Gadget  

HMD Rilis Nokia XR20 HP Tahan Banting

Nokia XR20

Hmd Global sebagai pemegang lisensi Nokia bakal segera merilis seri Nokia terbaru daalam Nokia XR20. Ponsel yang mengandalkan kekuatan fisik ini akan menghadirkan konektivitas 5G dan mulai dijual pada bulan Agustus mendatang. Tak hanya memiliki fisik yang kuat, Nokia XR20 juga memiliki jaminan perangkat lunak yang baik, diluncurkan dengan Android 11 Nokia menjanjikan tiga tahun peningkatan OS dan empat tahun pembaruan keamanan bulanan.

Dalam aksi untuk membuktikan betapa tangguhnya XR20, Nokia memberikan ponsel tersebut kepada pemain sepak bola terkenal Roberto Carlos dan Lisa Zimouche untuk menendang, menyepak, dan membalik ponsel di berbagai permukaan dan kondisi.

Spesifikasi dari Nokia XR20 yang menjadi pondasi fisik yang kuat antara lain rating IP68 yang dapat bertahan di dalam air sedalam 1,5 meter dalam jangka waktu hingga satu jam, juga ada standar MIL-STD 810H yakni kemampuan bertahan dalam suhu dari 55° C hingga -22° C dan perlindungan ketika jatuh dari ketinggian hingga 1,8 meter. Semuanya itu masih ditambah oleh Gorilla Glass Victus yang akan melindungi layar dari goresan.

Nokia XR20
image credit (Nokia)

Dari sisi spesifikasi hardware ponsel ini kelihatannya tidak berada dalam posisi untuk menantang ponsel lain di segmentasi kelas menengah seperti Samsung A52 5G atau Pixel 4A. Ponsel ini mengusung chipset Snapdragon 480 yang dipadukan dengan varian penyimpanan tunggal  6GB RAM  dan 128GB penyimpanan internal untuk penjualan di AS. Di Inggris, varian ini bakal memiliki banderol harga £449 atau Rp 8,9 juta di Inggris, di mana opsi penyimpanan yang lebih kecil yakni RAM 4GB / 64GB juga akan tersedia seharga £399 atau sekita Rp 8 juta.

Nokia XR20 menampilkan LCD Full HD+ 6,67 inci dengan kecepatan refresh layar 60Hz dan kecerahan maksimal 550 nits. Layar ini juga mendukung input sentuh bahkan dengan tangan dan sarung tangan basah, menggambarkan segmentasi yang akan diincar oleh ponsel ini. Ada pengaturan double camera dengan sensor utama 48 MP f/1.79 yang ditemani dengan 13 MP f/2.4 sensor ultrawide with ZEISS optics dan dual-LED flash. Perangkat ini bakal didayai oleh baterai 4.630mAh yang didukung pengisian nirkabel Qi.

Di kesempatan yang lain Nokia juga telah meluncurkan remake dari Nokia 6310 dengan nama yang sama. Seperti tipikal remake Nokia, ini adalah ponsel murah, kecil, basic yang terlihat seperti aslinya namun telah mengalami pembaruan agar lebih relate ketika digunakan di zaman sekarang.

Dari segi spesifikasi, Nokia 6310 memiliki layar 2,8 inci dengan tepian melengkung, keypad numerik, RAM 8MB, penyimpanan 16MB yang tentu saja dapat diperluas hingga 32GB melalui slot  kartu microSD, kamera belakang 0,3 megapiksel, dan radio FM. Satu hal menarik tentang ponsel sesederhana ini adalah baterainya yang 1.150mAh yang diklaim dapat bertahan selama seminggu mirip seperti yang ada pada 6310 asli.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Nokia 7.1 di Indonesia.

Mereka juga sebelumnya telah merilis Nokia C30 yang merupakan ponsel Android kelas entry-level yang berjalan diatas Android Go dengan layar 6,82 inci, kamera belakang 13 MP, kamera selfie 5 MP, RAM 2 GB, dan penyimpanan 32 GB. Sama seperti 6310 yang menaik dari ponsel ini adalah baterai 6.000 mAh, yang akan membuat ponsel tetap berjalan selama tiga hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.