Tutorial Cara Mengisi Tanggal Lahir di SSCN

  • Whatsapp
Cara Mengisi Tanggal Lahir di SSCN

Cara mengisi tanggal lahir di SSCN secara sekilas terlihat mudah sekaligus sederhana. Kamu hanya perlu menentukan tanggal lahir lewat formulir tersedia, dan biarkan beberapa saat sampai datamu terverifikasi oleh sistem.

Padahal kenyataannya jauh lebih kompleks dari yang dibayangkan. Itu terbukti dari banyaknya orang yang gagal proses ini, meskipun mereka telah mengikuti serangkaian instruksi. Oleh karena itu, pahamilah dan ikuti cara mengisi kolom tanggal lahir di situs SSCN yang akan dibahas di bawah ini.

Read More

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengisi Tanggal Lahir di SCCN

Cara Mengisi Tanggal Lahir di SSCN

Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, supaya nantinya proses berjalan lebih lancar tanpa ada kendala sedikitpun, sebaiknya kamu persiapkan beberapa hal berikut ini terlebih dulu :

Validitas Data

Seringkali Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gagal dalam seleksi dokumen pribadi. Bukan karena adanya ‘permainan’ di belakang layar, tapi lebih ke data yang pelamar berikan tidak valid. Dengan indikasi adanya ketidaksesuaian data dengan yang tercatat dalam sistem, atau tidak lengkapnya identitasi diri yang dikirimkan.

Maka dari itu, pastikan kamu beri data yang valid ke sistem. Adapun cara mengetahuinya bisa melalui teknik manual, yaitu mengecek semua akta maupun identitas pribadi yang dimiliki dengan apa yang tercatat dalam sistem. Kamu juga bisa menggunakan cara online, yakni memasukan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke sebuah sistem dan periksa apakah aktif atau tidak.

Internet

Karena pendaftaran PNS akhir-akhir ini dilakukan secara online, maka siapkan internet sebaik mungkin. Entah itu dengan mengisi kuota data terlebih dulu dengan jumlah sesuai yang diharapkan atau mencari tempat yang sinyalnya bagus.

Tujuannya untuk menghindarimu dari kesalahan teknis, salah satunya adalah situs down sehingga kamu mesti mengisi ulang formulir pendaftaran. Kemudian data yang kamu isi sebelumnya tidak akan hilang bagaimana pun.

Penulisan Data

Saat mendaftar ke akun CPNS, salah satu yang dinilai adalah sebaik apa kamu menuliskan data pribadi. Semakin sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), semakin baik pula nilai yang kamu miliki. Maka dari itu, pastikan menulis data dengan benar.

Sekiranya kamu masih kebingungan perihal penulisan data, baca dulu tata bahasa Indonesia. Bisa juga lewat berbagai artikel yang tersedia internet atau yang lainnya. Lebih baik jika kamu membaca buku pedoman bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh lembaga setempat.

Cara Mengisi Tanggal Lahir di SSCN

Apabila kamu telah menyiapkan beberapa hal sebagaimana disebutkan di atas, langsung ikuti langkah-langkah cara mengisi tanggal lahir di SSCN berikut ini :

  1. Masuk ke website SSCN. Adapun link-nya adalah https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.
  2. Ketikan alamat email dan password akun.
  3. Sehabis itu, kamu harus melakukan foto.
  4. Jika sudah, masuklah ke bagian biodata.
  5. Masukan biodata seperti yang tertera pada dokumen pribadi semisal ijazah atau kartu keluarga (usahakan sesuai ejaan).
  6. Jangan lupa masukan tempat tinggal yang sedang ditempati sekarang.
  7. Masukan juga tanggal lahir lengkap dengan kotanya.
  8. Untuk mempermudah penyebaran informasi diterima atau tidaknya, masukan juga akun sosial media masing-masing.
  9. Terakhir, lengkapi kolom captcha dengan benar.

Tips Atasi Cara Mengisi Tanggal Lahir di SSCN yang Gagal

Seringkali kolom tanggal lahir tidak muncul pada layar perangkat. Biasanya karena situs tidak mampu memproses perintah dari para pengakses. Barangkali juga ada sedikit gangguan teknis dari sistem yang dibangun. Sehingga membuat kamu kesal dan enggan mendaftarnya lagi.

Padahal seharusnya kamu tidak harus kesal terhadap hal demikian. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi permasalahan tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

Refresh Website Sebanyak Mungkin

Website penerimaan pegawai negeri sipil biasanya dikunjungi oleh jutaan orang setiap harinya. Maka dari itu, wajar saja bila situs tidak dapat terakses sebagaimana mestinya. Paling lumayan adalah waktu memuatnya lama sekali.

Untuk mengatasi hal demikian, cukup refresh halaman situs sesering mungkin. Apabila tetap tidak berhasil, cobalah akses situsnya tatkala malam hari. Lebih tepat sekitar jam-jam di mana pengguna lain sedang tertidur lelap.

Klik Kolom Tanggal Lahir Dua Kali

Sekiranya situs dapat terakses kembali, kamu harus klik kolom tanggal lahir sebanyak 2 kali. Ulangi cara ini sebanyak mungkin sampai kalender untuk menentukan tanggal muncul pada layar perangkatmu.

Kalau masih belum muncul, gunakan cara pertama yaitu refresh halaman situs sampai berulang kali. Bisa juga mengakses kembali situs tersebut pada malam atau menjelang subuh. Dengan resiko, kamu harus mengisi ulang semua pertanyaan yang ada di dalam formulir.

Ubah Setelan Kalender Manual

Dalam beberapa formulir pendaftaran yang disediakan pemerintah untuk tes ASN, kalender tanggal lahir ditentukan secara otomatis. Artinya tatkala kamu memasukan nomor NIK KTP, maka bagian tersebut langsung terisi.

Nah itulah yang terkadang membuat sistem berjalan sangat lambat, mengingat sistem mesti memasukan sekaligus melakukan verifikasi terhadap NIK yang dimasukan sebelumnya. Kemudian menampilkan usia si pelamar secara otomatis.

Sehingga untuk menanggani hal tersebut, ubah setelan kalender dari otomatis ke manual. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik simbol kalender pada kolom tanggal lahir.
  • Di bagian atas akan muncul tanggal, bulan, dan tahun saat kamu mengakses situs tersebut.
  • Jika kamu ingin mengatur tahun, pilih bagian TAHUN. Lalu ketik tahun berapa kamu lahir.
  • Lakukan hal yang sama seperti di atas untuk mengatur tanggal dan bulan.

Hubungi Costumer Service

Selayaknya perusahaan, hampir semua situs milik pemerintah memiliki Costumer Service-nya sendiri. Ini berguna untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepada rakyat, dan mengatasi kendala yang rakyatnya derita seperti dalam mendaftar tes cpns.

Nah kalau kamu mengalami kendala saat pendaftaran, termasuk pula tidak munculnya kolom tanggal lahir di formulir. Hubungilah kontak CS yang tersedia pada bagian bawah situs, bisa itu lewat alamat email, telepon, maupun fax.

Namun dari ketiga hal di atas, pilihlah telepon langsung. Alasannya agar lebih cepat direspon oleh pihak costumer service. Kemudian semua permasalahan yang diderita dapat tersampaikan dengan baik, tanpa harus mengetik banyak kata terlebih dulu.

Baca Juga : Cara Cek KTP Via Internet dengan Cepat dan Mudah

Pakai Orang Ketiga

Ada kalanya saat kamu minta tolong ke orang ketiga, semua dapat berjalan dengan sangat lancar. Termasuk kalender yang tiba-tiba muncul pada formulir pendaftaran. Oleh karena itu, cobalah minta ke teman atau keluarga dekat untuk bantu atasi tidak munculnya kolom tanggal lahir.

Memang dalam tes cpns, memasukan biodata termasuk tanggal lahir adalah hal yang terlihat sepele. Padahal aslinya sangatlah penting, bahkan menjadi penentu lolos atau tidaknya seseorang saat tes administrasi berlangsung. Maka dari itu, kamu harus paham tentang bagaimana cara mengisi tanggal lahir di SSCN dengan benar beserta hal yang dipersiapkan dan tips supaya tidak ada gangguan sama sekali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *