Reels Instagram Tidak Muncul

  • Whatsapp

Reels Instagram Tidak Muncul – Baru-baru ini pengguna Instagram dikejutkan dengan adanya fitur Reels yang cukup membuat pengguna Instagram merasa tidak asing dengan desainnya. Yup, fitur Reels sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat membagikan video pendek seperti pada aplikasi Tik Tok. Fitur Reels sendiri diluncurkan oleh Instagram di Indonesia pada beberapa hari yang lalu, tepanya pada 23 Juni 2021.

Raksasa Sosial media ini tidak ingin kalah dengan hype-nya aplikasi Tik Tok. Dengan adanya fitur Reels ini, muncul beragam respon dari pengguna. Ada yang merespon baik, karena fitur Reels dapat membantu pengguna untuk menjadi lebih kreatif lagi, ada pula yang merespon negatif dengan menyayangkan bahwa Instagram meniru Tik Tok.

Read More

Namun dibalik hal tersebut, nyatanya fitur Reels Instagram sendiri langsung diserbu untuk digunakan, terutama oleh akun-akun besar untuk membuat feeds-nya semakin menarik. Tidak sepenuhnya berjalan sempurna, beberapa pengguna mengeluhkan masalah karena fitur Reels tidak muncul di Instagram mereka. Nah, jika sobat salah satu orang yang mengalami hal serupa, jangan khawatir! Disini kami akan membagikan tips cara mengatasi Reels Instagram yang tidak muncul.

Baca juga: Cara Download Reels Instagram dengan Mudah.

Fungsi Reels

fungsi fitur reels pada Instagram

Tentunya peluncuran fitur baru oleh Instagram bukan tanpa alasan, kendati fitur tersebut dicap menyontek Tik Tok, namun fitur ini jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa keuntungan. Nah apa saja sih fungsi Reels pada Instagram? simak selengkapnya!

Sebagai Media Kreativitas

Jika sebelumnya pengguna Instagram berlomba-lomba dalam membuat filter, kini banyak dari mereka yang berlomba-lomba merealisasikan ide kreatifnya pada fitur Reels. Akun Zachking contohnya. Yup, akun yang membagikan video ilusi optik dan magic ini memanfaat fitur Reels untuk membuat videonya semakin maksimal.

Jika sobat orang yang senang membuat konten kreatif seperti Zachking atau Aulion, sobat bisa langsung mencoba fitur ini agar video kreasi soba semakin menarik dan berpotensi menambah followers!

Sebagai Media Promosi

Bukan hanya untuk promosi diri, namun fitur Reels juga dapat dimanfaatkan menjadi promosi produk. Bagi sobat enterpreneur, sobat dapat membuat produk lebih berkembang dan mendapat perhatian dari banyak orang. Yup jika sobat memanfaatkannya dengan baik fitur Reels, sobat akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Silahkan deh dicoba!

Menaikkan Insight

Instagram Insights sendiri merupakan tool analytics bawaan Instagram yang disediakan secara free. Untuk memperoleh Insights, akun Instagram sobat harus beralih ke profil bisnis. 

Nah di dalam Insights terdapat data terkait konten, demografi followers, hingga engagement yang bakal sangat membantu akun sobat. Informasi yang tersedia dapat sobat gunakan untuk memantau dan mengukur performa strategi marketing sobat yang kebetulan dijalankan di Instagram. Nah dengan adanya Reels ini, lalu sobat rajin berkreasi video Reels, maka algoritma akan membawa akun sobat menjadi berkembang dan menjangkau lebih banyak orang melalui Discover. Hal inilah yang diharapkan dengan adanya fitur tersebut.

Menambah Followers

Menambah followers merupakan seluruh keinginan setiap pengguna Instagram. Bagaimana tidak? jika akun sobat berisikan feeds, story dan Reels yang menarik, maka akun sobat akan mendapat banyak followers tanpa diminta. Pastikan sobat manfaatkan fitur keren ini ya!

Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul

Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul
image/TechCrunch

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi Instagram Reels yang tidak muncul di perangkat pengguna. Dengan begitu, kami akan membagikan tips untuk mengatasi fitur reels Instagram yang tidak muncul. Berikut cara mengatasinya:

Perbarui Instagram

Reels sendiri hadir sebagai fitur terbaru di Instagram. Jika fitur reels Instagram tidak muncul di Instagram sobat, bisa jadi fitur tersebut belum sobat unduh. Maka dari itu, sebaiknya sobat perbarui atau update Instagram melalui Google Play Store atau Apps Store bagi pengguna iOS. Jika sobat kesulitan karena harus mengunduh pembaruan terus secara manual, sobat bisa manfaatkan fitur auto-update di Google Play Store. Dengan fitur auto, maka pembaruan aplikasi akan dilakukan secara otomatis, dengan begitu maka sobat tidak akan ketinggalan update!

Atasi Reels Instagram Tidak Muncul Dengan Menghapus Cache Instagram

Tips lainnya jika Instagram reels tidak muncul walau sobat sudah mencoba cara sebelumnya, sekarang sobat bisa gunakan tips untuk menghapus Cache aplikasi Instagram. Cache sendiri merupakan memori sementara yang dihasilkan berkat foto atau video yang sobat akses sebelumnya. Nah, pada beberapa kasus, Cache bisa menyebabkan error atau bug pada aplikasi. Maka dari itu, silahkan sobat untuk menghapusnya.

Jika belum paham, silahkan sobat buka Settings di perangkat HP, setelah itu pergi ke menu “Apps Management”. Jika sudah masuk, maka akan ditampilkan berbagai aplikasi yang terinstall pada perangkat, silahkan sobat pilih aplikasi Instagram. Kemudian, klik Instagram dan gulir ke bawah lalu klik “data apps”. Maka akan muncul opsi clear cache beserta jumlah memori cachenya. Silahkan untuk sobat hapus! Login kembali ke Instagram dan cek apakah fitur Reels sudah aktif atau belum.

Atasi Reels Instagram Tidak Muncul Dengan Hapus Data Instagram

Tips untuk mengatasi reels tidak muncul yaitu sobat bisa menghapus data aplikasi Instagram. Jika menghapus Cache data tidak mempan, soba bisa hapus datanya langsung. Data-data Instagram berbeda dengan Cache, jika Cache bisa berisi sampah, maka Data Apps berisi data aplikasi Instagram itu sendiri. Nah untuk menghapusnya, sobat bisa masuk ke Settings di HP > Pilih opsi Apps Management > Pilih Aplikasi Instagram > Klik Data Apps > Clear Data. Maka data aplikasi Instagram akan terhapus.

Jangan risau, menghapus data tidak akan memunculkan masalah pada aplikasi atau perangkat, hanya saja nantinya akan me-logout semua akun yang ter-login di Instagram sobat. Silahkan sobat login kembali, dan nikmati fitur Reels terbarunya!

Restart HP

Biasanya setelah diperbarui atau disetel pengaturannya, sistem haruslah di ‘tidurkan’ sementara terlebih dahulu. Nah bagi sobat yang mengalami masalah tetap tidak muncul fitur reels Instagram setelah di utak-atik, silahkan untuk me-reboot atau restart perangkat.

Jika sudah menyala, buka kembali aplikasi Instagram, dan nikmati fitur Reels Instagramnya!

Atasi Reels Instagram Tidak Muncul Dengan Update Sistem HP

Nah tips terakhir bagi sobat yang mendapati masalah fitur Reels tidak muncul adalah dengan mencoba memperbarui atau update sistem HP sobat. Barangkali sistem operasi HP sobat masih menggunakan yang versi lampau, sehingga tidak mendukung fitur-fitur yang ada di aplikasi.

Untuk memperbarui sistem HP, caranya sangat mudah. Sobat hanya perlu pergi ke settings di HP > Pilih opsi About Phone > klik System > Update System. Silahkan deh sobat perbarui sistemnya, dan setelah berhasil memperbarui, silahkan buka kembali aplikasi Instagram untuk menikmati fitur Reels!

Simak juga ulasan lainnya tentang Mengatasi Instagram Yang Terus Berhenti dan Cara Memperbanyak Followers Instagram Dengan Menggunakan Aplikasi yang bisa sobat coba!

Cara Menggunakan Fitur Reels

cara menggunakan fitur reels Instagram

Untuk menggunakan fitur Reels sangatlah mudah. Pasalnya, mengoperasikan fitur ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan InstaStory. Jika tertarik, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di HP
  • Kemudian klik ikon Reels di tengah bawah (dahulu ikon plus)
  • Maka sobat akan masuk ke video-video reels akun lain
  • Nah untuk membuat Reels, silahkan sobat klik ikon Foto di pojok kanan atas
  • Setelah di klik, maka akan masuk proses pembuatan Reels. Nah disini sobat bisa membuatnya langsung, dengan menambahkan audio musik, mengatur waktu reels (minimal 15 detik, maksimal 30 detik), mengatur speed atau kecepatan video, menambahkan efek filter, menambahkan efek pemulus wajah, mengatur video layout, dan mengatur time untuk memulai video.
  • Selain membuat langsung, sobat juga bisa memilih video yang sudah jadi melalui galeri sobat. Caranya klik ikon galeri di pojok kiri bawah, dan pilih videonya. Video dari galeri juga bisa di edit seperti sebelumnya.
  • Upload video, maka video kreasi Reels akan tampil di feeds Instagram sobat!

Akhir Kata

Itulah fungsi Reels, cara mengatasi Reels Instagram yang tidak muncul di perangkat HP, dan cara mengoperasikan fitur Reels yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? sangat mudah bukan? dengan begini, sobat bisa maksimalkan kreatifitas sobat untuk membuat Instagram sobat semakin menarik!

Demikian, selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *