Daftar 5 Sekuritas Terbaik Yang Wajib Kamu Ketahui!

Perusahaan Sekuritas terbaik

Perusahaan Sekuritas Terbaik – Sekarang ini Investasi sudah semakin mudah dilakukan, bahkan sekarang banyak aplikasi yang menawarkan jenis investasi yang berbeda termasuk saham, trading, crypto, dan lain sebagainya. Dengan kemudahan inilah masyarakan mulai mencoba berinvetasi, salah satunya dengan membeli saham.

Kendati mudah untuk dilakukan, investasi saham juga harus punya pengetahuan khusus, tapi semua sudah dipermudah dengan adanya teknologi akses internet yang cepat, karena kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan menggali pengetahuan saham lebih mudah dan cepat.

Salah satu yang harus Sobat ketahui sebelum membeli saham, adalah mengetahui apa itu sekuritas. Nah untuk itu kami akan memberikan ulasan tentang sekuritas terbaik yang bisa sobat jadikan referensi agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Kira-kira apa sih sekuritas? dan apa saja sekuritas terbaik yang bisa dicoba? silahkan simak disini!

Apa Itu Sekuritas ?

Pastinya sudah sejak lama sobat sering mendengaran kata Sekuritas baik dari media, buku, maupun obrolan dari teman. Nah, kira-kira yang dimaksudkan Sekuritas Atau Anggota BEI (bursa efek Indonesia) yang mengacu pada UU Pasar Modal tahun 1992  ialah sebuah Perantara Pedagang Efek yang sudah memperoleh dan mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan atau yang lebih dikenal dengan OJK, dan juga memiliki hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek yang telah ditetapkan..

Definisi tersebut menekankan beberapa hal penting, yaitu:

  • Pertama, Sekuritas merupakan perantara pedagang efek, salah satu jenis efek adalah saham.
  • Yang kedua, sebuah Sekuritas wajib memiliki izin usaha dari otoritas, OJK (Bapepam), dimana sebuah sekuritas tidak diizinkan sembarangan lembaga menjadi sekuritas untuk bisa bertransaksi di Bursa Efek
  • Ketiga, Sekuritas wajib atau harus menjadi anggota Bursa Efek agar nantinya dapat melakukan perdagangan saham dengan menggunakan sistem dan sarana di bursa.

Begitulah kira-kira definisi tentang sekuritas. Nah hingga kini, tercatat bahwa anggota bursa dan merupakan pemilik Bursa Efek Indonesia berjumlah sebanyak 109 sekuritas.

Disini kami merangkum dari beberapa sumber, bahwasanya terdapat daftar sekuritas terbaik yang harus sobat ketahui. Tenang, kami akan mengulas 5 sekuritas terbaik, kira-kira berikut ulasannya :

MNC Sekuritas

MNC perusahaan Sekuritas terbaik
Logo MNC Sekuritas

Yang pertama ada MNC Sekuritas. Nama MNC tentu bukan nama yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia bukan? Nah sekuritas MNC merupakan sebuah perusahaan sekuritas yang menawarkan layanan investasi juga trading terbaik secara online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT. MNC sendiri didirikan pada tahun 1989, dimana PT. MNC sendiri berada dibawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Nah MNC Sekuritas sendiri melakukan penyempurnaan produk online trading dengan menawarkan aplikasi perdagangan saham online MNC Trade New yang diluncurkan pada tahun 2016 silam.

Tahun berikutnya, 2017, MNC Sekuritas membuat sebuah produk investasi saham syariah melalui MNC Trade Syariah. Pada 2019, MNC Sekuritas menawarkan MNC Wakafku sebagai produk wakaf saham digital pertama dan sebagai pelopor di Indonesia.

Apa Saja Produk dan Layanan di MNC Sekuritas?

Tentunya, MNC Sekuritas memiliki beberapa produk maupun layanan yang ditawarkan, kira-kira berikut ulasannya:

  • Investment banking; produk ini merupakan jasa penjaminan emisi efek dan penasihat keuangan
  • Riset; produkini merupakan sebuah layanan informasi terkini secara rutin kepada nasabah untuk investasi yang optimal dan efektif
  • Equity; Produk atau layanan ini bergerak sebagai perantara pedagang efek untuk nasabah ritel dan institusi
  • Fixed income; layanan ini berperan aktif dalam transaksi obligasi

Itulah ulasan tenting produk serta layanan yang terdapat pada MNC Sekuritas.

Kelebihan MNC Sekuritas

Tentunya, pada MNC Sekuritas juga memiliki beberapa keunggulan, berikut keunggulan yang bsa sobat simak untuk menjadi bahan pertimbangan :

Fitur MNC Trade Untuk Transaksi

Nah fitur yang memudahkan yang pertama yaitu ada fitur MNC Trade. Dimana fitur ini memungkinkan para nasabah nantinya dapat melakukan trading saham dengan cepat, membaca pergerakan kurs saham yang dimiliki, sampai mengawasi dan dibuat dalam bentuk grafik serta data fundamental yang lengkap dan terupdate.

Fitur Super Order

Fitur ini juga menjadi andala bagi para investor, dimana dengan kehadiran fitur ini, para investor akan sangat terbantu untuk memaksimalkan profit serta memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian. Juga fitur ini menawarkan informasi riset terpadu tentang kondisi pasar modal yang selalu diperbarui setiap harinya dan dijelaskan secara detail. Nah fitur Super Order tersedia di platform MNC Sekuritas.

Besaran biaya deposit awal cukup terjangkau

Nah di MNC Sekuritas, untuk minimal deposit awal sangat ringan, sobat yang berprofesi sebagai mahasiswa atau pelajar bisa menyetorkan dana yaitu sebesar Rp100.000, sedangkan bagi nasabah umum, nilai deposit pertama adalah sebesar Rp2.000.000.

Jadi, bagi sobat yang masih pelajar, tentu saja ini menjad kesempatan untuk menabung invesatasi.

Biaya pembelian dan penjualan tergolong rendah

Untuk masalah biaya atau Fee di pembelian atau penjualan saham di MNC Sekuritas, sobat tidak perlu khawatir merasa mahal, pasalnya biaya tersebut adalah 0.28% per transaksi, sementara untuk fee beli saham sebesar 0.18% per transaksi. Sangat terjangkau dan tidak memberatkan bukan?

Kemudahan Untuk Mendaftar

Untuk mendaftar di MNC Sekuritas, tentu sangat simple dan cepat. Baik sobat yang berprofesi mahasiswa atau masyarakat umum, pendaftarannya sama-sama mudah, jadi tidak perlu risau.

Cara Daftar MNC Sekuritas

Untuk mendaftar investasi di MNC Sekuritas, sobat bisa simak langkah-langkahnya disini :

  • Pertama, silahkan sobat Buka situs resmi MNC Sekuritas di www.mncsekuritas.id lalu klik “Buka Akun”
  • Jika sudah, sobat bisa Isi semua data yang diperlukan di formulir pendaftaran serta Persetujuan Pembukaan Rekening Efek untuk Perorangan dengan lengkap
  • Selanjutnya sobat bisa cetak dan bubuhkan tanda tangan di atas materai pada setiap lembarnya.
  • Kemudian, silahkan pilih salah satu nama bank yang menjadi Rekening Dana Investor atau RDI dengan opsi Bank BRI, Mandiri, BCA, dan lain sebagainya.
  • Seanjutnya sobat silahkan kirim seluruh berkas pendaftaran rekening efek (termasuk fotokopi KTP, NPWP, cover buku tabungan, dan dokumen pendaftaran) ke alamat kantor MNC Financial Center di Jalan Kebon Sirih No. 21-27, Jakarta Pusat

Note : sobat bisa tanyakan call center MNC Sekuritas di nomor 1500 899

Mirae Asset Sekuritas 

Mirae Asset perusahaan Sekuritas terbaik
Logo Mirae Asset Sekuritas

Sekuritas terbaik selanjutnya yaitu ada Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Perusahaan sekuritas yang didirikan pada tahun 1994, begitu populer. Lahir dengan nama Monas Buana Securities dan berpusat di Jakarta, Indonesia, sekuritas satu ini selalu menduduki Top 3 Stock Exchanges.

Mengalami berbagai akuisisi pada than 2003, dan 2013, perusahaan sekuritas ini berganti nama menjadi Daewoo Securities Indonesia yang bertahan hingga tahun 2013 sebelum akhirnya berubah menjadi PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia hingga yang kita ketahui kini .

Perusahaan sekuritas terbaik, Mirae Asset Sekuritas Indonesia ini pernah berhasil mendapat gelar sebagai sekuritas terbaik di Indonesia pada tahun 2018.

Dengan begitu, nilai transaksi investor domestik memacu nilai transaksi saham investor di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. dimana, perusahaan ini berhasil mencapai nilai transaksi saham tertinggi sekaligus terbaik di tahun 2020, yaitu sebesar Rp 227,13 triliun per September 2020.

Sama seperti MNC Sekuritas, di Mirae Asset Sekuritas sendiri memiliki produk dan layanan yang ditawarkan, adapun sebagai berikut :

  • Transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi
  • Transaksi saham dan reksa dana secara online, untuk produk konvensional maupun syariah
  • Transaksi saham secara margin (pinjam meminjam)
  • Corporate finance (merger/akuisisi, pencatatan saham dan obligasi di Bursa Efek Indonesia)
  • Riset perusahaan dan ekonomi

Indo Premier Sekuritas

Indopremier perusahaan Sekuritas terbaik
Logo Indo Premier Sekuritas

Informasi sekuritas terbaik yang perlu sobat ketahui yaitu ada Indo Premier Sekuritas. Namanya cukup tidak asing bukan? Yup perusahaan sekuritas yang dibangun pada tahun ’96 ini masuk dalam salah satu perusahaan sekuritas swasta terbesar dan terbaik di Indonesia.  

Dahulu, PT Indo Premier Sekuritas ini dinamai PT Indo Premier Securities sejak tahun 2002. Namun pada 2017, perusahaan berganti nama menjadi yang kita ketahui sekarang.

Menurut informasi yang disampaikan di Bloomberg, sekuritas satu ini (Indo Premier Sekuritas) berhasil menjadi sekuritas anak bangsa yang berada di posisi teratas dalam persaingan pasar obligasi paruh pertama 2019 dengan volume transaksi mencapai Rp. 10 triliun (menguasai pangsa pasar 20%), lalu berada di peringkat ke-2 dalam perdagangan saham dengan volume transaksi Rp. 1,9 triliun (menguasai pangsa pasar 12,9 %) per 31 Agustus 2019.

Nah perusahaan sekuritas IndoPremier beroperasi secara legal dan aman, dibuktkan dengan adanya izin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Seperti perusahaan sekuritas sebelumnya, disini juga menyediakan Produk serta layanan yang ditawarkan oleh Indo Premier Sekuritas untuk para investor, berikut layanannya:

Layanan Indo Premier Sekuritas

  • Investasi reksadana; investasi ini dapat digunakan baik secara individu maupun keluarga.
  • Finance Planning; planning keuangan ini dapat digunakan baik investor untuk mengatur keuangan agar lebih maksimalkan dalam mendapatkan keuntungan.
  • Investment banking; fitur ini khusus dibuatkan untuk investor korporat dan institusi.
  • Equity sales & trading; fitur ini khusus dibuatkan untuk investor korporat dan institusi.
  • Fixed income sales & trading; fitur ini khusus dibuatkan untuk investor korporat dan institusi.

BNI Sekuritas 

BNI perusahaan Sekuritas terbaik
Logo BNI Sekuritas

Sekuritas terbaik selanjutnya yaitu ada BNI Sekuritas. Perusahaan sekuritas yang menjadi anak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ini, bergerak di pasar modal sejak tahun 1995. Sebelumnya, perusahaan ini bernama BNI Securities sampai tahun 2017. Nah Saham PT BNI Sekuritas sendiri terbagi dengan SBI Securities asal Jepang pada tahun 2011, dimana menghasilkan struktur 75% untuk BNI dan 25% untuk SBI Securities.

Bukan hanya perdagangan saham, perusahaan sekuritas terbaik ini juga dapat melakukan perdagangan surat utang, investment banking, hingga assets management.

Nah kepopuleran atau pamor BNI Sekuritas sendiri tentu saja disokong dengan berbagai penghargaan, salah satunya pernah mendapatkan gelar terbaik pada tahun 2018, untuk kategori “The Most Active Securities Company” dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Perusahaan ini tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk masalah periinan, PT BNI Securities sudah mengantongi izin usaha di bidang penjamin emisi efek dengan Nomor: KEP-20/PM/1995 dan atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor: KEP-20/PM.2/2017.

Izin usaha sebagai perantara pedagang efek juga tercatat di Nomor: KEP-19/PM/1995 dan atas nama PT BNI Sekuritas di Nomor: KEP-21/PM.2/2017.

Itu kenapa, banyak investor yang memilih BNI Sekuritas. Nah berikut adalah produk dan layanan di BNI Sekuritas.

Produk dan Layanan BNI Sekuritas

  • Investment banking; fitur ini memungkinkan adanya layanan emisi penjaminan kepada calon emiten dan membantu dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Penawaran Umum Perdana baik saham, obligasi, atau penerbitan efek utang lainnya
  • Equity brokerage; layanan ini berfungsi sebagai perantara pedagang efek
  • Fixed income brokerage; layanan ini menjadi pengelolaan perdagangan surat utang untuk memudahkan
  • Mutual fund selling agent; layanan agen penjual reksadana;

Ajaib Sekuritas

Ajaib perusahaan Sekuritas terbaik
Logo Ajaib Sekuritas

Ini dia rekomendasi sekuritas terbaik terakhir yang kami rekomendasikan untuk sobat. Apalagi kalau bukan sekuritas Ajaib Group. Pendatang baru ini sangat populer, dan banyak orang sudah mengenal nama ini. Bagaimana tidak? Sekuritas ini bukan hanya menjual reksa dana, namun juga telah menjadi broker saham. Karena pada akhir Mei 2020, Ajaib Group melakukan akuisisi terhadap Primasia Unggul Sekuritas (Primasia Sekuritas). Itu kenapa Ajaib makin besar dan terkenal.

Nah Ajaib sendiri juga menyediakan platform investasi dengan rekomendasi berdasarkan profil risiko.

Masalah perizinan, Ajaib Group sendiri telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan merupakan anggota IDX dengan payung hukum PT Ajaib Sekuritas Asia (d/h PT Primasia Unggul Sekuritas) dengan mengantongi nomor izin KEP-171/PM/1992.

Produk dan Layanan Ajaib Sekuritas

Nah berikut ulasan tentang produk dan layanan yang dimiliki oleh Ajaib Sekuritas, yaitu :

  • Investasi reksadana online melalui Ajaib Reksa Dana
  • Investasi saham online melalui Ajaib Sekuritas Asia

Kelebihan Ajaib Sekuritas

Ajaib sendiri memiliki beberapa kelebihan, adapun diataranya :

  • Modal minimum investasi yang begitu terjangkau

Nah kelebihan yang pertama yaitu investor dapat melakukan investasi reksadana di Ajaib hanya sebesar Rp. 10.000, sementara untuk saham adalah minimal 1 lot atau 100 lembar saham sesuai dengan harga yang mengikuti nilai dari saham emiten tersebut.

  • Biaya transaksi yang murah (tidak memberatkan)

Pada Ajaib Sekuritas, biaya transaksi sangat terjangkau, bagaimana tidak? Pasalnya biaya transaksi besarannya antara 0,10% hingga 0,08% yang tergantung dari volume perdagangan. Tapi ada juga biaya tambahan, dimana biaya tersebut yaitu BEI, KPEI, KSEI sebesar 0,043%, PPN biaya broker sebesar 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. Walau banyak, jika ditotalkan juga tidak terlalu besar!

  • Tersedia aplikasi untuk mempermudah

Nah dengan adanya aplikasi sebagai platform untuk trading saham dan reksadana secara online, dengan begitu sobat bisa lebih mudah memantau portofolio sobat tanpa terbatas waktu dan hari.

  • Terdapat forum sharing dan training

Dengan adan ya forum berbagi dan pelatihan, tentunya akan sangat membantu para investor dalam mempertimbangkan pembelian atau penjualan saham. Tenang saja, forum tersebut gratis, dan sobat bisa bertanya sepuasnya disana.

  • Diversifikasi portofolio

Terakhir, Ajaib cocok untuk diversifikasi portofolio karena sobat dapat berinvestasi saham, reksadana, hingga tematik dalam satu platform, bisa dikatakan all in one. Nah sobat juga akan mendapatkan portofolio dengan profil risiko yang cenderung konservatif maupun agresif sesuai keinginan.

Bagaimana Cara Daftar Ajaib Sekuritas?

Untuk mendaftar di Ajaib Sekuritas, sobat bisa simak langkah-lagkahnya dibawah ini ::

  • Pertama, silahkan sobat untuk mengunduh aplikasi Ajaib di PlayStore maupun AppStore.
  • Jika sudah, silahkan install dan buka aplikasinya
  • Kemudian sobat bisa langsung daftar
  • Nantinya akan diminta isi data diri, serta foto KTP dan NPWP (opsional)
  • Jika sudah, maka akan dilakukan verifikasi

Note : untuk verifikasi sendiri memakan waktu

  • Silahkan tunggu proses verifikasi
  • Jika sudah, maka rekenening sobat akan dibuka, dan sobat bisa melakukan transaksi jual beli saham
  • Selesai!

Daftar Artikel Terkait Saham Lainnya

Di atas adalah artikel terkait sekuritas terbaik yang bisa Sobat gunakan untuk memulai berinvestasi saham, selain itu kami juga sudah membuat beberapa artikel terkait saham dan trading yang siapa tahu bisa menambahkan pengetahuan sobat. Berikut adalah daftarnya:

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang rekomendasi sekuritas terbaik yang bisa kami bagkan. Bagaimana? sudah cukup jelas bukan? dengan adanya referensi dalam artikel ini, sobat bisa lebih menentukan ingin mendaftar di sekuritas mana untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

Jika ada rekomendasi lain, sobat bisa bagikan ke kita semua melalui kolom komentar dibawah ya! Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

FAQ

Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham?

Pertama sobat buka rekening Sekuritas, atau paling mudah bisa membuka RDN dari Ajaib dengan menginstal aplikasinya. Setelah membuat akun dan melakukan verifikasi, Sobat akan mendapatkan Rekening untuk mendepositkan modal yang akan Sobat gunakan untuk membeli saham.

Syarat Buka Rekening Efek di Perusahaan Sekuritas?

Syarat umumnya : Fotokopi KTP, NPWP (opsional), halaman depan buku tabungan, serta materai Rp 6.000 2 lembar. Tapi jika Sobat menggunakan aplikasi kemungkinan hanya memerlukan foto ktp dan foto selfie dan juga verifikasi melalui video call.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks