Cara Mengganti Nomor WA Tanpa Menghapus Data-Data

Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Tidak sedikit pengguna WhatsApp yang ingin beralih ke nomor WhatsApp terbaru tapi enggan untuk mengganti nomornya karena khawatir akun WhatsApp beserta data di dalamnya akan hilang. Sebenarnya tidak begitu, lho! Asal Sobat melakukan cara mengganti nomor WA dengan benar, maka data akan pulih. Tenang, di bawah ini kami bagikan caranya secara detail.

Resiko Mengganti Akun Whatsapp

Cara Mengganti Nomor Whatsapp

WA sering diandalkan bagi para pengguna sebagai media komunikasi, karena selain karena dibekali dengan berbagai fitur yang menarik dan amat sangat membantu, seperti fitur chat, voice call, video call, hingga fitur berbagi status, juga berkat kemudahannya sehingga kita dapat menghubungi setiap orang hanya bermodalkan jaringan internet saja.

Whatsapp adalah aplikasi messaging yang menggunakan nomor ponsel pribadi sebagai basis akunnya. Oleh karena itu, salah satu kebimbangan tersendiri yang sering dirasakan oleh para penggunanya yaitu ketika nomor ponsel yang dijadikan sebagai nomor Whatsappnya terblokir atau tidak dapat digunakan lagi.

Maka otomatis pengguna tersebut harus melakukan peggantian nomor Whatsapp juga, biasanya dengan cara mendaftarkan ulang nomornya.

Sebab jika nomor WhatsApp diganti, maka akun juga akan terganti. Hal tersebut bisa membuat penggunanya tersebut kehilangan teman-teman dan kontak Whatsappnya, karena syarat agar menjadi teman Whatsapp adalah saling menyimpan nomor Whatsapp yang aktif satu sama lain.

Sebenarnya hal ini bisa ditaktisi dengan cara menginfokan nomor ponsel atau nomor Whatsapp baru kamu kepada kenalanmu agar mereka juga bisa menyimpan kontak barumu tersebut.

Kamu juga bisa mengakalinya dengan cara tidak mengganti nomor Whatsapp meskipun nomor yang kamu gunakan tersebut sudah tidak aktif lagi. Namun cara satu ini tidak begitu disarankan, karena cepat atau lambat kamu juga harus menggantinya juga.

Namun permasalahan lain yang bisa muncul akibat mengganti akun Whatsapp adalah hilangnya semua riwayat chat dengan semua kontak Whatsapp. Bukan tidak mungkin jika satu atau beberapa dari seluruh chat yang ada masih akan kamu butuhkan nantinya.

Oleh karena itu, ketimbang mendaftarkan ulang nomor ponselmu sebagai nomor Whatsapp yang baru, ada beberapa tips dan cara mengganti nomor WA yang bisa kamu lakukan dengan tepat menggunakan fitur-fitur yang ada.

Cara Mengganti Nomor WA (Whatsapp) yang Sudah Tidak Aktif dan Yang Masih Aktif

Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Setelah mengetahui apa saja resiko yang bisa diakibatkan dari aktivitas mengganti nomor Whatsapp yang tidak dilakukan dengan tepat, maka ada baiknya Sobat perlu berhati-hati.

Daripada mendaftarkan ulang nomor ponsel baru sebagai akun Whatsapp yang baru, berikut adalah cara mengganti nomor WA yang bisa Sobat lakukan:

  1. Memasukkan kartu SIM baru ke dalam ponsel dan pastikan nomor tersebut bisa menerima SMS atau panggilan.
  2. Pastikan pula jaringan internet stabil dan bisa digunakan selama beberapa waktu kedepan.

Jika sudah, Sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cara mengganti nomor WA tanpa ribet.

cara mengganti nomor WA

  1. Masuk Ke Menu WhatsApp

    Langkah pertama, Sobat bisa buka WhatsApp di HP Sobat, lalu silakan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas untuk membuka menu.

  2. Pilih Settings

    Selanjutnya Sobat bisa masuk ke menu Settings atau Pengaturan.

  3. Pilih Account

    Jika sudah lanjutkan dengan memilih opsi menu Akun atau Account yang ada pada profil WhatsApp Sobat.

  4. Pilih Opsi Change Number

    Untuk mulai mengganti nomor WA, Sobat bisa memilih opsi menu “Change Number” atau “Mengubah Nomor“.

  5. Ubah Nomor

    Nah, di tahap ini, Sobat bisa membaca terlebih dahulu ketentuan yang berlaku sebelum Sobat benar-benar mengganti nomor WA dengan yang baru.
    Setelah itu Sobat akan diminta memasukkan nomor telepon lama pada kotak atas, dan nomor telepon baru pada kotak bagian bawah.

Jika sudah benar dan cocok, tekan tombol Berikutnya. Pada tahap ini, akan ada opsi yang diberikan padamu untuk mengabarkan kontak mengenai penggantian nomor baru ini, diantaranya yaitu:

  • “Beri Tahu Kontak Saya” untuk memberikan informasi kepada seluruh kontakmu mengenai perubahan nomor ini.
  • “Khusus” untuk memberikan informasi ke hanya kontak tertentu saja mengenai perubahan nomor ini.

Jika sudah selesai menentukan opsinya, pilih “Selesai”.

Tahap selanjutnya, Sobat akan diminta melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu. Umumnya sistem akan mengirimkan kode OTP ke nomor ponselmu melalui SMS untuk kebutuhan verifikasi tersebut.

Setelah verifikasi berhasil, ikuti instruksi yang ada hingga cara mengganti nomor Whatsapp dengan metode ini selesai dan akun siap digunakan seperti fungsi biasanya.

Mudah sekali bukan cara mengganti nomor WA yang bisa Sobat lakukan melalui menu pengaturan.

Baca Juga : Benarkah WhatsApp Akan Hilang? Ulasan Berikut Akan Menjawabnya?

Fakta-fakta seputar Penggantian Nomor Whatsapp

cara mengganti nomor WA

Selain informasi mengenai akibat-akibat apa saja yang bisa diperoleh dari cara mengganti nomor WA yang kurang tepat serta bagaimana cara mengganti yang lebih tepat, ada beberapa hal yang juga kerap menjadi pertanyaan para pengguna aplikasi chatting satu ini ketika melakukan penggantian nomor.

Untuk itu, berikut adalah beberapa fakta yang bisa kamu dapatkan dan mungkin saja bisa menjawab pertanyaan-pertanyaanmu seputar masalah tersebut.

Mengganti nomor Whatsapp tidak akan menghilangkan kontak di nomor sebelumnya

Pada dasarnya, keberadaan kontak-kontak Whatsapp yang ada di aplikasi Whatsapp berdasarkan pada kontak-kontak yang disimpan di SIM card atau di penyimpanan kontak di ponsel. Sehingga mengganti nomor ataupun akun Whatsapp tidak akan menghapus atau menghilangkan kontak yang ada.

Chat/panggilan yang masuk ke nomor lama tidak akan diterima

Chat/panggilan yang mengarah ke nomor lama tidak akan kamu terima lagi di nomor Whatsapp terbarumu. Biasanya, jika seseorang ingin mengontakmu melalui nomor Whatsappmu yang lama, akan ada pemberitahuan tersendiri di dalam roomchat-nya bahwa kamu telah mengganti nomor dan secara otomatis bisa diarahkan ke nomor yang baru.

Grup-grup Whatsapp tetap ada

Jika kamu mengikuti cara mengganti nomor Whatsapp sesuai dengan cara di atas, maka bisa dipastikan seluruh chat beserta grup-grup yang akunmu masuki tetap akan ada, meskipun akunmu akan terdaftar di grup sebagai nomor baru bagi beberapa kontak yang belum menyimpan nomormu yang terbaru.

Begitu pula jika sebelumnya kamu adalah admin di salah satu grup Whatsapp, penggantian nomor tidak akan mempengaruhi posisimu tersebut di grup bersangkutan. Beda halnya jika kamu mengganti akun WA dengan mendaftarkan ulang nomor barumu di Whatsapp, maka seluruh chat dan data-data grup akan hilang.

Kontak yang diblokir di nomor WA lama tidak akan terblokir lagi di nomor baru

Jika kamu memiliki beberapa kontak yang telah diblokir di nomor WA yang sebelumnya, maka kontak tersebut tidak akan terdaftar sebagai kontak yang diblokir di nomor barumu. Meski begitu, karena sebelumnya telah diblokir, kontak tersebut tidak akan mengetahui bahwa kamu telah melakukan penggantian nomor atau Whatsapp tidak akan memberikan akses informasi mengenai hal itu.

Nomor barumu bisa diketahuinya hanya dengan cara manual, seperti mengetahuinya dari kenalan-kenalanmu yang lain.

Whatsapp bisa kembali menggunakan nomor lama sebagai nomor akun

Jika sewaktu-waktu kamu berubah pikiran lagi untuk melakukan penggantian nomor Whatsapp menggunakan nomor Whatsapp terdahulu, maka hal tersebut bisa saja dilakukan.

Cara mengganti nomor Whatsapp dalam kasus inipun cukup mudah, yakni dengan mengulangi langkah-langkah yang sama. Hanya saja pastikan terlebih dahulu jika nomor tersebut benar-benar masih aktif.

Baca Juga: Cara Mengganti Nada Dering WA dengan mudah!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengganti nomor WA yang bisa Sobat lakukan tanpa takut data-data WhatsApp akan terhapus. Karena cara ini 100% aman dan bebas dari hilangnya data asal Sobat mengikutinya dengan benar.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat! 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published.