Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik Beserta Fungsinya

Set Top Box TV Digital

Set top Box TV Digital – Beberapa bulan lalu, tepatnya di bulan Agustus, pihak Kominfo mengumumkan tentang kebijakan baru dalam menikmati layanan televisi dari siaran TV analog menuju TV digital. Kebijakan ini menyebabkan banyak masyarakat khawatir. Pasalnya, ada beberapa wilayah di Indonesia antara lain Aceh, Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Timur, Kota Samarinda, dan Kalimantan Utara yang akan diberlakukan tahap satu Analog Switch Off (ASO) TV digital.

Maka solusi untuk menjawab kekhawatiran ini, pemerintah menyediakan satu produk bernama Set Top Box atau STB TV digital sebagai alat peralihan TV analog ke TV digital secara mudah dan praktis digunakan. Selain itu kami juga sudah membahas cara dapatkan STB gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas TV digital dan Set Top Box atau STB secara tuntas, mulai dari fungsi, harga hingga macam-macamnya. Simak baik-baik ulasannya.

Definisi TV Digital

Set Top Box TV Digital

TV digital merupakan satu perangkat televisi yang digunakan sebagai alat penangkap sinyal digital dalam bentuk bit data berisi informasi siaran. TV digital atau D TV juga bisa diartikan sebagai modulasi digital dan sistem komunikasi penyiaran televisi yang berbentuk suara, gambar dan data informasi kepada sistem yang telah diperbaharui.

Sebenarnya fungsi TV digital sama halnya dengan sistem komunikasi yang sudah kita kenal seperti streaming, Youtube dan lain yang sejenisnya. Namun pada TV digital kualitas suara, gambar dan informasi lain lebih bagus dan dipastikan tidak akan mengalami gangguan seperti gambar rusak dan lain sebagainya ketika sedang melakukan siaran. Bahkan, pihak Kominfo menegaskan TV digital akan memiliki rasio sebanyak 16:9. Hal ini tentu menggembirakan bagi kamu penikmat siaran televisi yang tentunya akan memberikan kualitas pengalaman menonton televisi lebih baik lagi bagi masyarakat.

Dari berbagai pengertian mengenai TV digital di atas, dapat kita sederhanakan bahwa yang dimaksud TV digital adalah TV yang sudah mengalami perubahan baik dari sistem penerimaan informasi maupun dari kualitas sajian gambar dan informasi lain yang dihasilkan saat penyiaran.

Fungsi Set Top Box TV Digital

Kata Set Top Box atau STB mungkin masih terdengar asing. Pasalnya, perangkat satu ini memang belum banyak yang menggunakannya. Terlebih bagi kamu yang kurang begitu mengikuti arus perkembangan zaman mengenai sistem pertelevisian.

Lalu apa sih fungsi sebenarnya dari adanya perangkat Set Top Box TV Digital? Setidaknya ada beberapa fungsi penting dikeluarkannya produk satu ini, antara lain sebagai berikut:

Penerima dan Konverter

Fungsi pertama yang dimiliki Set Top Box TV Digital atau STB adalah sebagai receive and converter (penerima dan konverter). Fungsi ini menegaskan bahwa Set Top Box atau STB berfungsi sebagai alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi suara dan gambar yang disesuaikan pada sistem tampilan di TV analog biasa.

Fungsi ini cukup praktis dan menghemat biaya, di mana masyarakat tidak perlu membeli lagi TV yang memiliki standarisasi modern yang pastinya akan membebankan masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Sebagai Alat Pendukung Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2)

Fungsi selanjutnya yang dimiliki Set Top Box atau STB adalah sebagai alat pendukung broadcasting-second generation terrestrial (dvb-t2). Sebagaimana kita tahu bahwa untuk mengimbangi arus modernisasi saat ini pemerintah mengeluarkan Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2) sebagai alat transmisi siaran televisi terestrial digital.

Alat ini dapat mentransmisikan audio, gambar dan data lain tersaji secara digital. Hingga tahun 2019 yang lalu, perangkat DVB-T2 digunakan dalam beberapa siaran televisi di sejumlah negara maju lainnya seperti Inggris, Italia, Finlandia dan negara lain yang menggunakan layanan perangkat ini.

Untuk itu di negara kita Indonesia sejak diberlakukannya peralihan dari TV analog ke TV digital tentu sangat menggembirakan bagi semua kalangan terlebih bagi yang sudah mempunyai DVB-T2 karena akan sangat berguna ketika dilengkapi dengan Set Top Box atau STB sehingga bukan hanya siaran global saja yang tersedia juga dapat menikmati siaran lokal yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan siaran mancanegara.

Perbedaan Set Top Box atau STB dengan Antena

Set Top Box atau STB dengan antena cukup banyak perbedaan baik dari bentuk hingga dari fungsi yang dimiliki keduanya. Antena rumah biasa digunakan sebagai alat untuk menangkap sinyal siaran dari stasiun televisi. Semantara Set Top Box atau STB berguna untuk merubah sinyal digital yang diterima kemudian diolah menjadi sinyal analog untuk dapat disambungkan kepada TV analog.

Perbedaan mendasar lain antara Set Top Box atau STB dengan Antena adalah dari model keduanya. Antena menggunakan alat atau model ulir yang dipasangkan dengan perangkat lain yaitu konektor RG 6 atau juga bisa dipasangkan dengan konektor RG11. Sedangkan Set Top Box menggunakan model coaxial connector male dan female secara berdekatan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Tips Memilih Set Top Box TV Digital atau STB

Inilah beberapa tips sederhana yang dapat dijadikan referensi untuk memilih set top atau STB dengan kualitas terbaik. Berikut uraiannya:

Kualitas Spesifikasi Harus Sesuai Kebutuhan

Beberapa hari minggu lalu pemerintah merilis 9 merk dan harga Set Top Box atau STB yang memiliki sertifikasi dari Kementrian Informatika (Kominfo). Dalam pemberitaan tersebut terdapat beberapa set top box dengan harga Rp. 300.000 dan disertai dengan fitur tambahan seperti IPTV, Youtube, Streaming dan aplikasi lain yang membutuhkan akses jaringan internet yang memadai. Hal ini juga akan berdampak pada pengeluaran yang kamu bayar untuk membeli semua akses tersebut.

Sebenarnya jika yang kamu butuhkan hanya TV digital sebagai layanan untuk menikmati siaran televisi secara gratis. Namun jika kamu membutuhkan hiburan lain seperti layanan Youtube dan lain sebagainya kamu bisa membeli akses lebih untuk menunjang akses internet.

Cari Tau Harga

Tips selanjutnya jika kamu ingin menggunakan layanan Set Top Box atau STB adalah dengan mencari tahu harga terkini dengan kualitas terbaik. Sebagai orang yang ingin menggunakan layanan digital tentu harga adalah nomor satu, karena ada pepatah lama mengatakan harga menentukan kualitas.

Ungkapan tersebut memang benar, selain kamu harus memahami secara lengkap tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Set Top Box atau STB yang akan kamu gunakan, kamu juga harus pintar mencari tahu harga terkini, agar tidak kecewa di kemudian hari.

Harga Set Top Box

Set Top Box TV Digital

Jika kamu tertarik menggunakan Harga Set Top Box sebagai solusi peralihan TV analog menuju TV digital maka kamu harus memilikinya segera. Kamu bisa melihat di beberapa marketplace terkenal yang ada di Indonesia untuk memilih harga terbaik sesuai kondisi keuangan kamu saat ini.

Rata-rata harga yang dikeluarkan untuk memiliki Harga Set Top Box dengan standar baik berkisar di harga Rp. 210.000 hingga Rp. 500.000. Beberapa produk yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut:

  1. STB Akari ADS-210, berkisar di harga Rp. 400.000 sampai Rp. 500.000.
  2. STB Ichiko 8000HD, berkisar di harga Rp. 210.000 sampai harga Rp. 270.000.
  3. STB Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD, berkisar di harga Rp. 250.000 sampai Rp. 300.000.
  4. STB Venus Brio, berkisar di harga Rp. 215.000 sampai harga Rp. 380.000.
  5. STB Polytron PDV 600T2, berkisar di harga Rp. 390.000 sampai Rp. 550.000.
  6. STB Tanaka T2, berkisar di harga Rp. 220.000 sampai harga Rp. 265.000.

Set Top Box TV Digital Terbaik Tahun 2022

Jika Sobat sudah mengetahui cara memilih set top box TV digital terbaik, kami akan merekomendasikan beberapa perangkat terbaik di tahun 2022 ini. Berikut adalah pilihannya:

Akari ADS – 2230 DVB-T2 + EWS

set top box tv digital terbaik

Salah satu pilihan yang bisa sobat gunakan adalah set top box tv dari Akari dengan kode ADS- 2230. Perangkat ini mampu menerima siaran TV digital terbaik dengan antena UHF dan VHF.

Selain itu perangkat set top box ini bsia digunakan untuk semua jenis TV, termasuk TV tabung, jadi gak perlu khawatir dengan kompetibelitasnya.

Sobat juga dapat melihat kekuatan sinyal dari indikator yang tersedia, jadi akan sangat memudahkan sobat mengetahui seberapa kuat sinyal yang diterima.

Fitur lainnya, set top box terbaik dari Akari ini memiliki software yang dapat dengan mudah di upgrade menggunakan port USB 2.0 dan dilengkapi dengan teknologi smart cool agar tidak cepat panas dan dapat digunakan selama berjam-jam.

Harga Set Top Box Akari 2230 DVB ini berkisar di harga Rp.299.000 Sobat bisa mendpatkannya melalui link pembelian di bawah ini.

Lihat Produk di Shopee
Lihat Produk di Tokopedia

Evercoss STB Pro

set top box tv digital terbaik

Selanjutnya ada STB dari Evercoss yang merupakan receiver TV digital dengan resolusi Full HD berkualitas tinggi dengan hasil yang jernih.

Fitur unggulannya adalah mampu merekam siaran TV yang membuat Sobat tidak perlu takut ketinggalan acara kesayangan, tapi perlu dipastikan dulu memori yang sobat gunakan ya.

Set Tob Box ini dilengkapi dengan prt USB dan kabel HDMI, selain itu perangkat sudah support dengan format mp4 dan mp3 jadi sobat bisa menonton file yang sobat simpat ke memori perangkat.

Fitur lain yang menjadi daya tarik adalah dilengkapi dengan Wi-Fi Dongle, sehingga sobat bisa menggunakan STB ini secara online untuk mengakses TV online.

Harga Evercoss STB Pro ini berkisar di harga Rp.299.000 cukup murah bukan?

Lihat Produk di Shopee
Lihat Produk di Tokopedia

Polytron PDV 600T2

set top box tv digital terbaik

Set top box digital terbaik selanjutnya datang dari Polytron dengan kode merk PDV 600T2.

Perangkat ini hanya menangkap siaran TV menggunakan antena UHF, sehingga perangkat bisa digunakan disemua merk dan jenis TV termasuk tabung, LCD, LED dan plasma.

Jangan khawatir dengan hasil siaran yang ditampilan, karena dijamin setara dengan TV kabel berbayar, jadi sobat akan mendapatkan tayangan yang stabil tanpa adanya gangguan gambar buram atau bahkan berbayang.

Fitur lain yang ada pada STB Polytron PDV 600T2 adalah dilengkapi dengan port untuk flashdisk, sehingga sobat bisa memutar media file yang tersimpan di dalam penyimpanan.

harga Polytron PDF 600T2 ini berikisar di harga Rp.329.000

Lihat Produk di Shopee
Lihat Produk di Tokopedia

Goldsat Revo DVB T2

set top box tv digital terbaik

Atau sika sobat ingin memiliki set tob box tv digital terbaik dengan harga yang lebih murah, sobat bisa menggunakan Goldsat Revo DVB T2 yang dijual di harga Rp.189.000 saja.

walaupun harganya mudah, STB ini punya fitur menonton TV online atau bahkan membuka aplikasi Youtube, karena terdapat port yang dapat digunakan untuk memasang perangkat WiFi Dongle.

STB Goldsat Revo ini mampu menghasilkan gambar Full HD, dan memutar film dengan format AVI dan MKV, selain itu perangkat juga bisa membuka file dengan format JPEG, BMP dan musik mp3.

Fitur lain STB ini juga didukung oleh koneksi eksternal portable hard drive atau HDD untuk penyimpanan file yang lebih besar.

Lihat Produk di Shopee
Lihat Produk di Tokopedia

Venus Cabai Rawit

set top box tv digital terbaik

Pilihan Set Top Box TV digital Terbaik dengan harga murah lainnya ada Venus Cabai Rawit.

Walaupun harganya murah, perangakt STB ini mampu menghasilkan gambar yang jernih dengan resolusi Full HD, dan bisa membaca file multimedia mp3, mp4, JPEG, MOV, AVI, dan MKV.

Selain itu perangkat juga bisa disambungkan dengan internet dan juga dilengkapi dengan port USB. Fitur lainnya STB ini bisa mengonversi secara otomatis format siaran PAL/NTSC yang akan membuat gambar siaran luar negeri akan presisi dan nyaman untuk di tonton.

Harga Set Top Box TV Digital Venus Cabai Rawit ini berkisar di harga Rp.199.000.

Lihat Produk di Shopee
Lihat Produk di Tokopedia

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang dapat saya sampaikan terkait Set Top Box TV Digital Terbaru di tahun 2022, selain sobat bisa mencari sendiri STB TV Digital sendiri dengan tips yang sudah kami berikan, sobat juga bisa langsung melihat daftar rekomendasi perangkat yang tersedia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat sekalian.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks