HarmonyOS 2 Milik Huawei Telah Capai 10 Juta Pengguna

  • Whatsapp
HarmonyOS

HarmonyOS 2 nampaknya meraih kesuksesan di China, indikatornya adalah laporan yang menyebutkan bahwa OS besutan Huawei tersebut telah melewati angka 10 juta lebih perangkat aktif yang menggunakannya.

Seperti dilaporkan thepohonetalk, Huawei menandai momen bersejarah tersebut dengan cara yang cukup unik. Mereka merayakannya dengan kue yang dibuat menyerupai ponsel, jam tangan, TV hingga TWS.

Bacaan Lainnya
HarmonyOS 2
Ilustrasi

Meski mengalami kenaikan penggunaan yang sangat cepat, ada sebuah catatan penting yakni bahwa HarmonyOS bukanlah sebuah OS. Seperti dipaparkan GSMarena,  HarmonyOS nampak lebih bertindak sebagai sebuah payung brand yang menaungi semua sistem operasi Huawei yang terdiri dai berbagai macam jenis serta hal – hal yang memiliki kaitan dengan Internet-of-Things.

HarmonyOS 2 sendii saat ini telah tersedia ponsel – ponsel besutan Huawei seperto seri Mate 40, seri P40, seri Mate 30, dan MatePad Pro di wilayah Tiongkok, sementara itu seri P30 dan seri Honor 30 dan V30 akan mendapatkan pembaruan versi beta tertutup pada bulan ini dan pembaruan versi beta publik pada bulan Juli mendatang.

Yang menarik untuk damati adala  bagaimana nantinya Huawei menangani transisi perangkat – perangkat besutannya ke HarmonyOS di luar wilayah Tiongkok, pada perangkat versi Global. Bagaimanapun, jumlah perangkat yang akan menjalankan versi HarmonyOS pasti akan mengalami perkembangan di masa depan setelah menjalani awal yang baik ini.

Di lain pihak, Huawei sebenarnya memiliki harapan untuk mencapai angka 360 juta perangkat aktif yang menggunakan HarmonyOS pada akhir tahun ini. Ini juga termasuk usaha untuk meyakinkan 1,2 juta pengembang untuk membangun aplikasi untuk platformnya.

Sebelumnya, Huawei memutuskan untuk meluncurkan versi kedua dari HarmonyOS. Ini merupakan migrasi besar-besaran dimana perusahaan berencana untuk mengganti sekitar 100 perangkat (ponsel dan tablet) dari Android ke HarmonyOS 2.0.

Migrasi itu diikuti dengan kedatangan HarmonyOS Zone di Huawei App Store yang menyediakan aplikasi yang sudah didukung untuk sistem operasi baru. Dengan adanya HarmonyOS Zone di Huawei App, akan memudahkan pengguna sistem operasi untuk menemukan dan menginstal aplikasi yang kompatibel. Pengguna dapat mencari “HarmonyOS” atau “HongMeng” di App Marketplace untuk menemukan zona khusus. Aplikasi, yang dibuat untuk HarmonyOS ditandai dengan “HMOS” di sudut ikon.

Raksasa asal Cina ini jelas harus bekerja keras untuk menambahkan fitur baru ke sistem operasi internal dan memudahkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi untuk platform. Pada saat meluncurkan OS baru ini, Huawei mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperbarui 100 perangkat dan mungkin memerlukan waktu hingga H1 2022 untuk menyelesaikan prosesnya.

Pada laporan lain perusahaan memiliki rencana untuk menambahkan lebih dari 300 juta perangkat yang menjalankan HarmonyOS atau disebut HongMeng OS di China pada akhir tahun ini. Menarik untuk melihat apakah Huawei berhasil membangun perangkat lunak barunya sebagai alternatif untuk Android.

Huawei sendiri juga dilaporkan telah menyumbangkan semua struktur inti HarmonyOS ke “Open Atom Open Source Foundation.” Hal itu akan memungkinkan pengembang yang tertarik mendapatkan kode sistem HarmonyOS untuk kemudian mengembangkan produk sesuai kebutuhan mereka. Saat ini dilaporkan telah ada lebih dari 500.000 pengembang yang bekerja dengan HarmonyOS. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *