Pop Up Arti, Fungsi dan Tipe-Tipenya

  • Whatsapp

Pastinya sobat semua tidak asing mendengar kata Pop Up bukan? terlebih bagi sobat yang sering membaca maupun menonton ulasan tentang aplikasi, ponsel, komputer, laptop di kanal website maupun Youtube. Nah, Pop Up sendiri salah satu dari sekian banyak istilah dalam dunia teknologi yang sering digunakan. Tentu saja mau tidak mau kita harus mengenal apa itu Pop Up dan fungsi atau kerja Pop Up bagaimana. Penasaran? Silakan sobat simak artikel mengenal po up secara detail ini hingga tuntas.

Pengertian Pop Up

pengertian pop up

Istilah Pop Up adalah bukan hanya ada pada jaman kemunculan Andoid. Jauh sebelum itu, istilah Pop Up sendiri telah dikenal oleh para pengguna komputer atau laptop. Lalu Pop Up artinya apa? Secara definisi, Pop Up sendiri memiliki arti yang luas. Perlu Sobat ketahui, Pop Up adalah jendela kecil melayang yang berisi beberapa elemen menu yang muncul setelah pengguna mengklik pada salah satu opsi.

Kenapa istilah Pop Up luas? Karena Pop Up juga memiliki beberapa tipe dan Pop Up bertugas untuk mengintegrasikan pengguna dengan sistem.

Apa itu Pop Up di android

Sama halnya dengan komputer, jendela Pop Up di perangkat mobile smartphone Android dan Apple akan muncul atau ditemukan jika masuk pesan WhatsApp, channel Youtube yang update video baru, berita hot dari Google News yang muncul di atas layar. Terbayang kan?

Selain itu, Sobat sebagai pengguna Android pasti kerap menemukan iklan yang muncul tiba-tiba saat bermain game atau membuka salah satu website bukan? Nah, itu juga dikatakan Pop Up advertisement. Pop ip ini membawa link yang akan me-redirecting pengguna jika mengkliknya, misal sobat klik Pop Up iklan Shopee, maka nantinya Sobat akan masuk ke aplikasi Google Play Store.

Tipe-Tipe Pop Up

apa itu pop up

Pop Up Menu

Lalu apa itu jendela Pop Up dan Pop Up menu? Nah, jendela Pop Up sendiri merupakan bagian dari unsur Pop Up itu sendiri. Dengan kata lain, jendela Pop Up membawa beberapa menu terkait dengan opsi yang pengguna klik. Misalnya sobat klik kanan pada software Chrome yang ada di desktop laptop, maka akan muncul opsi seperti Open, Open With, Add To Archive, Send To, Copy, Properties, dan lain sebagainya.

Lalu juga saat melakukan klik kanan sembarang di dekstop atau halaman utama Windows, maka sobat akan mendapati beberapa opsi dalam sebuah jendela kecil, seperti opsi Refresh, View, New, Display Settings, dan Personalize.

Dengan begitu, jendela inilah yang disebut dengan Pop Up menu, yaitu sebuah Pop Up yang berisi dengan elemen-elemen menu yang berfungsi untuk membuat pengguna dapat berinteraksi dengan sistem.

Pop Up Notifikasi Aplikasi

Selanjutnya ada Pop Up notifikasi dari sebuah aplikasi. Pop Up notifikasi ini dapat berisi pemberitahuan  seperti pembaruan paa aplikasi, pesan yang masuk, iklan, dan sebagainya. Yang membedakan, Pop Up notifikasi biasanya muncul secara tiba-tiba atau otomatis di layar ponsel atau komputer, dan cenderung tidak kita inginkan.

Pop Up Dialog Box

Selanjutnya ada Pop Up dialog box. Pop Up ini berbeda dengan Pop Up menu, pengertian Pop Up dialog box ini mengacu pada fungsinya yang cenderung memberikan konfirmasi maupun peringatan kepada kepada pengguna. Pop Up dialog box ini akan muncul sebagai peringatan saat Sobat melakukan kesalahan atau melakukan kegiatan tidak sesuai prosedur.

Mudahnya seperti contoh saat Sobat mengetik tugas di Microsoft Excel dan Word, lalu langsung close dengan klik tanda X tanpa sobat save, maka sebelum aplikasi Excel atau Word ini tertutup, maka sistem akan menampilkan jendela kecil yang muncul berisi konfirmasi berisi beberapa opsi seperti save file, membatalkan aksi, atau continue without save/melanjutkan tanpa menyimpannya.

Pop Up Iklan

Sebenarnya telah kami jelaskan di atas tentang Pop Up satu ini. Nah, iklan popup adalah Pop Up yang berisi sebuah poster atau tulisan yang bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk.

Apakah Pop Up iklan aman jika di klik? Sebetulnya kembali lagi bahwa Pop Up iklan berguna untuk memasarkan sebuah produk dan berarti aman jika di klik. Namun kendati begitu, Pop Up iklan ini tidak seluruhnya aman. Biasanya Pop Up iklan yang tidak aman dan berisi malware terletak pada web-web illegal seperti web nonton film ilegal gratis, web berisi cheat atau software untuk hacking, dan dan web ilegal lainnya.

Pop Up Graphics

Yang terakhir yaitu ada Pop Up Graphics. Dimana istilah Pop Up ini biasanya digunakan pada video game, dengan sebutan Pop Up Graphics. Istilah ini diasosiasikan pada sebuah fenomena yang terkait dengan jarak penarikan terbatas dalam video game 3D.

Cara Mengatasi Agar Tidak Muncul Pop Up Iklan

apa itu pop up

Terkadang memang Pop Up iklan ada yang benar-benar menutupi layar sehingga benar-benar sangat menjengkelkan, terlebih saat bermain game di ponsel. Nah, Bagi Sobat yang kerap terganggu oleh iklan-iklan yang muncul secara tiba-tiba saat mengakses aplikasi atau sebuah situs, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasinya.

Berikut uraiannya:

Menggunakan Aplikasi Adblok

Nah, aplikasi Adblock sangat berguna lho bagi pengguna yang kerap mendapati iklan yang menganggu. Pasalnya aplikasi Ad Blocker bekerja dengan memblokir iklan yang masuk. Sobat bisa menemukan banyak aplikasi pemblokiran iklan baik di computer maupun di HP.

Meski begitu, tidak semua aplikasi pemblokiran worth it.

Berlangganan / Upgrade Akun Menjadi Akun Premium

Tips ini masih ada kaitannya dengan tips pertama, dimana aplikasi pemblokir iklan juga tidak semuanya gratis, alias Sobat harus berlangganan agar aplikasi pemblokir iklan bekerja dengan optimal.

Juga pada beberapa game atau aplikasi menerapkan sistem seperti ini, dimana pengguna bisa menghilangkan iklan yang menganggu dengan meng-upgradeĀ­ akun menjadi premium.

Tidak membuka website illegal

Tips terakhir yaitu sebaiknya Sobat menghindari mengakses situs-situs ilegal. Pasalnya banyak malware yang siap menyusupi sistem perangkat dan akan melakukan spam iklan secara terus menerus maupun memata-matai aktivitas di perangkat.  

Untuk lebih jelasnya, Sobat bisa simak ulasan Cara Hilangkan Iklan, Pop Up, dan Malware di HP yang Menganggu! berikut ini!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang apa itu Pop Up, kegunaan, dan tipe-tipenya yang ada di komputer maupun di HP. Bagaimana? sekarang Sobat sudah memahami bukan? Bagikan artikel ini agar banyak orang lebih tahu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *