Tutorial Cara Reset HP Samsung dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Reset HP Samsung

Cara Reset HP Samsung – Saat ini HP Samsung termasuk salah satu jenis HP yang banyak digunakan orang. Hal tersebut disebabkan karena smartphone keluaran Samsung selalu dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang canggih. Selain itu, harga jualnya juga tergolong terjangkau dan tidak memberatkan isi kantong.

Meskipun smartphone keluaran Samsung tidak mudah rusak dan tahan lama digunakan, bukan berarti tidak ada gangguan sama sekali yang bisa menimpanya. Sebab, terkadang smartphone tersebut lemot, mengalam gangguan software, atau kendala lainnya.

Read More

Salah satu solusi yang bisa dilakukan dalam kondisi seperti ini adalah mereset HP tersebut. Tapi kamu tentu akan kesulitan melakukannya jika tidak mengetahui bagaimana cara reset HP Samsung. Lantas bagaimana cara meresetnya? Postingan kali ini akan mengulas caranya.

Detail Ulasan Cara Reset HP Samsung

Cara Reset HP Samsung

Sebenarnya mereset HP Samsung bukanlah hal yang sulit, bahkan tergolong mudah. Hanya saja, sebagian orang belum familiar dengan aktivitas yang satu ini sehingga bingung melakukannya. Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa cara reset yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan Kode Rahasia HP Samsung

Saat HP Samsung kesayangan kamu mengalami gangguan dan ingin mereset ulang, cobalah meresetnya dengan menggunakan kode rahasia HP Samsung. Setiap merek ponsel memiliki kode rahasia yang berbeda-beda. Jadi, kode rahasia Samsung tidak sama dengan kode rahasia Vivo, Xiaomi, atau yang lainnya.

Oleh karena itu, seharusnya kamu menghafal kode rahasia HP Samsung kesayanganmu, sehingga bisa menggunakannya sewaktu-waktu butuh melakukan reset ulang menggunakan kode tersebut. Adapun detail  cara resetnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka terlebih dahulu HP Samsung milikmu.
  • Lanjutkan dengan masuk ke Menu Dial.
  • Selanjutnya ketikkan kode rahasia Samsung yaitu :  *2767*3855#.
  • Nantinya secara otomatis kamu akan dibawa ke Menu Factory Reset.

Cara reset HP Samsung yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Tapi ingat, pastikan untuk melakukan back up dataterlebih dahulu sebelum sobat melakukan reset ponsel Samsung menggunakan cara ini. 

Selain itu, sebaiknya sobat hanya menggunakan cara yang pertama ini setelah melakukan log out akun Samsung terlebih dahulu.

Menggunakan Android System Recovery Samsung

Jika smartphone kesayanganmu mengalami blank atau tidak bisa hidup dan tidak bisa mengakses Android, cobalah memperbaikinya dengan cara melakukan reset ulang menggunakan Android System Recovery Samsung.

Cara reset ulang yang satu ini biasanya dilakukan oleh para pengguna yang smartphone miliknya gagal melakukan booting, atau ponsel yang digunakannya mendadak mengalami Bootloop. Adapun detail cara reset HP Samsung menggunakan cara kedua ini adalah sebagai berikut :

  • Pertama, pastikan kondisi baterai smartphone kamu di atas 75% sebelum memulai reset.
  • Jika ponsel dalam keadaan mati, tekan dan tahan Volume Up + Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Setelah itu, kamu harusnya sudah berada di dalam menu Android System Recovery Samsung.
  • Lanjutkan melakukan perintah dengan menekan Volume up & Down.
  • Selanjutnya tinggal cari menu Wipe data/Factory reset.
  • Setelah ketemu, lanjutkan dengan menekan tombol home. Nantinya HP Samsung kamu akan di reset secara otomatis.
  • Setelah itu, akan muncul perintah Reboot System Now.
  • Selesai.

Perlu dicatat bahwa cara reset yang kedua ini hanya dilakukan jika smartphone Samsung kesayanganmu betul-betul tidak bisa dihidupkan lagi. Tapi ingat, proses reset ini berlangsung cukup lama, sehingga kondisi baterai kamu harus mampu bertahan selama proses reset berlangsung. Lebih bagus lagi jika minimal daya baterainya berkisar 75% terisi.

Melalui Menu Pengaturan

Cara reset HP Samsung selanjutnya yang juga mudah dilakukan adalah melalui Menu Pengaturan. Tentu saja cara ini hanya bisa dilakukan jika HP kamu dalam keadaan hidup dan daya baterainya penuh untuk mencegah mati tiba-tiba ketika proses reset sedang berlangsung.

Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mereset ulang HP menggunakan cara ini adalah sebagai berikut :

  • Pertama, masuklah terlebih dahulu ke menu Pengaturan / Setting.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Backup And Reset.
  • Selanjutnya pilih Menu Factory Reset.
  • Setelah itu, lanjutkan langkah-langkahnya pada menu Reset Device.
  • Secara otomatis HP akan melakukan booting.
  • Tunggulah hingga proses booting selesai.

Perlu dicatat bahwa proses booting tersebut berlangsung lumayan lama, yaitu berkisar lebih dari 10 menit. Mau tidak mau kamu harus bersabar menunggu proses tersebut selesai berlangsung. Jika tidak mau bosan menunggu, tinggalkan saja HP tersebut dan lakukan aktivitas lain selama menunggu proses booting selesai.

Manfaat Reset HP Samsung

Reset Hp Samsung biasanya dilakukan ketika ponsel tersebut mengalami gangguan tertentu yang mengharuskan untuk melakukannya. Berikut beberapa alasan yang menyebabkan kamu perlu melakukan reset ponsel :

Terkena Virus atau Malware

Umumnya smartphone yang terkena virus atau malware cukup dibersihkan dengan menggunakan anti virus atau anti malware tertentu. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak aplikasi anti virus atau anti malware yang bisa digunakan.

Sayangnya, terkadang smartphone kesayanganmu tetap bermasalah meskipun sudah menggunakan aplikasi anti virus atau anti malware. Dalam kondisi seperti ini, melakukan reset ulang ponsel merupakan cara yang terbaik untuk dilakukan.

Setelah melakukan salah satu cara reset HP Samsung di atas, dijamin ponsel kesayanganmu akan bebas 100% dari virus ataupun malware yang sempat menyerangnya.

Performa HP Menurun

Salah satu hal menjengkelkan yang seringkali dialami oleh pengguna smartphone adalah performa HP yang menurun. Sebab jika performa mengalami penurunan, otomatis proses tasking HP tersebut akan melambat. Akibatnya, berbagai kebutuhan kamu dalam penggunaan ponsel tersebut jadi terkendala.

Kondisi seperti di atas tentu sangat menjengkelkan bukan? Oleh karena itu, butuh solusi untuk mengatasi performa HP yang mulai menurun. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset ulang.

File-file Sampah Bertumpuk

Meskipun kamu sudah menghapus aplikasi tertentu, tetap saja sisa-sisa sampah tersebut masih tertinggal menu explorer. Artinya, file-file sampah tersebut tidak terhapus secara total. Lambat laun file-file sampah tersebut akan menumpuk seiring banyaknya aplikasi yang digunakan dan dihapus.

Untuk membersihkan file-file sampah yang bertumpuk secara tuntas, solusi yang terbaik adalah dengan melakukan reset ulang. Cobalah terapkan salah satu cara reset HP Samsung yang disebutkan di atas, niscaya kamu akan merasakan manfaatnya yang sangat besar bagi ponsel kamu.

Setelah membersihkan file-file sampah yang bertumpuk, tentunya ruang penyimpanan kamu juga bisa lebih lega. Dengan begitu, kinerja ponsel kamu kembali meningkat dan tidak lemot lagi.

Jika Sobat adalah pengguna handphone iPhone, kami sudah membahas cara reset iPhone ke pengaturan pabrik, siapa tahu bermanfaat.

Demikianlah tutorial cara reset HP Samsung dengan mudah yang bisa saya bagian kepada para pembaca kali ini. Tentunya kalian sudah tidak akan kesulitan lagi melakukan reset ulang setelah membaca tutorial kali ini. Sukses selalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *