Cara Mengganti Nada Dering WA

  • Whatsapp

Apa sih nada dering yang Sobat gunakan untuk panggilan dan pesan WhatsApp? Apakah masih default bawaan dari awalnya, atau Sobat sudah menggantinya dengan nada lain yang Sobat sukai? Jika Sobat belum mengetahui cara mengganti nada deri WA, Sobat masuk di halaman yang tepat! Karena kami akan mengulasnya untuk Anda.

Cara Mengubah Nada Dering WA

Cara Mengganti Nada Dering WA

WhatsApp menyediakan fitur nada dering bukan hanya baru-baru ini, namun pada versi sebelumnya juga WhatsApp sudah menyediakan berbagai opsi nada dering untuk pengguna. Bahkan nada dering tersebut juga bisa pengguna custom dengan musik favoritnya.

Read More

Nada dering yang itu-itu saja memang membuat bosan, maka dari itu Sobat bisa ubah ringtone-nya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengganti nada dering notifikasi pesan masuk? tenang, cara mengganti nada dering wa terbaru tidak sulit kok! Sobat bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah cara mengganti nada dering WA

  1. Buka Aplikasi WhatsApp

    Langkah pertama, silakan Sobat buka aplikasi WhatsApp di HP Android atau iPhone.

  2. Pergi Ke Menu Pengaturan atau Settings

    Jika sudah masuk ke WhatsApp, Sobat bisa klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, dan masuk ke menu pengaturan atau settings.

  3. Pergi Ke Menu Notifikasi

    Pada laman pengaturan, Sobat bisa ketukan menu Notifications.

  4. Klik Pengaturan Nada Dering Notifikasi

    Cara ganti nada dering WA, langsung saja Sobat ketuk menu notifications tone atau nada dering notifikasi.

  5. Izinkan Perizinan Akses Jika Diminta

    Pada beberapa perangkat, dibutuhkan perizinan untuk akses notifikasi. Silakan Sobat izinka untuk mulai mengganti nada dering atau ringtone.

  6. Pilih Nada Dering Yang Diinginkan

    Di sini Sobat bisa bebas memilih nada dering yang tersedia. Jika ingin mendengarkan nada deringnya terlebih dahulu, Sobat bisa klik masing-masing nada dering yang ada, maka nantinya nada dering akan otomatis terputar.

Itulah cara mengganti nada dering WA notifikasi pesan. WhatsApp sendiri memang banyak menyediakan pilhan nada dering yang bisa Sobat gunakan. Namun tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, apakah bisa mengganti nada dering dengan musik yang kita inginkan? misal musik dari artis idola? jawabannya tentu bisa.

WhatsApp juga menyediakan fitur penggantian nada dering atau ringtone custom dari file yang kita inginkan. Bagaimana cara ganti nada dering WA tersebut? caranya sama saja seperti yang telah dijelaskan. Namun bedanya ada di langkah terakhir.

Pada halaman yang berisi daftar ringtone, terdapat pilihan ringtone yang disediakan oleh WA bukan? nah, untuk memilih nada dering dari HP, Sobat bisa klik opsi Custom > Select From Files di paling atas, lalu pilih nada dering yang ada di file manager Sobat.

Jangan khawatir, fitur ini tersedia untuk semua jenis HP Android. Cara mengganti nada dering WhatsApp di HP Samsung, Realme, Xiaomi, dsb caranya sama saja. Silakan Sobat ikuti langkah-langkahnya ya.

Apakah Bisa Custom Nada Dering di Perangkat iPhone?

Sayangnya bagi Sobat pengguna iPhone, tidak ada cara untuk memilih nada dering selain yang tersedia di dalam aplikasi WhatsApp. Sobat bisa mengganti nada dering yang digunakan saat aplikasi tertutup melalui Pengaturan WhatsApp > Pemberitahuan.

Di sini Sobat bisa memilih ringtone yang berbeda untuk pesan personal, pesan grup, maupun panggilan atau telepon WhatsApp.

Perlu Sobat ketahui, dengan adanya integrasi antara iOS 10, iOS 11, iOS 12, dan panggilan pihak ketiga, maka nada dering yang digunakan untuk panggilan suara WhatsApp adalah nada dering yang diatur di informasi kontak di dalam aplikasi Kontak iPhone. Jadi Sobat tidak bisa meg-custom-nya melalui WA langsung.

Nah, berikut cara mengganti nada dering WA untuk panggilan suara / Telepon WhatsApp pada iOS 10, iOS 11, dan iOS 12:

  1. Buka aplikasi Kontak iPhone.
  2. Lalu Sobat bisa ketuk nama kontak yang ingin Sobat tentukan nada dering khusus.
  3. Kemudian Sobat bisa pilih Edit di sudut kanan atas layar.
  4. Langsung saja pilih nada dering yang diinginkan.
  5. Terakhir, tinggal mulai ulang / restart iPhone.
  6. Selesai.

Cara Mengganti Nada Dering WA Pesan Grup

Cara Mengganti Nada Dering WA

Selain cara mengganti nada dering wa pesan dari teman, Sobat juga bisa mengganti nada dering untuk pesan yang masuk di grup, lho. Tentunya fitur nada dering ini sengaja disediakan WhatsApp agar memudahkan pengguna membedakan pesan yang masuk, apakah dari teman atau dari grup.

Apalagi jika WhatsApp kita juga terlibat untuk urusan pekerjaan, maka fitur nada dering dirasa bisa sangat membantu. Nah, berikut cara mengganti nada dering WA pesan grup.

  • Langkah pertama, silakan Sobat buka WhatsApp, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Kemudian masuk ke menu settings.
  • Jika sudah ketuk laman notifications.
  • Scroll ke bawah, lalu Sobat pilih di Notifications Tone di laman Groups.
  • Klik Izinkan jika diminta.
  • Terakhir, silakan tentukan nada dering yang diinginkan.

Sama halnya dengan mengganti nada dering pesan, Sobat juga bisa meng-custom atau memilih sendiri nada dering yang diinginkan untuk notifikasi grup. Caranya pilih custom > select from files.

Usahakan Sobat mengganti nada dering untuk notifikasi grup ini berbeda dengan nada dering notifikasi pesan. Hal ini supaya mempermudah untuk membedakan pesan yang masuk.

Cara Mengganti Nada Dering Telepon WA

Cara Mengganti Nada Dering WA

Selain penjelasan cara mengganti nada dering WA notifikasi chat personal dan chat grup, Sobat juga bisa mengganti nada dering Telepon WA lho.

Mengapa harus diganti? terkadang ada hal penting atau darurat yang ingin disampaikan ke kita melalui telepon, namun kita tidak mendengarnya karena nada dering telepon kita kurang keras. Atau juga karena mirip dengan nada dering notifikasi pesan sehingga kita tidak dapat membedakannya.

Tapi tenang, Sobat bisa mengganti nada dering telepon WA dengan nada dering yang tersedia maupun custom denan musik yang diinginkan. Berikut cara mengganti nada dering WhatsApp Telepon:

  • Langkah awal, Sobat bisa buka WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di kanan atas.
  • Lalu pergi ke menu pengaturan.
  • Ketika sudah di menu pengaturan, silakan pilih opsi notifikasi.
  • Scroll ke bawah, lalu Sobat pilih di Notifications Tone di menu calls atau telepon (posisinya berada di paling bawah).
  • Tekan “Allow” agar Sobat bisa mengakses nada deringnya.
  • Terakhir, tinggal pilih nada dering telepon yang diinginkan.

Untuk bisa mengganti nada dering dengan musik yang diinginkan (custom), caranya Sobat bisa pilih custom > select from files > pilih musik atau instrumen yang diinginkan.

Bagaimana? sangat mudah bukan cara mengganti nada dering WA telepon? silakan Sobat ikuti langkah demi langkahnya ya agar tidak salah.

Apakah ada cara membuat nada dering WA?

WhatsApp tidak menyediakan fitur pembuatan nada dering, pengguna hanya bisa memilih nada dering dari yang disediakan ataupun custom dari file yang sudah jadi. Untuk membuat nada dering WA, tersedia banyak aplikasi di Play Store atau juga Sobat bisa menggunakan rekaman suara sendiri melalui aplikasi recorder.

Nah Sobat bisa mencoba membuatnya dengan nada dering yang unik dengan aplikasi, seperti suara Spongebob, Doraemon, Naruto, dan sebagainya.

Baca juga bagaimana cara mengganti nomor WhatsApp tanpa mengganti akun yang bisa dilakukan dengan mudah!

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara mengganti ringtone whatsapp di android dan iPhone yang dapat kami sampaikan. Dengan demikian, untuk mengganti nada dering WA jadi tidak sulit lagi bukan? Semoga artikel ini bermanfaat!


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *