Arah Mata Angin, Pengertian dan Macam-Macamnya

arah mata angin

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap kali seseorang ingin melakukan perjalanan baik laut maupun daratan, pasti hal pertama yang harus diketahui adalah mengetahui arah mata angin yang ingin dilalui.

Arah mata angin begitu penting bagi kehidupan manusia, karena sebagai petunjuk di setiap jalan agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan yaitu tersesat dan tidak tahu jalan pulang. Oleh karena itu, pendidikan tentang 8 arah mata angin sangat penting dipelajari oleh setiap orang, baik yang ingin menambah ilmu terlebih untuk seseorang yang ingin melakukan perjalanan panjang.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara tuntas mengenai arah mata angin lengkap dan penjelasan lain yang berkaitan dengannya. Yuk lanjut pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Arah

arah mata angin

Arah atau geometri merupakan informasi yang terkandung dalam posisi relatif suatu titik terhadap titik lain, dan juga dapat berupa jalur penunjuk di mana suatu benda dapat bergerak yang meliputi lokasi dan posisi yang sebenarnya berdasarkan geografis suatu daerah yang dituju dan disepakati oleh semua ahli geografi.

Arah dibedakan menjadi dua kelompok yaitu arah relatif dan arah absolut.

  • Arah relatif adalah informasi mengenai suatu rujukan atau saran, misalnya para nelayan biasanya sebelum berangkat mencari ikan, mereka akan meletakan jaring di sebelah kanan perahu.
  • Arah absolut adalah informasi suatu rangkaian rujukan atau saran yang telah disepakati oleh banyak orang. Misalnya Ibu Kota Jakarta terletak di sebelah barat Provinsi Jawa Barat.

Melihat pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa arah mata angin dapat diartikan sebagai arah yang universal yang dapat diterima secara umum dan mempunyai fungsi sebagai pijakan yang digunakan untuk kepentingan penunjuk arah atau peta, kompas, dan alat-alat bantu navigasi lainnya.

Arah Mata Angin Pokok

Setelah mengetahui pengertian arah mata angin, selanjutnya kita akan membahas arah mata angin yang menjadi pokok pembahasan, yang tentunya sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang yang ingin melakukan perjalanan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada beberapa titik lokasi yang perlu diketahui untuk menggunakan alat navigasi seperti kompas, peta atau lain sejenisnya. Setidaknya ada 4 titik pokok arah yang perlu diketahui yaitu utara, barat, timur, dan selatan.

Utara

Utara atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai North merupakan arah mata angin yang berada pada titik 0 dan 360 derajat pada hukum geografi yang disepakati.

Barat

Barat atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai West merupakan arah mata angin yang berada pada posisi 270 derajat pada hukum geografi yang telah disepakati.  

Timur

Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai East. Arah timur merupakan arah mata angin yang terletak pada posisi 90 derajat menurut hukum geografi yang telah disepakati.

Selatan

Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan South. Arah Selatan merupakan arah mata angin yang terletak pada posisi 180 derajat menurut hukum geografi yang telah disepakati 

 Arah Mata Angin Umum

Selanjutnya setelah kita mengetahui arah mata angin yang bersifat pokok kita akan membahas pembagian arah mata angin secara umum dan lebih detail lagi mengenai pembagian dari keempat pokok mata angin tersebut.

Hal ini penting untuk kamu ketahui, karena arah mata angin yang bersifat umum biasanya tidak diletakkan pada penunjuk arah atau navigasi seperti kompas, peta dan lain sebagainya. Simak baik-baik.

Arah mata angin yang bersifat umum dibagi menjadi 8 bagian yaitu utara, barat, timur, selatan, timur laut, tenggara, barat daya dan barat laut.

Karena kita sudah membahas 4 yang pokok, maka kita akan meneruskan pembahasan arah mata angin bersifat umum yang perlu diketahui jika ingin melakukan perjalanan baik laut maupun darat.

Timur Laut

Arah mata angin selanjutnya yang akan kita bahasa adalah arah timur laut. Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Northeast. Arah timur laut merupakan arah mata angin yang berada pada posisi atau di titik 45 derajat. Arah timur laut berada di posisi antara timur dan utara menurut hukum geografi yang telah disepakati.

Tenggara

Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan southeast. Arah tenggara merupakan arah mata angin yang berada di posisi atau titik 135 derajat. Arah tenggara berada di antara timur dan selatan menurut hukum geografi yang telah disepakati.

Barat Daya

Arah mata angin selanjutnya yang akan kita bahasa adalah arah Barat Daya. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Southwest. Arah barat daya merupakan arah mata angin yang berada pada posisi atau titik 225 derajat menurut hukum geografi.

Barat Laut

Arah mata angin yang paling terakhir adalah arah Selatan. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Northwest. Arah barat laut merupakan arah mata angin yang berada pada posisi 315 derajat. Arah barat laut berada di antara barat dan utara. 

 Arah Mata Angin Tambahan

Perkembangan teknologi informasi yang terus mengalami peningkatan saat ini turut memberikan pengaruh terhadap ilmu geografi arah mata angin. Hal ini terbukti dengan adanya penambahan arah mata angin dari pembagian arah yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Terdapat penambahan jumlah arah mata angin dari jumlah yang telah disepakati sebelumnya. Berikut adalah arah mata angin tambahan tersebut :

Timur Menenggara

Arah mata angin selanjutnya yang akan kita bahasa adalah arah Timur Menenggara. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan east southeast.  Arah mata angin timur menenggara berada pada posisi di antara timur dan tenggara.

Timur-Timur Laut

Arah mata angin selanjutnya yang akan kita bahasa adalah arah timur-timur laut. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan east northeast. Arah mata angin timur-timur laut berada pada posisi antara timur laut dan timur.

Selatan Menenggara

Arah mata angin selanjutnya yang akan kita bahasa adalah arah Selatan Menenggara. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan South-southeast. Arah mata angin selatan menenggara berada di posisi antara tenggara dan selatan.

Selatan Barat Daya

Arah mata angin selanjutnya yang akan kita bahasa adalah arah Selatan Barat Daya. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan South-southwest. Arah mata angin selatan barat daya berada di posisi antara selatan dan barat daya menurut hukum geografi yang disepakati.

Itulah beberapa informasi tentang arah mata angin, mulai dari pengertian hingga macam-macam arah mata angin yang penting untuk kamu ketahui jika ingin melakukan perjalanan baik darat maupun laut. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sobat bisa mengetahui tentang pengetahuan umum lainnya di kanal Tahukah Kamu? yang juga kami sediakan.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks