Xiaomi Mi Pad 5 vs Mi Pad 5 Pro, Perbandingan Spesifikasi dan Harga

  • Whatsapp
Mi Pad 5 vs Mi Pad 5 Pro

Xiaomi memutuskan untuk kembali menghidupkan produk tablet  mereka dengan mengeluarkan dua model baru sekaligus yakni Xiaomi Mi Pad 5 dan Xiaomi Mi Pad 5 Pro. Kedua tablet itu merupakan dua varian tablet kelas flagship dari seri yang sama. Berada dalam seri yang sama akan menimbulkan potensi kebingungan bagi calon pembeli, apakah lebih baik memilih versi sandard yang lebih murah atau merogoh kocek lebih dalam untuk varian Pro. Dari perbandingan yang akan difokuskan pada perbedaan spesifikasi antar keduanya berikut mungkin bisa menjawab mana perangkat yang lebih baik dibeli sesuai kebutuhan Anda.

Desain Mi Pad 5 vs Mi Pad 5 Pro

Mi Pad 5 vs Mi Pad 5 Pro

Kedua tablet mengusung desain yang sama persis : batas datar yang menyerupai iPad terbaru, rasio layar terhadap bodi yang tinggi dengan layar yang menutupi lebih dari 80% sisi bagian depan, juga desain unibody aluminium yang lazim digunakan pada kebanyakan tablet premium.

Read More

Kedua perangkat sangat tipis dengan ketebalan 6,9 mm yang dimiliki dan juga cukup ringan. Xiaomi Mi Pad 5 dan 5 Pro memiliki dukungan pena serta keyboard magnetik, dan  meskipun keduanya bukan tablet yang paling mahal, Xiaomi memiliki komitmen pada desain keduanya.

Layar

Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro menampilkan panel IPS salah satu hal yang mungkin kurang disukai pengguna karena dengan layar ini, pengguna tidak mendapatkan warna cerah seperti yang disediakan oleh panel OLED. Meski begitu, nyatanya Xiaomi memberikan panel IPS yang luar biasa dan bukan yang rata-rata. Panel ini mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan kecepatan refresh hingga 120 Hz, sertifikasi HDR10, berkat dukungan Dolby Vision. Ukuran layarnya adalah 11 inci yang sangat nyaman untuk pekerjaan sehari – hari. Jika pengguna menggunakan keyboard maka perangkat ini dapat berubah menjadi sebuah laptop mini.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Perbedaan paling kentara pada Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro bukanlah pada sisi kinerja prosesor, namun pada sisi konektivitas. Varian Pro hadir memiliki dukungan konektivitas 5G sementara varian standard Mi Pad 5 bahkan tidak memiliki konektivitas 4G atau 5G.

Versi standard dipacu dengan chipset Snapdragon 860 yang tentu saja merupakan prosesor kelas atas. Sedang versi Pro mengusung Snapdragon 870 yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 865, dipadu dengan 8 GB RAM dalam varian paling mahal berbanding hanya 6 GB yang disediakan oleh versi standard. Kedua tablet berjalan diatas Android 11 yang dikostumisasi oleh MIUI 12.5.

Kamera Mi Pad 5 vs Mi Pad 5 Pro

Varian 5G dari Xiaomi Mi Pad 5 Pro memiliki kamera utama 50 MP yang mampu merekam video 4K, yang terbaik dikelasnya. Lensa 50 MP itu didukung sensor kedalaman 5 MP sekunder yang berguna untuk efek bokeh. Varian non-5G dari Mi Pad 5 Pro memiliki sensor utama 13 MP yang lebih rendah dari varian 5G yang disebutkan di atas, namun dipasangkan dengan sensor kedalaman 5 MP yang sama. Di lain sisi, Mi Pad 5 juga membawa kamera 13 MP, namun tidak mendapatkan dukungan sensor kedalaman 5 MP. Kedua vaian menampilkan kamera depan 8 MP yang mampu merekam video 1080p.

Baca juga : OPPO Reno6 Pro 5G vs Vivo X60 Pro, Perbandingan Spesifikasi dan Harga.

Baterai

Xiaomi Mi Pad 5 memiliki baterai yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 8720 mAh berbanding 8600 mAh yang mendayai varian Pro. Ini kebalikannya dari pengisian cepat yang didapat dimana Mi Pad 5 mendukung pengisian cepat 33W yang lebih kecil dibanding  varian Pro yang mendukung 67W.

Harga

Xiaomi Mi Pad 5 memiliki label harga mulai dari €260 atau sekitar Rp 4,3 juta sementara varian Pro dibanderol €330 atau sekitar Rp 5,5 juta  untuk membeli model paling dasar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *