Tutorial Mengenai Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

  • Whatsapp
cara menghapus riwayat pencarian Google

Mengetahui cara menghapus riwayat pencarian Google sangatlah penting, khususnya bagi kamu yang tidak ingin diketahui jejek pencarian yang dilakukan melalui Google. Keberadaan Google sebagai salah satu mesin pencari terbaik dengan hasil pencarian yang akurat menjadi sebab mengapa para pengguna internet lebih suka menggunakannya dibandingkan mesin pencari lainnya.

Saat melakukan pencarian menggunakan Google baik di laptop maupun hp, riwayat pencarian tersebut akan tersimpan. Hal ini menyebabkan sebagian orang kurang nyaman, karena terkadang pencarian yang dilakukan bersifat privacy. Sehingga, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menghapus riwayat pencarian tersebut.

Read More

Untuk melakukan penghapusan riwayat pencarian di Google bukanlah hal yang sulit. Jika belum mengetahuinya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan disebutkan pada artikel kali ini. Tapi sebelum itu, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa alasan mengapa harus melakukan penghapusan riwayat pencarian. Yuk simak ulasannya.

Mengapa Harus Menghapus Riwayat Pencarian?

cara menghapus riwayat pencarian Google

Mengapa harus menghapus riwayat pencarian? Ini mungkin pertanyaan yang muncul di benak kamu saat membaca ulasan mengenai cara menghapus riwayat pencarian Google. Pertanyaan tersebut cukup beralasan, karena sebagian orang mungkin merasa tidak perlu melakukan penghapusan riwayat pencarian tersebut.

Setidaknya ada dua alasan utama yang menyebabkan sebagian orang menghapus riwayat pencarian mereka di Google. Kedua alasan tersebut akan saya jelaskan di bawah ini.

Privacy

Alasan paling pertama mengapa sebagian orang ingin menghapus riwayat pencarian yang dilakukannya di Google tidak lain karena alasan privacy. Sebab, sebagian orang terkadang melakukan pencarian informasi di mesin pencari Google yang bersifat privacy. Karena itu, rasanya tidak nyaman jika diketahui oleh orang lain.

Oleh karena itu, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus riwayat pencarian tersebut. Setelah melakukan penghapusan, orang lain tentu tidak akan mengetahui pencarian apa yang pernah dilakukan. Dengan begitu, privacy orang yang melakukan pencarian di Google lebih terjaga.

Browser Lebih Ringan

Untuk mengakses Google baik melalui komputer maupun hp tentu menggunakan bantuan browser seperti Chrome, Firefox, dan yang lainnya. Nah, data-data hasil pencarian yang tersimpan akan menyebabkan kinerja browser menjadi lebih berat, sehingga browser tersebut jadi lebih lambat.

Jika kinerja browser  melambat, tentu kamu selaku pengguna akan terganggu karena aktivitas berselancar di internet jadi terganggu. Olehnya itu, solusi yang bisa dilakukan untuk meringankan kinerja browser tersebut adalah dengan menghapus riwayat pencarian. Setelah terhapus, akan terasa kalau browser jadi lebih ringan dalam mengakses internet.

Setidaknya kedua alasan di atas menjadi penyebab utama mengapa harus menghapus riwayat pencarian. Setelah mengetahui alasannya dan memutuskan untuk menghapus riwayat pencarian yang sudah kamu lakukan, lantas bagaimanakah cara menghapus riwayat pencarian di Google? Untuk mengetahui jawabannya, yuk lanjut menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Detail Ulasan Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

cara menghapus riwayat pencarian Google

Di bawah ini akan saya sebutkan detail cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pencarian Google :

Menghapus Semua Aktivitas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pencarian adalah dengan cara menghapus semua aktivitas. Adapun detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Jika kamu menggunakan smartphone, maka silahkan buka aplikasi Setelan perangkat, lalu lanjutkan dengan masuk pada akun Google.
  • Selanjutnya, ketuk bagian atas yang tertulis “Data & personalisasi”.
  • Lanjutkan dengan memilih “Aktivitas dan linimasa“, dan ketuk “Aktivitas Saya“.
  • Di bagian kanan kotak penelusuran, lanjutkan dengan mengetuk “Lainnya“, lalu pilih “Hapus aktivitas menurut“.
  • Di bawah “Hapus menurut tanggal“, silahkan ketuk panah menunjuk arah bawah, lalu pilih “Semua“.
  • Terakhir, pilih “Hapus“.

Jika kamu ingin menghapus semua aktivitas menggunakan perangkat komputer atau PC, maka langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka browser yang sering kamu gunakan.
  • Ketikkan url berikut : myactivity.google.com.
  • Jika belum login, silahkan login ke akun Google terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik tulisan “Hapus aktivitas menurut” yang terletak di sebelah kanan bagian atas.
  • Pilih waktu aktivitas yang ingin dihapus. Di sini ada pilihan menghapus riwayat pencarian sejam terakhir, sehari terakhir, sepanjang waktu, dan rentang tertentu.
  • Biasanya penulis lebih memilih hapus pencarian sepanjang waktu.
  • Setelah mengklik waktu yang dipilih, selanjutnya akan muncul jendela bertuliskan “ Pilih layanan yang aktivitasnya ingin dihapus”. Nah, klik pilih semua (biasanya otomatis sudah terpilih).
  • Selanjutnya klik tombol “Berikutnya”.
  • Lanjutkan dengan mengklik hapus.
  • Selesai.

Menghapus Aktivitas Secara Otomatis

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pencarian di Google adalah dengan menghapus aktivitas secara otomatis. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Jika menggunakan smartphone, buka aplikasi Setelan perangkat. Selanjutnya, kamu tinggal masuk ke akun Google.
  • Di bagian atas, lanjutkan dengan mengetuk “Data dan Personalisasi”.
  • Pada bagian “Kontrol aktivitas“, ketuksaja  “Aktivitas Web & Aplikasi” atau Histori YouTube. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih “Kelola Aktivitas“.
  • Di kanan atas, silahkan ketuk “Lainnya“. Setelah itu, silahkan pilih “Simpan aktivitas selama“.
  • Lanjutkan dengan mengetuk opsi untuk durasi yang kamu inginkan untuk menyimpan aktivitas.
  • Lanjutkan dengan menekan “Berikutnya“, lalu tekan “Konfirmasi” untuk menyimpan pilihan.
  • Selesai. Tapi perlu dicatat bawah sebagian aktivitas terkadang masa berlakunya habis lebih cepat dibandingkan rentang waktu yang kamu pilih.

Jika kamu ingin menghapus aktivitas secara otomatis menggunakan perangkat komputer atau PC, maka langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka browser yang sering kamu gunakan.
  • Ketikkan url berikut : myactivity.google.com.
  • Selanjutnya, klik “Kontrol Activitas” yang terletak di sebelah kanan.
  • Selanjutnya pada “Aktivitas Web & Aplikasi”, klik “Hapus otomatis” yang terdapat di bagian bawah.
  • Selanjutnya pada pilihan “Hapus otomatis aktivitas yang sudah lebih dari” pilih berapa batas waktu penghapusan otomatis yang diinginkan, lalu klik “Berikutnya”, lalu klik “OK”.
  • Selesai, kini penghapusan data akan berlaku otomatis sesuai waktu yang kamu pilih.

Cara tersebut juga bisa kamu lakukan untuk melakukan penghapusan di Youtube. Scroll saja ke bawah hingga kamu mendapatkan Histori Youtube. Setelah menemukannya dan kamu ingin menerapkan sebagaimana pada penghapusan riwayat pencarian secara otomatis di Google, maka tinggal ikuti saja langkah-langkah penghapusan riwayat yang telah disebutkan di atas. Mudah bukan?

Baca Juga : Cara Update Google Chrome di Laptop, Android dan iPhone

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara menghapus riwayat pencarian Google yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Jika sebelumnya kamu terganggu dengan adanya riwayat pencarian yang sudah kamu lakukan dan bingung untuk menghapusnya, tentu tidak lagi bukan? Sebab, kamu tinggal ikuti saja langkah demi langkah cara penghapusan yang dibagikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Cara Menghapus Aktivitas Pencarian Google Secara Otomatis ?

Langkah mudahnya bisa langsung mengunjungi alamat website myactivity.google.com dan masuk ke kontrol aktivitas kemudian masuk ke menu hapus otomatis yang ada di bagian bawah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *