Tabungan Anak BCA

  • Whatsapp

Bank BCA merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan menabung dengan mudah dan nyaman. BCA sendiri menawarkan berbagai fitur kemudahan untuk membantu nasabah menabung dengan efektif. Salah satunya adalah tabungan anak BCA yang akan kami bahas di sini.

Tabungan anak BCA sendiri adalah tabungan yang dikhususkan untuk pelajar atau anak-anak yang sudah berumur minimal 12 tahun yang belum memiliki KTP namun ingin menabung di bank. Dengan adanya tabungan anak, maka fitur maupun biaya pun disesuaikan dengan statusnya sebagai anak dan pelajar. Nah berikut akan kami ulas tentang syarat dan ketentuan tabungan anak BCA, fitur yang ditawarkan, cara mendaftar, dan lain sebagainya!

Read More

Syarat dan Ketentuan

syarat dan ketentuan membuka tabungan anak bca

Tentunya untuk membuka Tabungan Pendidikan Anak BCA, sobat perlu siapkan syarat yang dibutuhkan. Berikut syarat dan ketentuan yang harus sobat persiapkan :

  • Pertama, calon nasabah harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia (WNI)
  • Usia anak minimal 12 tahun
  • Jangka waktu menabung adalah maksimal sampai dengan usia ulang tahun 65 tahun.
  • Memiliki produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA. Mengisi formulir pembukaan Tahapan Berjangka.
  • Menyetujui Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening serta Syarat dan Ketentuan Produk Asuransi Jiwa yang telah ditentukan.
  • Tidak diperbolehkan membuka rekening joint account “DAN” maupun “ATAU”.

Kendati tabungan anak, calon nasabah juga harus mengetahui informasi berikut untuk menjaga kenyamanan dalam melakukan transaksi, berikut informasinya :

  • Nasabah tidak bisa melakukan transaksi tarik tunai atau penutupan rekening sebelum jangka waktu menabung berakhir. Jika nasabah tetap ingin melakukan penarikan tunai maupun penutupan rekening, maka nasabah akan dikenakan biaya (tambahan) penutupan rekening sebelum jatuh tempo.
  • Jika dana tidak tersedia pada tanggal pendebetan, akan dilakukan pendebetan ulang pada akhir bulan berjalan.
  • Jika pendebetan gagal 3 bulan berturut-turut, rekening Tahapan Berjangka otomatis ditutup dan dana dikembalikan ke rekening sumber dana.

Itulah syarat dan ketentuan yang bisa sobat siapkan nantinya jika ingin membuka tabungan anak di BCA. pastikan baca terlebih dahulu, dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

Suku Bunga Tabungan Pendidikan

Adapun Suku bunga ditentukan lebih tinggi ketimbang tabungan reguler. Juga berbeda tergantung jumlah setoran rutin bulanan yang disetorkan. Bunga sendiri nilainya tidak tentu, dan dapat sewaktu – waktu berubah.

Setoran rutin bulananSuku Bunga per Tahun
1 –3 –5 –>= 10 th
2,75%3,25%3,50%3,75%
>= Rp 1.000.000
3,25%3,50%3,75%3,75%
sumber duwitmu.com

Terkait bebas biaya, Tabungan pendidikan anak BCA sendiri memberikan sejumlah bebas biaya. Adapun bebas biaya yang diberikan adalah Administrasi bulanan, Transaksi setoran di counter, Gagal debet dan Premi asuransi.

Adapun tabungan BCA sendiri juga bisa memberi denda, dendat tersebut diberikan apabila nasabah melakukan penutupan rekening sebelum jatuh tempo. Biaya denda sendiri yaitu 1% x saldo akhir Tahapan Berjangka. Dimana ketentuan minimalnya sebesar Rp. 50.000, atau maksimal sebesar akumulasi bunga yang sudah dibayarkan kepada nasabah dipilih yang lebih besar.

Rekening Tabungan Untuk Pelajar

Sebagai calon nasabah, perlu ketahui terlebih dahulu besaran biaya pada rekening tabungan untuk pelajar. Berikut kami berikan informasinya yang dirangkum melalui website BCA :

DeskripsiBesaran Biaya (Rp)
Setoran Awal Minimum5.000
Setoran Berjangka Minimum1.000
Saldo Minimum Dipotong5.000
Saldo Maksimum20.000.000
Penggantian Kartu DebitGratis
Biaya Penutupan Rekening5.000 atau sebagai nilai sisa saldo jika di bawah 5.000 dan tidak aktif
Biaya Transaksi Debit2.500 per transaksi setelah transaksi ke-5
Biaya Akun Pasif1.000 per bulan sejak bulan ke-13
Biaya Cetak TransaksiGratis

Cara Membuka Tabungan BCA Anak

cara membuka tabungan anak BCA

Untuk membuka tabungan anak BCA, tentunya caranya sangat simple dan mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah untuk membuka tabungan anak BCA :

  • Pertama, siapkan syarat yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • Pergi ke bank BCA terdekat secara bersama (anak dan orang tua)
  • Setelah sampai, berikan informasi bahwa ingin membuka tabungan anak ke petugas pelayanan. Nantinya akan diarahkan dan disodorkan formulir, silahkan form tersebut diisi sesuai yang diminta
  • Jika sudah, nantinya akan dipanggil oleh petugas, dan ikuti instruksi yang diberikan
  • Setelah berhasil mendaftar, selanjutnya nasabah harus melakukan setoran awal di teller
  • Tunggu buka tabungaan dan kartunya jadi
  • Selesai!

Itulah langkah-langkah membuka tabungan anak melalui kantor cabang atau bank BCA.

Keuntungan Tabungan Anak BCA

keuntungan yang ditawarkan bagi nasabah junior

Tentunya tabungan anak BCA memiliki beberapa keuntungan yang ditawarkan bagi nasabah junior yang membuka tabungan, berikut keuntungan yang akan di dapatkan nasabah junior :

  • Biaya administrasi tidak sebesar tabungan umum; Dengan biaya administrasi yang tidak memberatkan, tentunya orang tua tidak perlu khawatir saldo akan habis karena besaran biaya admin.
  • Setoran awal minimal Rp5.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp1.000; seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, besaran saldo minimum yang harus disetorkan sangatlah tidak memberatkan. Bagaimana tidak? dengan minimal saldo 5 ribu rupiah, maka menabung akan semakin maksimal.
  • Buku tabungan dan kartu ATM atas nama anak; jika kamu berpikiran bahwa tabungan anak akan menggunakan nama orang tua, itu tidak tepat. Lebih tepatnya tabungan anak akan dinamai dengan nama anak itu sendiri.
  • Terdapat reward untuk anak 1 kali dalam setahun berupa uang maksimal Rp50.000 yang dibagikan melalui sekolah yang bekerja sama; tentunya ini menjadi keuntungan, bagaimana tidak? dengan adanya reward yang diberikan, maka akan meringankan sedikit kebutuhan sekolah.
  • Gratis perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah selama jangka waktu tabungan pendidikan; tentunya ini sangat menguntungkan. Jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan oleh anak atau orang tua, maka tabungan anak BCA bisa memberikan bantuan keringanan dalam bentuk asuransi jiwa yang gratis.

Tips Memilih Tabungan Anak BCA

tips memilih tabungan anak

Jika sobat ingin memilih atau membuka tabungan anak di rekening bank lain, sobat bisa nih simak tips-tips memilih tabungan bank anak agar lebih efektif, berikut ulasannya :

Pilih tabungan anak yang setoran awalnya kecil

Untuk memberikan keringanan terlebih menabung tabungan anak, pastinya harus mencari dan memperhatikan berapa setoran awal yang diminta. Sebisa mungkin, silahkan pilih setoran yang awalnya kecil dibandingkan dengan tabungan biasa atau lainnya.

Pilih jumlah setoran minimal yang tidak terlalu besar

Jika pada tabungan umum jumlah minimal setoran ditetapkan dan memiliki setoran minimal yang besar, maka tabungan anak jumlah setoran minimalnya akan lebih kecil. maka dari itu, ketahui terlebih dahulu berapa minimal setoran pada masing-masing bank, karena jika tidak tahu dan langsung membuka rekeningnya, khawatir di tengah waktu akan memberatkan.

Pilih yang biaya adminnya kecil 

Pada tabungan umum, tentunya ada biaya admin setiap bulan yang terpotong dalam jumlah yang lumayan. Nah di tabungan anak ini, kamu bisa kethui informasi terlebih dahulu berapa besaran biaya potongan perbulan dari tabungan anak. Kami sarankan, sebaiknya pilih tabungan anak di bank yang memiliki biaya admin kecil, atau bahkan pada beberapa bank besarannya 0 rupiah alias free.

Perhatikan suku bunga

Berbicara tentang suku bungan, pastinya sudah tidak asing lagi karena setiap bank memiliki aturan ketetapan suku bunga yang bervariasi. Nah suku bunga biasanya ada di tabungan umum. Untuk tabungan anak sendiri juga memiliki yang disesuaikan. Maka kami sarankan sebaiknya kamu memilih bank yang memiliki ketetapan suku bunga yang sesuai dengan kemampuan.

Desain viusal kartu ATM yang menarik 

Pastinya dengan visualisasi yang menarik dan keren, anak akan merasa tertarik dan kedepannya akan merasa keren dan bisa menjadi rajin menabung. Nah pada beberapa bank, desain kartu bisa memilih sendiri. Beberapa bank juga menetapkan desain kartu yang berbeda-beda setiap waktu.

Simak juga ulasan lainnya tentang Cara mudah membuka rekening BCA secara online dan Nomor call center BCA yang bisa membantu jika terdapat keluhan yang bisa sobat coba!

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang tabungan anak BCA yang bisa kami bagikan untuk sobat sebagai pertimbangan membuka tabungan anak. Bagaimana? sudah cukup jelas bukan? nah mengajarkan menabung apalagi sejak dini, maka si junior akan terbiasa untuk tidak boros dalam keuangan dan dapat mempersiapkan diri untuk masa depan. Demikian, semoga bermanfaat!

FAQ

Berapa minimal Usia Membuka Tabungan Pelajar BCA ?

Tabungan anak atau pelajar untuk yang sudah berumur minimal 12 tahun yang belum memiliki KTP namun ingin menabung di bank.

Berapa Nomor TLP Call Center BCA ?

Untuk mendapatkan informasi terkait produk BCA yang lebih jelas, sebaiknya Sobat menguhubungi call center BCA di no Halo BCA : 1500888

Adakah Call Center WhatsApp Halo BCA ?

Berdasarkan situs resmi BCA kami mendapatkan No resmi call center WhatsApp BCA. Simpan nomor resmi Bank BCA 0811 1500 998 di handphone dan pastikan ada logo verified saat membuka profile Bank BCA di WhatsApp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *