Cek Shopee Express ? Begini Cara Mudahnya!

Cek Shopee Express ? Begini Cara Mudahnya!

Berbelanja di online shop seperti Shopee tentu sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, barang yang dibeli akan dikirim kemungkinan akan aman, dan pembeli bisa memantaunya melalui nomor resi. Tentunya untuk mengecek no resi sangat mudah, begini cara cek Shopee Express yang bisa Sobat lakukan dengan beberapa cara.

Cek Shopee Express Dengan Aplikasi Shopee

Cek Shopee Express ? Begini Cara Mudahnya!

Tentunya setiap barang belanjaan yang Sobat beli di marketplace akan memiliki nomor resi. Bagi yang belum tahu, Nomor resi adalah nomor yang diberikan jasa ekspedisi sebagai identitas dari paket barang yang telah dipesan dan akan dikirim. Dengan adanya nomor resi, penjual dapat bertanggung jawab dan membuktikan bahwa paket telah dikirimkan.

Sobat dapat memantau barang tersebut melalui nomor resi yang sesuai dengan jasa ekspedisi yang digunakan. Dengan kata lain, jika Sobat memilih pengiriman via Shopee Express, maka Sobat bisa memantaunya melalui laman Shopee Express resi.

Jika Sobat memilih ekspedisi TIKI, maka Sobat bisa cek melalui laman yang mendukung tracking TIKI.

Tentunya untuk tracking paket same day, instant, COD, atau yang lainnya sangat mudah dilakukan. Nah, berikut cara tracking Shopee Express Standard melalui aplikasi Shopee :

Shopee Tracking Lewat Aplikasi Shopee

  1. Buka Aplikasi Shopee

    Langkah pertama, Sobat bisa buka aplikasi Shopee di ponsel Sobat.

  2. Pergi Ke Menu “Saya”

    Setelah masuk ke laman utama, pilih menu “Saya” yang berada di pojok kanan bawah.

  3. Masuk Ke Laman Dikirim

    Di sini Sobat bisa lihat ikon mobil box dengan nama opsi “Dikirim”, silakan Sobat ketuk opsi tersebut.

  4. Pilih Produk

    Silakan Sobat pilih dulu paket Sobat yang ingin dicek.

  5. Pilih Opsi Cek Pengiriman Paket

    Jika Sobat telah memilih, maka akan masuk ke dalam halaman informasi paket.
    Nah, di sini Sobat bisa pilih cek pengiriman paket, lalu Sobat akan masuk ke tracking tentang paket Sobat, mulai dari jam pengiriman dari satu tempat ke tempat lain (misalnya dari gudang Jakarta Pusat ke tempat sortir di Matraman), sampai laporan terakhir lokasi tempat paket berada.

  6. Salin Resi (jika dibutuhkan)

    Jika Sobat ingin menyimpan nomor resi ini, silakan klik pada opsi “salin resi”. Nomor resi bisa Sobat simpan untuk masalah pengaduan jika terjadi apa-apa dengan paket Sobat.
    Selain itu, nomor resi juga bisa digunakan untuk mengecek Shopee Express Standard melalui situs pelacak.

Nah, begitulah cara cek Shopee Express melalui aplikasi Shopee langsung. Namun informasi tracking di aplikasi terkadang kurang detail dan bahkan tidak real-time.

Jika dirasa mengecek di Shopee-nya langsung kurang akurat, Sobat bisa coba melalui laman website pelacak dari ekspedisi yang digunakan.

Cara Melacak Standard Express Shopee Lewat Situs SPX

Cek Shopee Express ? Begini Cara Mudahnya!

Bagi Sobat yang memesan barang atau produk melalui Shopee, dan status pesanan sudah dikirim tapi informasi posisi paket belum di-update di laman aplikasi Shopee, Sobat bisa gunakan situs SPX.

Situs SPX atau Shopee Express ini merupakan situs resmi yang dikembangkan oleh ekspedisi yang bersangkutan untuk membantu para pelanggan dalam mengetahui status dan posisi paketnya.

Untuk menggunakannya tentu gratis dan sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Sobat bisa buka browser di HP atau laptop (silakan gunakan browser yang menurut kalian nyaman).
  • Jika sudah, masuk ke laman Shopee Express > https://spx.co.id/
  • Lalu klik tab “mohon masukkan nomor resi…”.
  • Langsung saja Sobat tulis nomor resi produk pesanan yang telah dikirim.

Jika kesulitan menemukan nomor resi, Sobat bisa cek chat penjual / toko, karena biasanya nomor resi dikirim oleh penjual (seller). Selain itu, kalian juga bisa dapatkan no resi melalui aplikasi Shopee (masuk ke menu Saya > Dikirim > Pilih Produk Sobat > Pilih Cek Pengiriman Paket > Salin No. Resi).

  • Setelah nomor resi dimasukkan, tinggal klik “Lacak”.
  • Maka akan keluar informasi tentang keberadaan paket yang cukup real-time.

Sangat mudah bukan mengecek lewat situs ekspedisi online ini?

Biasanya pengiriman dari luar negeri membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tangan Sobat, maka jelas nomor resi sangat dibutuhkan. Nah, langsung saja Sobat coba cek keberadaan paket (tracking) melalui situs ini.

Shopee Standard Express Tracking Dengan Situs CekResi

Cek Shopee Express ? Begini Cara Mudahnya!

Jika cek Shopee Express tidak dapat dilakukan melalui situs SPX yang telah dijelaskan sebelumnya (Mungkin karena situs sedang maintenance), Sobat bisa gunakan cara alternatif yaitu cek lewat situs cekresi.

Situs ini sudah cukup terkenal untuk membantu pelanggan mengetahui posisi atau keberadaan paket mereka di seluruh wilayah Indonesia, dan juga dirasa cukup aman. Untuk menggunakan fitur tracking di situs ini sangat mudah. Namun bagi yang ingin tahu, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama silakan Sobat salin dulu no. resi produk yang Sobat pesan dari chat penjual atau melalui laman Shopee langsung (caranya sama seperti yang telah dijelaskan di atas).
  • Kemudian Sobat bisa buka browser, lalu masuk ke laman Cek Resi di > https://cekresi.com/cek-resi-standard-express-lwe.php
  • Setelah masuk, langsung saja ketuk tab “masukkan nomo resi…”, dan Sobat bisa paste nomor resi di sana.
  • Lalu klik tombol CEK RESI.
  • Maka Sobat akan menemukan informasi terkait lokasi paket Sobat, termasuk estimasi paket akan sampai ke rumah Sobat.

Menggunakan cekresi.com sebenarnya bukan hanya bisa untuk jasa ekspedisi Standar Express saja, tapi juga bisa untuk jasa ekspedisi lainnya seperti JNT Express, Lion Parcel, Si Cepat, JNE, TIKI, dan lain sebagainya untuk memberikan info detail keberadaan paket.

Melalui Media Sosial Shopee

Cek Shopee Express ? Begini Cara Mudahnya!

Uniknya, untuk cek Shopee Express juga bisa dilakukan lewat medsos Shopee-nya langsung, lho!

Memang Standard Express cek resi lewat sosmed tidak banyak pengguna lakukan. Namun, cara ini bisa dijadikan alternatif jika terdapat masalah pada situs pelacak sebelumnya.

Nah, untuk cek paket Shopee Express melalui media sosial Shopee, seperti Twitter, Sobat bisa menghubungi akun Shopee resmi.

Sekedar informasi, saat ini Shopee memiliki 2 akun Twitter, yaitu @ShopeeCare dan @ShopeeID. Sobat dapat menghubunginya ketika membutuhkan bantuan termasuk cek nomor resi melalui dua akun tersebut, baik melalui DM ataupun mention mereka.

Namun kami sendiri menyarankan untuk menghubungi lewat DM (direct message) agar lebih privasi.

Hubungi Customer Service Jasa Ekspedisi

Hubungi Customer Service Jasa Ekspedisi

Terakhir, Sobat juga dapat mengirimkan nomor resi melalui Call Center Jasa Ekspedisinya sendiri.

Nah, untuk pengecekan lokasi paket Sobat, Sobat bisa langsung menghubungi Customer Service dari jasa ekspedisi yang Sobat gunakan. Sebagai contoh Sobat menggunakan Shopee Xpress, maka Sobat bisa menghubungi nomor 1500702.

Silakan Sobat coba. Namun kami tidak menyarankan dengan cara ini jika hanya untuk mengecek nomor resi, karena ribet dan memakan waktu.

Kecuali jika Sobat memiliki masalah yang lebih besar seperti paket yang hilang, tertukar, kurir sampainya lama, paket tidak lengkap, atau rusak, Sobat bisa hubungi call center jasa Ekspedisi atau bahkan Shopee-nya langsung.

Untuk menghubungi Shopee dengan cepat, Sobat bisa gunakan fitur customer care yang ada di aplikasi Shopee.

Baca Juga : Berbagai Cara Menghubungi Call Center Shopee Dengan Mudah!

Akhir Kata

Demikian rangkaian cara cek Shopee Express yang dapat kami sampaikan untuk Sobat.

Sekarang, Sobat tidak kebingungan lagi bukan untuk tracking paket Sobat dimana? Silakan gunakan cara yang menurut Sobat mudah dan praktis.

Bagikan artikel ini agar lebih banyak yang tahu! šŸ™‚ Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel