Inilah Daftar Aplikasi Penambah RAM Tanpa Root

  • Whatsapp
Alikasi Penambah RAM

Aplikasi Penambah RAM – Salah satu keluhan yang paling banyak dirasakan oleh para pengguna Android adalah semakin melambatnya kinerja sistem yang ada pada perangkat Androidnya tersebut.Umumnya, kinerja ponsel yang semakin melambat dipengaruhi oleh umur atau masa penggunaannya. Namun, penyebab lain yang juga cukup besar pengaruhnya adalah karena penyimpanan RAM yang sudah penuh.

Kondisi dimana ponsel menjadi lambat atau lag umumnya didapatkan pada saat terlalu banyak menggunakan aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Banyaknya aplikasi yang berjalan dapat membuat penyimpanan RAM pada ponsel juga semakin berkurang. Kapasitas RAM yang sudah tidak memadai sangat mampu mempengaruhi kinerja dari sistem Android itu sendiri.

Read More

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah RAM dalam keadaan penuh sebagai upaya menjaga kinerja hp agar tetap stabil. Agar lebih lengkapnya mengenai hal-hal tersebut, berikut adalah ulasan seputar bagaimana pengaruh RAM terhadap kinerja ponsel serta aplikasi penambah RAMapa saja yang bisa digunakan.

Sekilas Tentang Random Access Memory (RAM)

Alikasi Penambah RAM

RAM merupakan salah satu tipe hardware pada smartphone yang berfungsi untuk mengolah sebuah proses/task. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan untuk melakukan sebuah task, maka kapasitas RAM juga akan semakin terpakai. Oleh karena itu, kelancaran suatu kinerja smartphone akan sangat dipengaruhi oleh kondisi RAM yang ada. Di mana semakin kecil sisa ruang pada RAM dapat berakibat pada melambatnya sistem operasi yang berjalan pada ponsel hingga menyebabkan sistem menjadi lambat, lag, bahkan crash.

Tak hanya aplikasi yang berjalan saja yang akan terhitung sebagai bagian yang mengisi ruang pada kapasitas RAM, namun setiap aplikasi yang tertanam di dalam smartphone-mu pasti akan selalu membutuhkan ruang penyimpanan RAM. Oleh sebab itu, ruang penyimpanan RAM tidak akan selalu bisa dikosongkan dengan wajar. Kamu juga sangat perlu memperhatikan aplikas-aplikasi apa saja yang tidak begitu perlu kamu gunakan, sebab semakin banyak aplikasi yang diinstall di smartphone, kapasitas penyimpanannya juga akan semakin berkurang.

Perlu diketahui juga bahwa RAM adalah komponen fisik dari perangkat smartphone yang tidak bisa ditambahkan secara fisik layaknya berbagai jenis hardware lainnya yang biasa kamu gunakan. Oleh sebab itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengelola RAM secara efisien selama penggunaan ponsel.

Karena tidak dapat ditambahkan secara fisik, sebenarnya ada cara lain yang bisa digunakan untuk mentaktisi kapasitas RAM yang selalu penuh ini, yaitu dengan membuat RAM virtual dari jenis penyimpanan lain yang ada di smartphone-mu. Namun menempuh metode satu ini cukup merepotkan bagi beberapa pengguna, sebab beberapa aplikasi penambahRAMyang tersedia di Google Play Store selalu meminta root access terlebih dahulu kepada penggunanya.

Aplikasi Penambah RAM

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, RAM pada smartphone pada dasarnya tidak dapat diperbaharui secara fisik layaknya memori penyimpanan lain, seperti memori eksternal atau SD Card, yang dapat diperbaharui besaran kapasitasnya. Namun ada trik lain yang bisa digunakan dalam hal ini, yaitu penambahan RAM secara virtual. Penambahan RAM virtual ini artinya pengguna akan memanfaatkan aplikasi penambah RAM yang dapat diunduh terlebih dahulu di ponselnya.

Hanya saja, ada berbagai permasalahan yang kian dieluhkan oleh beberapa pengguna, yakni beberapa aplikasi-aplikasi tersebut kian mewajibkan penggunanya untuk melakukan root access terlebih dahulu di ponselnya. Langkah-langkah yang terbilang cukup merepotkan bagi beberapa orang. Namun jangan khawatir, karena ternyata ada beberapa aplikasi penambah RAM yang bisa digunakan tanpa harus melalui langkah root ponsel tersebut, di antaranya yaitu:

4 GB RAM Memory Booster

Menggunakan aplikasi penambah RAM bukan berarti benar-benar menambahkan kapasitas ruang penyimpanan pada memori RAM kamu. Seperti halnya ketikan menggunakan aplikasi 4 GB RAM Memory Booster ini, bukan berarti kapasitas RAM yang ada di perangkatmu akan bertambah sebanyak 4 GB. Besarnya kapasitas RAM yang ada di ponselmu akan tetap sama seperti waktu pertama kali kamu beli. Hanya saja, menggunakan aplikasi semacam ini dapat lebih mengoptimalkan jumlah RAM di dalam perangkat.

Pemasangan aplikasi ini di ponsel dapat membebaskan RAM dengan cara membunuh task yang berjalan di background hanya dengan satu kali klik. Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan aktivitas seperti menunjukkan informasi perangkat dan memori/CPU, mematikan aplikasi yang tidak penting untuk menghemat pemakaian baterai, dan sebagai quick uninstaller.

Salah satu kelebihan lain dari aplikasi ini, yaitu memiliki User Interface (UI)yang cukup sederhana dan intuitif. Dimana cukup dengan membuka aplikasinya, kamu sudah bisa mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Kemudian pada daftar aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa menghentikan proses beberapa aplikasi yang tidak diinginkandengan menghilangkan centangnya, lalu menekan bagian ‘1-click ‘SpeedUp’ untuk menutup atau merestart program aplikasi bersangkutan.

Smart Booster Pro

Aplikasi penambah RAM dengan UI yang intuitif dan mudah dioperasikanini juga kerap menjadi favorit beberapa orang. Aplikasi Smart RAM Booster ini dapat digunakan oleh pengguna Android dalam membebaskan kapasitas RAM yang sudah terlalu sesak setelah melakukan suatu task tertentu, misalnya melakukan browsing dalam waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan aplikasi ini, beberapa kendala seperti lag akibat kekurangan memori dapat disingkirkan, yakni dengan cara mematikan beberapa macam aplikasi yang sedang berjalan di background.Kelebihan utamanya, yaitu aplikasi ini telah menghadirkan fitur auto-boost 4 level, dengan performa yang lebih aggresive, gentle, medium, dan strong.

Pada dasarnya, fungsi semacam ini sudah dapat diperoleh melalui Task Manager bawaanperangkat Androidmu. Hanya saja fitur tersebut hanya bisa membunuh task berprioritas rendah, sedangkan high priority task aka ditinggalkan sebagaimana adanya. Oleh karena itu, kehadiran aplikasi RAM Booster ini bisa membantu menyeleksi dan menyortir aplikasi mana yang kurang penting pada ponsel dan menghentikan prosesnya.

Baca Juga : Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Memory Booster – Memory Optimizer, Speed Booster

Sama saja dengan aplikasi penambah RAM lainnya yang telah dibahas, aplikasi satu ini juga dirancang untuk membantu kinerja RAM agar tetap optimal. Hanya saja, ada beberapa fitur tambahan yang dihadirkan dalam aplikasi Memory Booster ini, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Auto Boost (tersedia di pro version)
  2. Cache Cleaner
  3. Task Killer
  4. Real-time RAM usage
  5. System info
  6. Whitelist/Ignore list
  7. Garbage Collector

Secara ringkasnya, fitur-fitur tambahan di atas mampu menjalankan beberapa fungsi, seperti membunuh task yang sedang berjalan, membersihkan file sampah, menunjukkan jumlah memori bebas secara real-time, hingga memberikan panduan grafik yang menginformasikan mengenai perubahan jumlah memori bebas yang terjadi.

Intinya, aplikasi penambah RAM satu ini mampu memperlihatkan informasi seberapa banyak jumlah memori bebas yang tersedia yang dapat membantu kelancaran sistem smartphone berjalan .Setidaknya aplikasi ini menyediakan beberapa opsi booster, yakni Ultimate, Optimum, dan General boost. Masing-masing opsi ini akanaktif dalam interval tertentu, atau bila jumlah memori drop pada level tertentu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *