Spotify Hadirkan Fitur Mirip TikTok, Kapan Akan Dirilis?

Spotify Hadirkan Fitur Mirip TIkTok – Beberapa waktu lalu muncul berita yang cukup menghebohkan yang datang dari salah satu platform streaming music terbesar, Spotify.

Lagi dan lagi, TikTok bak kiblat media sosial yang ‘selalu’ menjadi role model platform-platform lain dalam mengembangkan fiturnya. Hal tersebut tidaklah mengherankan, pasalnya TikTok sendiri juga telah dan masih mencapai kepopularitasannya hingga saat ini.

Read More

Penggunanya pun beragam dari segala umur, jika di totalkan terhitung ratusan juta pengguna yang telah mengunduh dan mengaksesnya salah satu aplikasi asal negeri tirai bambu ini.

Fitur Apa Yang Akan Dihadirkan Spotify?

Spotify Hadirkan Fitur Mirip TIkTok

Spotify nampaknya akan mengadopsi fitur umpan video vertikal bergaya TikTok yang memungkinkan pengguna dapat melihat cuplikan video pendek dengan nama discover. Namun belum ada kejelasan lebih lanjut terkait detail fitur ini.

Fitur umpan video vertikal ini sebelumnya sudah digunakan oleh platform-platform lain seperti Instagram dengan Reels-nya, dan Youtube dengan Short videonya.

Berita ini menghebohkan karena banyak penemuan Chris Messina terkait fitur ini. Ia sendiri menemukan fitur discover tersebut di Spotify TestFlight build (TestFlight adalah cara iOS bagi pengembang untuk merilis versi beta). Fitur discover tersedia sebagai tab baru di UI aplikasi.

Berikut yang disampaikan Chris dalam cuitannya, “Not only that, @Spotify Discover is basically a pared down version of a TikTok-style feed of vertical music videos (likely using their canvas format) that you can like or skip.” –Messina.eth (@chrismessina) 24 November 2021

Fitur ini terlihat mirip dengan gaya TikTok, dimana fitur tersebut memungkinkan musisi dan band mengganti sampul album statis dengan video pendek. Memang, video yang terlihat di Discover tampak seperti video Canvas, hanya dipotong ke format vertikal.

Selain itu, pengguna juga bisa saling suka maupun skip.

Benarkan Info Tentang Spotify Hadirkan Fitur Mirip TikTok Ini?

Spotify Hadirkan Fitur Mirip TIkTok

Beberapa hal disampaikan oleh juru bicara Spotify melalui TechCrunch.

Sebelumnya TechCrunch bertanya kepada Spotify tentang fitur Discover ini, akan tetapi perusahaan Spotify cukup singkat membalasnya dan informasi yang disampaikan juga kurang begitu menjelaskan terkait fitur ini, dan hanya memberikan clue saja. “Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah pengujian dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami,” ujar juru bicara Spotify tersebut.

Lanjutnya, “Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. Kami tidak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan saat ini.”

Dengan hanya mengatakan bahwa ini adalah tes untuk melihat apakah ada kelebihan dalam konsep tersebut, mungkin saja fitur ini akan di rilis untuk pengguna global.

Lalu Kapan Fitur Umpan Video Vertikal Akan Dirilis?

Spotify Hadirkan Fitur Mirip TIkTok

Sekali lagi, belum ada kejelasan terkait fitur dan waktu perilisan fitur menarik ini. Mungkin saja fitur umpan video vertikal di Spotify akan di rilis tahun depan sebagai fitur pembaruan.

Pasalnya memang aplikasi Spotify tidak gengsi untuk meminjam ide dari perusahaan lain. Baru-baru ini Spotify juga meluncurkan fitur Greenroom yang menjadi pesaing Clubhouse, juga pada bulan Januari Spotify menguji fitur Stories meski baru hanya tersedia di beberapa Negara.

Pastinya, informasi resminya akan disampaikan secara resmi melalui situs dan media sosial Spotify. Jadi, kita tunggu saja!

Simak juga ulasan lainnya mengenai Cara Download Lagu Dari Spotify Versi Desktop yang bisa kamu coba!

Bagaimana? Sobat tertarik dengan Spotify yang hadirkan fitur mirip TikTok? berikan tanggapanmu di bawah ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *