Cara Download Akreditasi Kampus Untuk Mendaftar Jadi PNS

  • Whatsapp
Cara Download Akreditasi Kampus

Mengetahui cara download akreditasi kampus merupakan hal yang penting, khususnya bagi kamu yang ingin mendaftar jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Pasalnya, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah menyertakan sertifikat akreditasi kampus tempat kamu kuliah dahulu.

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, menjadi PNS merupakan impian keumuman masyarakat Indonesia. Biasanya selepas kuliah, mereka berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian CPNS. Kamu mungkin termasuk salah satu dari mereka.

Read More

Untuk mendapatkan sertifikat akreditasi kampus bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu mengunjungi tempat kuliah dulu, karena biasanya pihak kampus menyediakan salinan akreditasi tersebut. Begitu kamu meminta, mereka akan memberikannya. Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi untuk mendapatkannya.

Apa Itu Akreditasi Kampus?

Cara Download Akreditasi Kampus

Perlu diketahui bahwa akreditasi kampus merupakan penilaian suatu lembaga atau standar mutu yang ditetapkan oleh kampus atau lembaga luar yang independen. Jadi, akreditasi ini merupakan proses penilaian atau evaluasi yang bersifat komprehensif, sebagai bentuk komitmen sebuah perguruan tinggi terhadap kapasitas maupun mutu dalam penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi,  

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa akreditasi merupakan dasar penentu untuk menilai kelayakan sebuah satuan maupun program pendidikan. Nantinya akreditasi dilakukan oleh tim asesor yang memang merupakan pakar di bidang pengelolaan perguruan tinggi, yang mana biaya sepenuhnya untuk kegiatan tersebut ditanggung oleh pihak pemerintah.

Pihak Pemberi Akreditasi Kampus

Saat ini pemberian akreditasi hanya bisa dilakuan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Lembaga tersebut merupakan satu-satunya yang mendapatkan wewenang dari Kemenristekdikti untuk memberikan akreditasi kepada seluruh kampus atau perguruan tinggi di tanah air, baik negeri maupun swasta di Indonesia.

BAN-PT sudah berdiri sejak tahun 1994 dan mendapatkan wewenang untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan paradigma baru dalam tata cara pengelolaan pendidikan tinggi, serta bagaimana cara untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi beserta cara pengelolaan institusi secara efisien dan keberlanjutan. Dasar hukum yang digunakan oleh BAN-PT untuk menjalankan kewenangannya mengacu pada  UU no. 12 tahun 2012 Pendidikan Tinggi Permendikbud no. 59 tahun 2012 yang berkaitan dengan  Badan Akreditasi Nasional.

Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

Untuk Mendapatkan Proyek

Perlu diketahui bahwa perguruan tinggi memperoleh akreditasi A bisa mengajukan diri untuk mendapatkan proyek bagi lembaganya dengan nilai yang bahkan bisa mencapai miliaran rupiah. Nilai yang bisa didapatkan bahkan jauh berbeda dengan nilai proyek yang bisa didapatkan oleh perguruan tinggi dengan akreditasi B atau C.

Akreditasi sebagai Daya Tarik Mahasiswa Baru

Keberadaan nilai akreditasi yang dimiliki oleh sebuah kampus atau perguruan tinggi merupakan daya tarik bagi calon mahasiswa. Hal ini merupakan fakta yang tidak bisa dipungkiri. Umumnya, mahasiswa hanya akan memilih kampus  yang memiliki akreditasi tinggi. Biasanya calon mahasiswa akan melakukan pengecekan hal tersebut terlebih dahulu.

Tidak heran jika kampus yang mendapatkan akreditasi A lebih memiliki banyak peminat dibandingkan yang berakreditasi B atau C. Tidak heran jika pihak kampus berlomba-lomba meningkatkan mutu dan kualitas lembaga pendidikan mereka agar bisa mendapatkan akreditasi A. Dengan demikian, diharapkan banyak mahasiswa yang mendaftar di kampus tersebut. Jika kampus memiliki banyak mahasiswa, tentu saja perkembangan kampus tersebut akan lebih cepat.

Mempermudah Lulusan dalam Dunia Kerja

Manfaat akreditasi kampus juga bisa dirasakan oleh alumni atau lulusan perguruan tinggi. Terutama jika alumni tersebut ingin mendaftarkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau sekedar ingin bekerja di lembaga-lembaga swasta. Bahkan, hampir semua lembaga atau perusahaan saat ini sudah menjadikan akreditasi kampus maupun prodi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi saat ingin melamar kerja.

Oleh karena itu, biasanya pihak kampus akan memberikan salinan atau fotocopy akreditasi kepada para lulusannya. Jika kebetulan alumni atau lulusan kampus tersebut belum mengambilnya, tinggal datang saja ke kampus tempat kuliahnya dulu dan meminta akreditasi tersebut.

Cara Download Akreditasi kampus

Cara download akreditasi kampus bagi kamu yang membutuhkannya sangatlah mudah. Jika belum pernah melakukannya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, akses terlebih dahulu website kampus anda. Jika memang setiap fakultas tempat kuliah kamu memiliki website khusus, maka cobalah akses web fakultas itu.
  • Setelah membuka website tersebut, nantinya kamu akan diarahkan menuju menu utama dari website tersebut. Perhatikan kata akreditasi atau sertifikat pada menu utama website yang terletak di bagian atas.
  • Setelah menemukan kata tersebut, lanjutkan dengan mengkliknya. Setelah itu, langsung saja download sertifikat akreditasi yang kamu perlukan.
  • Biasanya sertifikat akreditasi untuk jurusan yang kamu download berupa file PDF. Dengan begitu, kamu bisa mencetaknya kapanpun.
  • Rata-rata kampus atau perguruan tinggi sat ini sudah menyediakan sertifikat akreditasi jurusan berupa soft copy. Dengan begitu, kapanpun alumni kampus tersebut bisa mendownloadnya saat dibutuhkan.

Jika kamu tidak mengetahui alamat website kampus maupun jurusan tempat kuliahmu dahulu, manfaatkan saja Google untuk mendapatkan alamatnya. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka browser yang sering kamu gunakan di laptop, PC, atau smartphone kamu.
  • Selanjutnya kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci ‘format sertifikat akreditasi jurusan’ [nama jurusan kamu + nama kampus kamu]. Misalnya : Sertifikat akreditasi jurusan teknik mesin + UNHAS Makassar.
  • Nantinya Google akan menampilkan hasil pencarian. Pilih saja hasil pencarian yang paling cocok. Buka saja satu per satu hasil pencarian yang ada. Dengan begitu, kamu bisa memilih mana yang paling cocok dengan apa yang dicari.
  • Setelah mengklik link yang muncul di halaman pencarian, kamu akan diarahkan ke website yang ada.
  • Selanjutnya, tinggal cari laman download sertifikat akreditasi BAN PT nya.
  • Setelah menemukannya, tinggal download berdasarkan jurusan dan tahun kapan kamu kuliah.
  • Biarkan proses download berjalan hingga selesai.
  • Selesai.

Jika kamu melakukan langkah-langkah cara download akreditasi kampus di atas dan tidak terjadi kesalahan, niscaya kamu bisa mendownload akreditasi tersebut dengan mudah.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Dapodik Lengkap dengan Cara Mengunduh dan Fitur Update-nya

Cara Cek Akreditasi Kampus di Situs BAN-PT

Jika kamu ingin mengecek akreditasi kampus tertentu, baik kampus negeri maupun swasta, maka kamu bisa langsung melakukan pengecekan melalui situs banpt.or.id. Informasi akreditas yang tersajikan di situs tersebut akurat karena merupakan situs resmi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).  Untuk melakukan pengecekan, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, klik url di atas.
  • Selanjutnya akan muncul laman situs tersebut.
  • Scroll ke bagian bawah, cari pilihan institusi untuk melihat akreditasi kampus.
  • Bisa juga kamu pilih program studi jika ingin melihat hasil akreditasi dari prodi.
  • Lanjutkan dengan mengetikkan nama kampus yang ingin kamu cek akreditasinya.
  • Nantinya akan muncul akreditasi, mulai dari nomor SK, masa berlaku, serta nilainya.
  • Jika kamu ingin melakukan pengecekan akreditasi prodi, ketikan saja nama kampus serta program studinya.

Demikianlah informasi mengenai cara download akreditasi kampus dan hal-hal lainnya seputar akreditasi. Semoga kamu tidak kesulitan lagi untuk mendownload akreditasi kampus ketika membutuhkannya.

FAQ

Apa itu Akreditasi Kampus ?

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *