Google Mengumumkan Fitur Baru Android, Termasuk Kunci Mobil Digital Untuk Galaxy S21 dan Pixel

Google Mengumumkan Fitur Baru Android – Tak mau kalah dengan yang lainnya, Google juga ingin ikut memeriahkan penghujung tahun dan pergantian tahun baru dengan gebrakan-gebrakan fitur pada Android. Dikabarkan Google mengumumkan banyak fitur baru di Android, salah satunya kunci mobil digital untuk Galaxy s21 dan Pixel.

Fitur Kunci Mobil Digital

Google Mengumumkan Fitur Baru Android

Fitur pertama yang diluncurkan Google adalah fitur Kunci Mobil Digital (digital car key). Fitur kunci mobil digital ini baru aktif di perangkat Google Pixel 6, dan Google Pixel 6 Pro, serta di perangkat asal negeri ginseng Korea, Samsung Galaxy S21.

Read More

Fitur ini baru tersedia beberapa di negara tertentu, dan hanya akan bekerja dengan mobil BMW yang kompatibel untuk saat ini. Google akan terus mengembangkan, kedepannya fitur ini akan tersedia untuk semua perangkat dan kompatibel untuk jenis mobil yang lebih banyak.

Fitur Family Bell

Google Mengumumkan Fitur Baru Android

Selain fitur baru Google digital key car, Google juga meluncurkan fitur keren dan unik lainnya untuk Andrid yaiu Fitur Family Bell.

Fitur terbaru Family Bell ini bekerja untuk mengingatkan pengguna, sanak saudara dan keluarganya saat tiba waktunya untuk momen-momen penting sepanjang hari.

Nantinya peringatan momen-momen penting ini muncul melalui ponsel, telepon, speaker rumah, atau layar pintar yang mendukung Android. 

Selain peringatan “lonceng” yang dibagikan secara otomatis, Pengguna juga bisa mengatur “lonceng” di perangkat pribadi pengguna sendiri, sehingga pengguna dapat memasukkan daftar momen-momen penting dan Google akan turut memperingati momen tersebut secara otomatis. 

Adapun momen-momen yang dapat diatur dengan fitur family bell seperti jadwal waktu liburan, menyiram pohon, menonton film keluarga, makan pizza bersama, bermain play stations, belajar untuk ujian besok, dan lain sebagainya.

Fitur ini sangat berguna karena kita tidak akan lupa terhadap momen-momen penting kedepannya.

Widget Baru Untuk 3 Aplikasi

Google Mengumumkan Fitur Baru Android

Selanjutnya Google juga berencana menambahkan widget baru untuk 3 aplikasi.

Yang pertama ada Widget Google Play Buku baru, dimana penambahan fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengakses perpustakaan lengkap dan melacak kemajuan buku audio. Fitur audio book banyak ditunggu-tunggu pengguna.

Fitur ini bisa dimanfaatkan pengguna yang ingin mengetahui isi buku namun malas atau tidak sempat untuk membacanya. Hanya dengan diputar, isi buku secara lengkap akan kita pahami.

Selanjutnya ada widget YouTube Music baru, dimana fitur ini menempatkan kontrol pemutaran dan trek yang baru-baru ini diputar di layar / tampilan Utama. Bagi pengguna yang senang mendengarkan musik ketika sedang bekerja, fitur ini sangat bisa diandalkan.

Terlebih ada daftar lagu-lagu baru dan populer yang ditampilkan di layar siap diputar.

Penambahan lainnya yaitu pada widget Google Photos People & Pets (Google Foto Orang & Hewan Peliharaan), dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa wajah dan bingkai yang sesuai, lalu widget akan menghiasi layar Beranda pengguna dengan orang terdekat dan tersayang.

Sehingga pengguna dapat selalu melihat wajah-wajah kebahagiaan dari orang dan hewan peliharaan tersayang.

Kapan Rilisnya 3 Widget Tersebut?

Sejauh ini menurut sumber GSMarena Widget Foto baru akan diluncurkan minggu depan, sementara widget yang lain belum memiliki jadwal rilis yang pasti.

Nah, berbicara tentang Foto, minggu ini Google juga meluncurkan fitur Memories baru diluncurkan di aplikasi. Di mana fitur ini menampilkan pilihan foto dan video yang diklasifikasikan dengan keceradasan buatan Google.

Misalnya ada album dari liburan, serta momen penting seperti ulang tahun, kelulusan, atau hari kelahiran anak. Kontrol khusus akan memungkinkan pengguna untuk bisa mengganti nama, mempersonalisasi, memperbaiki, dan menghapus sesuai dengan yang pengguna inginkan.

Penyetelan Ulang Otomatis

Selain itu, ada pula penyetelan ulang otomatis untuk izin aplikasi yang sudah lama tidak pengguna gunakan, akan tersedia bulan depan di Android 6.0 dan yang lebih baru melalui Layanan Google Play. 

Apa maksud dari fitur ini? nah, fitur ini akan secara otomatis menonaktifkan izin waktu proses, dimana memungkinkan aplikasi mengakses data atau mengambil tindakan atas nama Pengguna, setelah tidak aktif selama beberapa waktu.  Perizin kembali aktif saat pengguna membuka setiap aplikasi berikutnya.

Fitur Emoji Baru Untuk Gboard

Google Mengumumkan Fitur Baru Android

Menariknya, Google juga meluncurkan pembaruan untuk Gboard, dimana Gboard akan mendapatkan kombinasi dapur Emoji baru.

Pengguna dapat menggunakan emoji lebih banyak seperti emoji kotak hadiah yang dibungkus, emoji hewan-hewan peliharaan, dan emoji lainnya yang semuanya baru untuk meramaikan percakapan pengguna. 

Tepat hari ini, fitur penambahan emoji baru diluncurkan untuk pengguna Gboard Beta hari ini, dan akan tersedia untuk semua “dalam beberapa minggu mendatang”. Jadi, pengguna yang ingin merasakan emoji baru, harap bersabar ya.

Android Auto

fitur Android Auto

Pengumuman penambahan pembaruan Android terakhir yaitu adanya pengoptimalan Android Auto.

Android Auto ini memungkinkan untuk diluncurkan secara otomatis saat pengguna menghubungkan ponsel pintar Android ke mobil yang kompatibel.

Namun banyak pihak juga yang belum tahu mengenai detail ini, dan juga mengapa ini belum menjadi salah satu fitur. 

Yang pasti, Android Auto akan aktif saat Sobat dalam perjalanan. Fitur ini memberikan akses cerdas kepada pengguna, sehingga pengguna dapat merespons teks seperti pesan WhatsApp, SMS, atau Email dari orang dengan lebih mudah dengan Google Assistant tanpa harus mengetik dan membahayakan kemudi. 

Selain itu juga “segera hadir” kemampuan untuk menggunakan suara untuk mencari musik lebih cepat di aplikasi media pengguna.

Baca juga artikel lainnya : Tutorial Mengenai Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google dengan mudah!

Demikian ulasan Google mengumumkan fitur baru Android yang dapat kami sampaikan. Bagaimana menurut Sobat? apakah rencana fitur baru tersebut cukup berguna? berikan tanggapanmu di bawah ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *