Huawei Rilis MatePad 11, Usung Spesifikasi Chipset Flagship Qualcomm dan HarmonyOS 2

  • Whatsapp
Huawei MatePad 11

Raksasa teknologi asal Tiongkok, Huawei dikabarkan akan meluncurkan MatePad 11. Perangkat ini memiliki tampilan layar dengan ukuran 11 Inci. Peluncuran itu dilakukan setelah mereka mengumumkan MatePad Pro 12,6 sebagai tablet pertama yang menggunakan HarmonyOS 2 dan MatePad Pro 10,8 inci yang didukung Qualcomm Snapdragon 870.

Sama seperti MatePad Pro 12,6, MatePad 11 akan diluncurkan pada bulan Juli dan sama-sama akan dilengkapi dengan prosesor Qualcomm. Namun bukan memakai Snapdragon 870 melainkan salah satu prosesor unggulan lain yakni Snapdragon 865. Dengan demikian, tablet ini akan menjadi  tablet pertama keluaran Huawei yang akan ditenagai oleh prosesor flagship Qualcomm. Ini tentu lebih unggul dari MatePad Pro 10.8  dengan Snapdragon 870 yang merupakan SoC kelas menengah.  MatePad 11 nantinya akan menjadi perangkat pertama yang menampilkan kombinasi chipset Qualcomm dan sistem operasi HarmonyOS 2 yang dikembangkan sendiri oleh Huawei.

Read More

Huawei sendiri masih dalam kondisi dilarang menggunakan teknologi milik perusahaan – perusahaan  AS sehingga tidak bisa mendapatkan pasokan chip baru dari Qualcomm atau pabrik semikonduktor lainnya yang menggunakan teknologi AS. Mereka kemungkinan akan menggali inventarisnya guna memuluskan pasokan MatePad 11..

Dari segi desain, bocoran render model menunjukkan bahwa MatePad 11 akan mengusung desain yang sama dengan MatePad Pro 12.6. Ini termasuk desain tampilan layar penuh tanpa bukaan di bagian depan serta kombinasi kamera ganda vertikal di bagian belakang. Huawei mengatakan MatePad versi 11 inci akan memiliki rasio layar-ke-tubuh yang sedikit lebih rendah. Frame yang dimiliki juga dikatakan sedikit lebih lebar dari versi 12,6 inci.

Namun, konfigurasi tampilannya dikatakan lebih bertenaga. Model ini akan mengemas resolusi 2K dan mendukung kecepatan refresh ultra-tinggi 120Hz, yang dapat menghadirkan pengalaman kontrol yang lebih mulus. Perangkat ini juga akan hadir dengan RAM 6GB serta dua varian penyimpanan 64GB dan 128GB. Keduanya diharapkan dapat diperluas. MatePad 11 kemungkinan tidak memiliki dukungan 5G.

Huawei juga dikabarkan akan merilis tiga perangkat lain dalam jaringan 4G, mereka dikeahui telah memasukan Mate 40 Pro 4G, Mate 40E 4G, dan Nova 8 Pro 4G dalam list presale di China. Sorotan utama dari model ini adalah kehadiran HarmonyOS 2 di ketiga model dimana perangkat – perangkat tersebut sebelumnya telah diluncurkan tahun lalu dengan dukungan koneksi 5G.

Huawei MatePad 11

Keputusan perusahaan untuk merilis versi 4G, bisa jadi kembali lagi karena permasalahan kekurangan chip yang disebabkan oleh embargo perdagangan. Perusahaan kemungkinan mengandalkan stok chip yang dibuatnya sebelum larangan itu berlaku.

Baca juga: Spesfikasi dan Harga Resmi Huawei MatePad T10s di Indonesia

Huawei Mate 40 Pro versi 4G dibekali prosesor Kirin 9000 yang disandingkan dengan RAM 8GB sementara ada opsi penyimpanan 128GB dan 256GB. Perangkat dijual mulai dari 6.099 yuan yang mana 400 yuan lebih murah daripada versi 5G. Di sisi lain, Mate 40E versi 4G dibekali dengan prosesor Kirin 990E yang didukung oleh RAM 8GB serta opsi penyimpanan 128GB dan 256GB. Mate 40E dipatok mulai dari 4199 yuan, juga 400 yuan lebih murah daripada versi 5G.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *