Cara Daftar Aplikasi Ajaib Jual Beli Saham Semakin Mudah

  • Whatsapp
cara daftar Ajaib

Sebelum kami bahas cara daftar di aplikasi Ajaib, kami akan mengulas secara lengkap tentang aplikasi investasi saham satu ini agar Sobat mengenal lebih dalam.

Hadirnya aplikasi mobile untuk pembelian saham tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat yang ingin berinvestasi, terlebih anak-anak muda. Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik. Apalagi mengingat bahwa pengembaliannya merupakan salah satu yang tertinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Read More

Berinvestasi saham berarti Sobat menjadi salah satu pemilik modal pada perusahaan-perusahaan yang Sobat percayai dengan membeli sahamnya. Nah, salah satu aplikasi sekuritas terbaik untuk pembelian saham adalah Ajaib. berikut ulasan aplikasi Ajaib jual beli saham yang bisa Sobat ketahui.

Sekilas Tentang Ajaib Jual Beli Saham

cara daftar ajaib jual beli saham
Ajaib

Sebagai informasi, Ajaib sendiri berdiri sejak tahun 2018. Ajaib Group menaungi Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia).
Ajaib Group berkomitmen untuk membuka pintu akses terhadap instrumen investasi yang aman, tepercaya dan terjangkau. Layanan saham dan reksa dana Ajaib Group dapat diakses secara online, dan tentunya praktis.

Legalitas Aplikasi Ajaib

Memang diluar sana banyak aplikasi penawar jual beli saham, namun sebagian besar tidak memiliki kejelasan terhadap legalitas di OJK Indonesia. Jika tidak terdaftar di OJK, maka data-data kita tidak dijamin keamanannya.

Namun untuk Ajaib Sekuritas atau PT Ajaib Sekuritas Asia sendiri telah terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992. Jadi sobat tidak perlu khawatir jika ingin membeli saham di aplikasi Ajaib.
Dengan adanya visi untuk menjadi perusahaan efek nasional dan berpartisipasi untuk mengembangkan Pasar Modal Indonesia ke taraf dunia. Ajaib Sekuritas menyediakan akses yang mudah dan terjangkau terhadap saham-saham favorit investornya.

Izin Ajaib Group

Ajaib Group juga mengatongi perizinan dari berbagai pemegang kebiijakan di Indonesia. Adapun izin tersebut yaitu Izin Perantara Pedagang Efek, Anggota Bursa Efek Indonesia, Anggota Dana Perlindungan Pemodal, Izin Agen Penjual Efek Reksa Dana, dan Izin Transaksi Online.

Berkat mengantongi banyak izin, Ajaib sangat layak digunakan.

Fitur Unggulan Aplikasi Ajaib Jual Beli Saham

cara daftar ajaib jual beli saham

Banyak aplikasi penyedia pembelian dan penjualan saham, namun tidak jarang juga aplikasi tersebut worth it digunakan. nah, berbeda dengan aplikasi lainnya. Aplikasi Ajaib jual beli saham menyediakan informasi lengkap terkait emiten. Mulai dari laporan performa keuangan, sampai dengan competitive ranking, dimana fitur tersebut menunjukkan urutan-urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis.

Jadi, sobat bisa tahu perusahaan mana yang kira-kira lebih baik.

Selain itu sobat juga bisa menemukan profil perusahaan, informasi fundamental, informasi grafik harga, dan antrian order permintaan & penawaran. Even saat sobat ingin melakukan trading, sudah tersedia juga analisis teknikal yang dapat Sobat jadikan panduan.

Fitur “Ajaib Alert”

Fitur lainnya yang dapat membantu pengguna yaitu adanya Ajaib Alert. Fitur ini sendiri memungkinkan sobat akan mendapat informasi untuk saham yang sobat pilih terkait dengan harga ataupun berita terbaru dari emiten saham tersebut.

Dengan begitu, sobat dapat terbantu dengan informasi yang ada. Maka pastikan sobat selalu nyalakan notifikasi ini supaya sobat tidak ketinggalan info-info penting seputar harga, pasar dan emiten.

Fitur Berita Terbaru

Fitur Berita ini juga terbilang fitur andalan. Pasalnya tidak semua aplikasi menawarkan fitur berita. Nah, dengan fitur ini sobat akan mendapatkan berbagai informasi terbaru terkait pasar modal. Berita-berita yang disajikan pun selalu uptodate dari beberapa portal berita ekonomi, bisnis dan keuangan.

Dengan begitu, maka sobat tidak akan ketinggalan berita terbaru dari emiten dan memungkinkan sobat dapat langsung mengambil keputusan untuk jual maupun membeli sahamnya.

Forum Investor Saham

Nah, fitur unggulan lainnya yang banyak digemari penggunanya adalah forum investor saham. Dimana fitur ini memungkinkan sobat dapat saling berdiskusi dan melihat opini dari para member berkaitan dengan saham-saham tertentu. Jadi, Sobat akan mendapatkan tambahan wawasan yang mungkin bisa membantu dalam membuat keputusan.

Cocok banget buat sobat yang baru pertama kali nyoba untuk terjun di dunia saham. Namun perlu sobat ingat, bahwa tidak semua opini itu benar. Maka dari itu sobat harus tetap memfilternya dan diskusi dengan orang yang sudah berpengalaman.

Kamus Besar Investasi

Fitur terakhir yang akan sobat dapatkan jika menggunakan aplikasi Ajaib yaitu sobat bisa tahu istilah-istilah yang ada di dunia saham atau pasar modal.

Adapun contoh istilah yang ada yaitu AUM/Asset Under Management, Reksa dana campuran, Bearish/Bear market, Blue Chip, Emiten, Obligasi, dan isitilah lainnya. Nah, sebelum sobat memutuskan untuk membeli saham tertentu, sebaiknya sobat pelajari terlebih dulu istilah-istilah dalam pasar modal agar nantinya sobat tidak salah membaca informasi dan dapat melakukan pembelian saham seara baik.

Cara Daftar di Aplikasi Ajaib

cara daftar ajaib jual beli saham

Jika sobat sudah lama tertarik investasi saham namun tidak tahu cara memulainya, serta bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang kredibel, jangan khawatir! Sobat bisa membuka rekening dan membeli saham di Ajaib.

Keunggulan aplikasi Ajaib adalah semua proses pendaftaran maupun transaksi saham di aplikasi Ajaib dilakukan secara online. Jadi sobat tidak perlu repot-repot mendatangi broker atau pialang untuk menyerahkan fotokopi data diri sobat sebagai persyaratan membuka rekening saham.

Juga, sobat tidak perlu repot menelepon broker saat ingin membeli dan menjual saham. Hanya dengan melalui genggaman di aplikasi Ajaib, sobat bisa melakukannya semua dari mana saja.

Berikut langkah-langkah cara daftar akun dan buka rekening di aplikasi Ajaib.

  1. Download Ajaib

    Pertama, silahkan sobat unduh terlebih dahulu aplikasi Ajaib di Play Store (bagi pengguna Android), dan Apps Store (bagi pengguna iOS). Sambil menunggu unduhan selesai, sobat bisa persiapkan data diri E-KTP sobat.

  2. Daftar Akun

    Setelah selesai, sobat bisa buka aplikasi Ajaib dan nantinya akan terlihat form login. Silakan sobat klik daftar. Pada form yang tersedia, silakan lakukan pendaftaran dengan memasukan email dan password. Setelah itu Sobat akan menerima email konfirmasi pendaftaran akun.

    Masukan Kode Refferal “slam962” untuk mendapatkan koin Ajaib yang bisa ditukarkan dengan saham gratis, reksadana gratis dan gratis Niaga broker.

  3. Verifikasi Email

    Nantinya sobat akan verifikasi akun melalui email

  4. Buka akun saham

    Nah, setelah sobat melakukan konfirmasi email, Sobat bisa langsung log in ke aplikasi Ajaib. Lalu pilih tombol ‘Buka Akun Saham’ yang ada di pojok kiri atas aplikasi. Setelah itu akan muncul laman untuk memilih jenis investasi yang tersedia di Ajaib, dan pilih ‘Saham’

  5. Buat rekening saham, dengan melakukan pengisian pendaftaran online

    Di sini terdapat 6 halaman yang wajib sobat input/isi pada formulir pendaftaran online. Setiap kolom yang tidak ada keterangan ‘opsional’ artinya wajib diisi. Jika belum terisi, Sobat tidak akan bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Pengisian formulir ini untuk membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN).

    Pembukaan Rekening Saham ini diwajibkan sebelum Sobat dapat bertransaksi saham. Data yang disampaikan juga akan tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Rekening yang tertanam di Ajaib Sekuritas ini akan menjadi tempat penyimpanan saham yang nantinya Sobat miliki.

    Sementara, Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana Sobat, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDN ini adalah agar Sobat mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi sahammu. RDN ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

  6. Pastikan data yang diunggah jelas

    proses terakhir yang harus sobat lakukan adalah memastikan data yang diunggah jelas. Untuk dokumen yang wajib diunggah pastikan memiliki resolusi gambar yang tinggi dan terlihat jelas. Proses verifikasi data sobat nantinya akan memakan waktu kurang lebih 1×24 jam.

Cara daftar akun Ajaib tentu sangat mudah bukan? silakan sobat ikuti langkah-langkahnya ya.

Masukan Kode Refferal “slam962” untuk mendapatkan koin Ajaib yang bisa ditukarkan dengan saham gratis, reksadana gratis dan gratis Niaga broker.

Cara Membeli Saham di Aplikasi Ajaib

cara daftar ajaib jual beli saham

Tentunya setelah semua pendaftaran selesai, dan akun sobat telah di verifikasi oleh pihak Ajaib maka Sobat bisa membeli saham perusahaan yang tersedia di aplikasi AJAIB ini. Jangan khawatir, semua emiten yang terdaftar di IDX lintas 9 sektor industri bisa Sobat perdagangkan sahamnya di Ajaib.

Jika sobat masih kurang paham, berikut langkah-langkah membeli saham di aplikasi Ajaib:

  • Pertama, buka aplikasi Ajaib
  • Jika sudah, sobat bisa lihat semua saham emiten yang terdaftar. Di sini sobat bisa masuk ke laman ‘Cari’, lalu pilih ‘Lihat Semua’. Jika sobat sudah tahu ingin beli saham dimana, Sobat bisa langsung ketik nama emiten atau kode sahamnya.
  • Silahkan sobat baca informasi seputar emiten seperti profil perusahaan dan informasi keuangan emiten tersebut. Klik salah satu kode saham atau emiten maka akan muncul semua informasi tentang emiten tersebut
  • Kemudian soba bisa pilih salah satu saham yang ingin Sobat beli dengan menekan dan menggeser ke kanan pada nama saham tersebut lalu pilih ‘beli’.
  • Maka sobat akan ke dalam laman Order Book. Silakan sobat klik pada harga yang sesuai, dan masukkan jumlah lot saham yang ingin dibeli.
  • Setelah OK menentukan, sobat bisa pilih ‘Beli’ yang ada di sebelah kanan bawah halaman Order Book.
  • Maka akan muncul halaman konfirmasi order, langsung saja pilih ‘Beli’.
  • Jika Saldo kurang, silahkan sobat top up sesuai dengan harga lot yang sobat beli.

Bagaimana? cara beli saham di aplikasi Ajaib sangat mudah bukan? Jika sobat mau lihat-lihat bagaimana performa saham yang Sobat beli, silakan sobat cek di laman Portofolio.

Bagaimana untuk top up RDN?

Nah, di aplikasi Ajaib Sobat dapat melakukan dengan metode bank transfer lho! Jadi sobat tidak perlu risau jika menggunakan bank Mandiri, BCA, BRI, atau CIMB, karena mendukung top up berbagai bank. Di Ajaib, biaya transaksi yang dikenakan s/d 50% lebih murah. Bahkan, semakin besar jumlah transaksi yang kamu lakukan, semakin rendah pula biaya yang dikenakan. 

Akhir Kata

Bagaiman sobat sudah mengetahui cara daftar dan mengenal lebih jauh tentang aplikasi Ajaib bukan? Sekarang Sobat sudah dapat memulai membeli saham perusahaan di dalamnya, tapi Sobat juga harus memperlajari fundamental saham agar hasil investasi Sobat menghasilkan cuan yang banyak. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *