Kertas ini mempunyai ketebalan 260 gsm, tentu saja ini sudah lumayan tebal untuk dipakai untuk pembuatan kartu nama. Permukaan dari Art Carton ini tak terlalu kasar dan sedikit licin sehingga akan sulit dicoret menggunakan bolpoin. Jadi, bila kamu sering mencatat di kartu nama, maka lebih baik jangan pakai bahan yang satu ini sebab nantinya akan sulit ditulis diatas kartu nama karena tak semua kartu nama itu berisi lengkap. Pastikan jika ada yang bertanya bisa saja jawaban itu tak berada didalam kartu namamu.

Oleh sebab itu, selain memperhatikan aspek ukuran kartu nama, sobat juga sangat penting membuat kartu nama dengan lengkap, jelas, dan padat. Kertas yang satu ini juga dipakai menjadi finishing akhir selepas terlihat lebih mengkilap sehingga bahan satu ini lebih pas bagi design kartu namamu yang tak memakai blok warna.

Linen Jepang

Kertas berukuran 250 gsm ini mempunyai tekstur bergaris vertikal dan horizontal. Bahan kertas ini biasanya lebih kerap dipakai di kartu nama sebuah perusahaan sebab terlihat profesional dan tak terlalu berlebihan.

Linen Hollad

Kertas berukuran 250 gsm ini menjadi kertas impor seperti Linen Jepang. Kertas yang satu ini mempunyai tekstur lebih halus ketimbang Linen Jepang serta warna putihnya lebih terlihat, dan tak terlalu tampak memiliki garis vertikal atau horizontalnya.

Format Penulisan Kartu Nama

format oenulisan dan ukuran kartu nama

Bagi kamu yang belum tahu tentang format penulisan untuk membuat kartu nama, dan ukuran kartu nama, dibawah ini kami akan menjelaskan langkah-langkah membuat kartu nama. Silahkan disimak baik-baik:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuat logo pada kartu namamu, jika kamu mengatasnamakan perusahaan harus ada logo dari perusahaan tersebut seperti kebanyakan kartu nama dari sebuah perusahaan yang dimana ada logo perusahaan pada bagian atas kartu nama tersebut. Kemudian ukuran logo yang tersedia pada kartu nama itu wajib lebih besar dari keterangan lengkap tentang perusahaan atau dirimu sendiri.
  • Berikan nama lengkap, jangan lupa memakai gelar yang kamu miliki sebab itu adalah daya jual tambahan dari namamu. Seperti kebanyakan kartu nama lainnya, kamu dapat membesarkan ukuran nama pada kartu nama tersebut. Lalu dibawahnya bisa kamu beri gelar maupun profesi yang saat ini sedang kamu kerjakan.
  • Pakai alamat lengkap rumah kamu atau perusahaan tempat kamu bekerja. Bila memakai atas nama perusahaan, maka kamu dapat memberi alamat kantor perusahaan tersebut sehingga orang yang melihat kartu namamu bisa menemukan lokasi perusahaan tempat kamu bekerja dengan mudah.
  • Tulis nomor Hp kamu yang masih aktif, kalau bisa kamu bisa memisah antara nomor untuk keperluan bisnis dengan nomor untuk kegiatan sehari-hari. Sebab hal ini akan sangat krusial, maka dari itu wajib diperhatikan secara benar-benar jika untuk telepon biasa atau telepon kantor biasanya berbeda. Terlebih lagi bila sewaktu-waktu ada yang meneleponmu secara bersamaan, tentunya salah satu dari orang tersebut tak akan dapat menelepon kamu.
  • Tambahkan sosial media yang kamu miliki pada kartu namamu, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, atau Penterest.
  • Pakai skala kartu nama yang telah dijelaskan di atas sehingga gampang mencari file aslinya di tempat percetakan atau fotokopian. Jika kamu memakai kartu namamu sendiri, maka harus membuat tempat untuk kartu nama tersebut.
  • Gunakan design yang keren, tapi jangan terlalu lebay.
  • Beri warna yang ringan, dan gradasi yang sesuai (tidak bertabrakan warnanya) sehingga ktulisan-tulisan dapat membuat orang lain nyaman membaca secara rinci kartu namamu.

Simak juga ulasan tentang Ragam Jenis Ukuran ID Card dan Cara Mudah Membuatnya agar sobat tidak bingung menentukannya lagi!

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat mengenai ukuran kartu nama dan juga beberapa detail yang harus kamu perhatikan ketika membuatnya. Kamu bisa juga memilih beberapa bahan kertas buat kartu nama yang dapat kamu pakai, baik di print di rumah memakai printer sendiri atau di percetakan. Satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa semakin baik bahan kartu nama yang kamu pakai, tentunya biasa kertas yang dipakai juga akan semakin mahal.

Sekian, Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *