Cara Reset iPhone Balik ke Pengaturan Pabrik

  • Whatsapp

iPhone kamu terkunci atau ingin menjual iPhone dan kamu lupa kata sandi untuk membukanya? Entah kamu ingin menghapus berbagai data yang ada dalam iPhone kalian atau hal lain, sobat bisa selesaikan dengan Reset ulang atau setelan pabrik.

Perangkat yang direset itu akan balik ke pengaturan pabrik atau pengaturan awal sehingga iPhone kamu akan terlihat seperti baru. Otomatis, seluruh data yang ada akan terhapus, jika ingin memakai beberapa data di iPhone yang lama, maka proses back-up seluruh data lebih dulu sebelum meresetnya. Sebab data yang telah terhapus tak akan bisa dikembalikan.

Read More

Terdapat dua macam reset iPhone, yaitu soft reset serta hard reset. Untuk masalah penghapusan data maupun membuka perangkat yang sudah terkunci, kamu perlu mencoba hard reset. Wajib diketahui jika disini tak ada cara mereset iPhone menggunakan iTunes. Tapi, iTunes dapat dipakai untuk melakukan back up sebelum kamu mengembalikan setelan pabrik iPhone. Nah tanpa berlama-lama lagi, dibawah ini merupakan cara dan perbedaan dari kedua macam reset iPhone.

2 Jenis dan Cara Reset iPhone

2 jenis dan cara reset iphone

Reset iPhone sendiri memiliki 2 jenis, dimana masing-masing jenis terdapat perbedaan dan keunggulannya. Agar lebih jelas, berikut penjelasan tentang 2 jenis reset iPhone :

Soft Reset iPhone

Soft reset tak akan menghapus seluruh data yang disimpian dalam iPhone. Sebab, soft reset merupakan kata lain reboot atau restart iPhone. Hal ini dilakukan guna memulihkan iPhone yang berhenti atau hang dan tak bisa berjalan di sebuah aplikasi. Dibawah ini adalah langkah soft reset iPhone dengan baik dan benar.

  • Tekan Sleep dan Home secara bersamaan, lalu saat menekan keduanya, tahan sekitar 10 detik
  • Layar iPhone kalian akan hitam beberapa saat. Kemudian lepas tanganmu dari kedua tombol
  • Setelah beberapa waktu kemudian, logo Apple bakal muncul di layar. Ini menjadi proses restart iPhone. Kemudian biarkan hingga proses tersebut berakhir. Jika proses restart selesai, silahkan kalian menyentuh layar untuk mencobanya.

Hard Reset iPhone

Cara yang satu ini bakal menghapus seluruh data di iPhone milik kalian, sebab ini adalah cara membuat tampilan serta pengaturan iPhone bisa balik ke seperti kamu pertama kali membelinya.

Umumnya, hard reset ini dilakukan jika kamu ingin menjual iPhonemu. Factory reset atau hard reset ini penting sekali jika kamu tak ingin nantinya orang yang membeli iPhonemu mengetahui berbagai data tentang dirimu. Hard reset akan menghapus  seluruh data pada iPhone, mulai dari lagu, foto, video, aplikasi, sampai berbagai file yang telah kalian download.

Selain itu juga, cara ini dilakukan jika kalian tak dapat membuka iPhone yang sedang dalam terkunci. Hal tersebut sering dialami oleh mayoritas orang, sebab lupa kata sandi adalah hal wajar. Tapi, jika kalian ingin memakai cara ini guna memulihkan iPhone yang sedang terkunci, maka kalian harus bersiap dengan semua resiko yang sudah dijelaskan diatas.

Ketika back up, kalian dapat memilih beberapa data yang sekiranya tak dipakai lagi. Kemudian hapus data itu untuk bisa memberi ruang lebih pada kapasitas memori iPhone kalian. Pastikan juga kalian memakai cara back up ini dengan iTunes dan iCloud, sebab proses memback-up data iPhone paling baik hanya bisa mengandalkan 2 piranti lunak tadi.

Tentu saja hal ini berbeda dengan Android yang dapat di back up dengan meng-copy paste. Pada iPhone, kalian harus memakai iTunes dan iCloud yang khusus dikembangkan oleh pihak Apple.

Jika kalian telah memastikan bahwa seluruh data tersimpan di iCloud atau iTunes, maka kalian bisa melakukan hard reset iPhone kalian. Berikut merupakan langkah cara hard reset iPhone:

  • Pertama, silahkan masuk menu ‘Setting’
  • Selanjutnya sobat bisa klik menu ‘General’
  • kemudian disini pilih opsi ‘Reset’
  • Lanjutkan dengan menekan opsi ‘Erase All Content & Settings’
  • Maka layar nantinya akan menunjukkan peringatan tentang semua data yang bakal terhapus jika kalian mereset iPhone
  • Teruskan dengan memasukkan ID Apple kalian guna mengonfirmasi proses reset
  • Silahkan tunggu beberapa saat proses penghapusannya
  • Nah maka seluruh data serta pengaturan di iPhone sobat bakal terhapus dan perangkat kembali seperti semula saat awal membeli!

Karena seluruh data serta pengaturan Iphone bakal terhapus, pastikan lebih dulu berpikir ulang serta mem-back up data, jika kalian ingin memakai seluruh data lama yang berada pada iPhone itu. Karena data itu secara permanen akan hilang jika tak kalian back up lebih dulu.

iPhone merupakan smartphone high-end dan mempunyai level keamanan yang cukup ketat. Oleh sebab itu, jika kalian lupa kata sandi dan tak dapat membuka iPhone yang dalam keadaan terkunci, maka reset iPhone diatas menjadi satu-satunya solusi demi membuka kembali perangkat kalian. Jika kalian tergolong orang yang mudah lupa, maka kalian dapat mengunci iPhone dengan memakai fitur finger print [tersedia di iPhone 5s keatas].

Langkah Reset Menggunakan iCloud [Find My iPhone]

reset iPhone menggunakan iCloud

Cara lain merest iPhone ialah dengan menggunakan fitur iCloud Find My iPhone. Untuk melakukannya, kalian perlu mengakses website iCloud lewat browser laptop atau komputer.

  • Klik iCloud Find atau buka website https://www.icloud.com/find
  • Login menggunakan ID Apple kalian. Nantinya bakal dimintai untuk verifikasi
  • Setelah itu, fitur iCloud bakal menandai lokasi iPhone kalian. Tersedia pilihan Erase Phone, Lost Mode, dan Play Sound
  • Pilihan Play Sound dipakai membunyikan iPhone kalian
  • Pilihan Lost Mode dipakai merubah iPhone kalian kedalam Lost Mode sehingga kalau iPhonemu hilang, kalian dapat memilih opsi yang satu ini
  • Kalian hanya harus memilih opsi ‘Erase iPhone’. Pilihan satu ini bakal menghapus data serta mengembalikan pengaturan pabrik perangkat kalian. Nah layanan ini sangat berguna saat iPhone milik Sobat hilang atau dicuri.
  • Selepas memilih opsi tersebut, kalian pilih ‘Remove from Account’
  • Kalian bakal diminta verifikasi dengan mengirim kode kepada nomor Hp yang terhubung ke akun ID Apple kalian
  • Setelah menerima kode autentifikasi, Perangkat kalian bakal ‘ditata ulang’ kembali ke pengaturan pabrik. Yang harus kalian lakukan berikutnya ialah login kembali

Langkah Reset iPhone 8 Series Keatas

cara reset untuk iPhone versi 8 keatas

Langkah ini merupakan cara versi yang lebih modern daripada yang sebelumnya, yakni diperuntukan untuk versi iPhone 8 Series keatas. Seri yang paling baru ini tentunya memiliki langkah yang cukup berbeda untuk meresetnya. Pihak Apple mengganti sejumlah tombol yang biasanya dipasang di iPhone series sebelumnya.

Walau berbeda, kalian tak akan menemukan kesulitan untuk reset ulang di iPhone 8 series keatas. Karena, hanya dengan cara singkat kalian sudah dapat reset perangkat. Berikut merupakan cara-cara reset iPhone 8 series dan iPhone X :

  • Pertama, silahkan klik lalu lepaskan tombol volume up
  • Kalian dapat langsung klik serta lepaskan kembali tombol volume down
  • Selanjutnya silahkan kalian tekan power [awake button/sleep] yang tersedia pada sisi kanan HP
  • Sekarang kalian hanya perlu menunggu layar iPhone menunjukkan logo Apple

Simak juga ulasan lainnya tentang Cara Hard Reset / Factory Reset Pada Handphone Xiaomi yang bisa sobat coba jika mengalami error pada HP Android

Akhir Kata

Nah, demikian beberapa langkah atau cara reset iPhone serta membuat perangkat kalian bisa seperti baru kembali dan tidak ada nge-lag maupun error. Cara tersebut sangat simpel dan mudah diikuti bukan? pastikan kembali sobat mengikuti langkah reset sesuai dengan versi iPhone sobat ya!

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *