Kenapa Instagram Tidak Bisa Login, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Instagram tidak bisa login

Ada banyak yang bertanya kenapa Instagram tidak bisa login? Tentu saja ini adalah hal yang cukup krusial, apalagi jika sobat sudah punya follower yang cukup banyak tentu akan panik jika menghadapi masalah seperti ini.

Tapi tenang saja, jika sobat mengalami instagram tidak bisa login, sobat bisa mengikuti tips yang akan kami berikan di halaman ini.

Sebenarnya, ada banyak kendala yang dihadapi oleh pemilik Instagram, termasuk tidak bisa login, tidak bisa dibuka dan kesalahan error dengan notifikasin “Maaf Terjadi Masalah Pada Permintaan Anda”.

Berikut ini kami akan menjabarkan cara mengatasi dan kenapa sih Instagram tidak bisa login secara lengkap.

Cara Atasi Instagram Tidak Bisa Login

Instagram Tidak Bisa Login

Sebenarnya untuk mengatasi masalah instagram tidak bisa login cukup mengganti kata sandi. Itu adalah cara termudah yang tidak memakan waktu lama. Apabila hal tersebut tidak efisien, kamu bisa mencoba cara-cara ini :

Reset Password

Ada beberapa sebab kenapa kamu tidak bisa masuk lagi ke akun sendiri. Salah satunya adalah kelupaan kata sandi. Maka dari itu saat membuat akun, kata  sandi yang dibuat harus kuat, dan ingat sebaik mungkin supaya tidak ada permasalahan ke depan.

Sekiranya lupa, kamu bisa kok mengganti secara langsung. Tentu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah :

Berikut adalah langkah untuk reset password Instagram untuk mengatasi tidak bisa login.

  1. Buka Aplikasi IG

    Sobat bisa buka aplikasi Instagram

  2. Dapatkan Bantuan untuk Masuk

    Di halaman login, silahkan klik dapatkan bantuan untuk masuk tepatnya ada di bawah kotak login.

  3. Masukan Email

    Selanjutnya akan disuguhkan pilihan untuk membantu memulihkan, Sobat pilih dengan nama pengguna atau dengan email. karena sobat lupa nama pengguna silahkan pilih email dengan catatan Sobat memiliki akses email tersebut karena nantinya pihak instagram akan mengirimkan link untuk mengatur ulang kata sandi.

  4. Buka Email

    Silahkan buka email dan cari email terbaru dari instagram untuk mengikuti instruksi yang diberikan Instagram.

  5. Atur Kata Sandi

    Selanjutnya atur ulang kata sandi untuk login instagram. Jika sudah selesai coba untuk login ke dalam instagram.

Cache yang Dibersihkan

Cache berguna untuk menyimpan data dari setiap kegiatan yang kamu lakukan di Instagram. Namun apabila terlalu banyak itu sangat mengganggu, mengingat bakal menguras tenaga ponsel untuk memproses aplikasi lain.

Oleh karena itu jika instagram tidak bisa login, kamu harus menghapus cache aplikasi tersebut. Bagaimana caranya ? ikuti langkah berikut :

  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Instagram
  • Saat informasi aplikasi muncul, klik Hapus Cache
  • Tunggu beberapa saat sampai selesai
  • Terakhir, kalau kamu mau hapus memori juga, tinggal klik Memori > Hapus

Re-Instal Instagram

Kedua cara di atas sebenarnya mampu mengatasi masalah akun yang tidak dapat login. Sekiranya masih belum bisa, kamu berhak uninstall aplikasi tersebut, kemudian instal kembali. Hal ini harus dilakukan juga karena penjelasan berikut.

Instagram adalah aplikasi sosial media yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Itu terjadi berkat semua fasilitas tersedia yang memudahkan rutinitas sehari-hari. Di sisi lain, Instagram juga hasil manusia yang pastinya ada masa-masa rusak.Maka saat itu terjadi, semua proses bakal gagal.

Memang secara sekilas terlihat lucu pasalnya seolah-olah kamu melakukan sesuatu sebanyak dua kali. Terlepas dari itu, ternyata re-install Instagram cukup efektif. Banyak orang yang berhasil masuk ke akun sendiri lewat teknik ini.

Update IG Ke Versi yang Baru

Untuk memperkuat kinerja sistem sekaligus mencegah identitas pengguna bocor ke publik, perusahaan pengembang selalu memperbarui data base aplikasi mereka secara berkala, baik itu tiap bulan bahkan satu tahun sekali.

Termasuk pula Instagram. Sebagai aplikasi dengan miliaran pengguna di seluruh dunia, pengembang aplikasi ini melakukan hal serupa. Perusahaan pengembang pasti mengeluarkan update terbaru setiap bulan untuk menambal kekurangan mereka, yang mana harus diunduh pengguna sesegera mungkin.

Jika tidak, maka kamu harus siap menerima segala konsekuensinya. Salah satunya adalah tidak bisa memakai fitur terbaru yang dikeluarkan pengembang. Selain itu, semua proses berjalan jauh lebih lambat, terutama saat kamu ingin login lagi ke akun sendiri.

Pakai Laptop

Sebagaimana disinggung sebelumnya, Instagram terkadang down mendadak. Itu tentu mengganggu aktivitas semua orang, apalagi mereka yang bekerja lewat aplikasi buatan Facebook ini. Oleh karenanya kamu bisa mencoba hal lain, yaitu login lewat laptop.

Secara tampilan memang jauh berbeda dengan aplikasi. Tampilan yang muncul cenderung ribet dan mirip seperti situs-situs di internet sekarang. Namun tetap saja coba berulangkali sampai berhasil. Sekiranya tidak, gunakanlah beberapa metode sebelumnya.

Ada beberapa kasus mengharuskan Sobat untuk Downgrade Aplikasi Instagram agar bisa login, tapi biasanya sih kalau untuk downgrade punya masalah kompetibel aplikasi dengan perangkat handphone.

Pusat Bantuan Facebook Tidak Bisa Login

Terakhir, jika sobat memiliki instagram yang masih tidak bisa login, alangkah lebih baik untuk mengunjungi pusat bantuan Facebook.

Caranya sobat bisa mengunjungi link bantuan Facebook di sini https://www.facebook.com/login/identify. Sobat bisa mengunjunginya menggunakan PC/laptop atau bahkan menggunakan HP.

Selanjutnya sobat bisa mencari akun yang ingin dipulihkan, sobat bisa mencarinya berdasarkan nama, email atau nomor telpon, dan nantinya sobat tinggal mengikuti langkah yang tersaji dihalaman tersebut.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Login

Instagram tidak bisa login umumnya disebabkan oleh server sering down. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang melatarbelakanginya. Beberapa faktor tersebut antara lain :

Akun Instagram Diblokir

alasan tidak bisa login ig bisa jadi karena akun terkena blokir, hal ini karena Instagram sering memblokir akun-akun yang dianggap melanggar. Pelanggaran biasanya terbagi menjadi dua, yaitu pelanggaran kecil dan pelanggaran berat. Yang termasuk pelanggaran umum seperti komentar atau gambar tidak sesuai dengan pedoman komunitas. Biasanya penindakan hanya berupa pemberian surat peringatan.

Sementara itu penyamaran, penipuan, kegiatan ilegal termasuk ke dalam pelanggaran berat. Jika sudah masuk pada tahapan ini, Instagram akan memblokir akun tersebut sampai batas waktu tidak ditentukan.

Akun Diretas

Dunia digital tidak sepenuhnya aman. Banyak orang-orang yang melakukan kejahatan, di mana belum diatur kejahatan itu oleh sebagian negara. Salah satunya adalah penjualan sekaligus penyalahgunaan data pribadi masyarakat. Peretasan akun sosial media pun sering terjadi.

Berbicara mengenai peretasan, tidak semua akun mengalami hal serupa. Hanya akun-akun yang followers-nya mencapai ribuan orang menjadi korban. Hal itu wajar karena akun berpengikut besar biasanya punya pengaruh tinggi dalam menggaet masyarakat.

Karena akun diteras, kemungkinan sobat tidak bisa login ig menjadi lebih tinggi.

Sering Login di Device Lain

Berbeda seperti whatsapp, untuk masuk ke akun instagram sendiri cukup dengan mengetikan username dan password saja. Kamu tidak perlu melibatkan nomor telepon atau pesan. Kamu pula tidak harus memasukkan kode verifikasi selayaknya aplikasi lain.

Hal tersebut sengaja dilakukan untuk membantu pengguna dalam menghubungi orang lain jika sewaktu-waktu ponsel hilang. Kemudian Instagram pun dipakai sebagai sarana mengekspresikan diri terhadap setiap perasaan yang ada.

Namun usahakan jangan terlalu sering karena sistem akan menganggapnya sebagai spam. Ujung-ujungnya pihak Instagram membatasi login akun. Sering pula Instagram meminta kamu mengisi captcha untuk memastikan dirimu bukanlah robot.

Akun Nonaktif

Selain diblokir, akun kamu juga berpotensi dinonaktifkan pihak Instagram sekiranya melanggar salah satu dari pedoman komunitas. Itu merupakan bentuk ketegasan IG saat ada seseorang yang membuat rusuh terhadap orang lain.

Pada umumnya penonaktifan akun berlangsung mendadak, tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Ada kala IG mengirimkan notifikasi peringatan tatkala kamu melanggar pedoman komunitas.Poin pelanggarannya pun sering dicantumkan sehingga jangan sampai diulangi lagi.

Koneksi Internet

Penyebab terakhir instagram tidak bisa login adalah koneksi internet yang kurang kenceng. Memang rata-rata provider di Indonesia menyediakan kecepatan sampai 10 mbps, di mana itu cukup buat menonton youtube, dan lain-lain. Namun ada beberapa penyedia yang sering mengalami gangguan dalam koneksi. Oleh karenanya carilah kartu atau tempat yang memungkinkan.

Akhir Kata

Instagram tidak bisa login sama seperti kiamat bagi sebagian orang karena mereka tak bisa mengekspresikan diri di hadapan orang lain. Sumber pemasukan utama mereka tiba-tiba tertutup tanpa alasan yang jelas. Maka hal tersebut harus diatasi dengan beberapa metode di atas.

Kami juga sudah membahas cara simpan video instagram tanpa bantuan aplikasi, siapa tahu artikel tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.

FAQ

Bagaimana Cara Menghubungi Kontak Bantuan Instagram ?

Jika Sobat mengalami masalah serius pada akun Instagram, Sobat bisa meminta bantuan langsung di page https://help.instagram.com/.

Bagaimana Jika Instagram di Retas?

Kami menyarankan sobat untuk mengamankan email terlebih dahulu baru mengamankan akun, jika sudah tidak dapat diselamatkan silahkan sobat untuk mengirimkan permintaan bantuan ke Instagram di link yang sudah kami sertakan di atas.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks