Review HP Chromebook 11 G8 Laptop 2 Jutaan Cocok untuk Pelajar

Hp Chromebook 11 G8 (2)

Semenjak kegiatan sekolah dan bekerja diharuskan dari rumah, semua orang menjadi sangat membutuhkan perangkat gadget, salah satunya adalah laptop untuk keperluan meeting ataupun sekolah online.

Sedangkan Sobat tahu sendiri harga perangkat tersebut bisa dibilang cukup mahal dan tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan, jadi ini menjadi dilema tersendiri bagi mereka yang tidak mampu membeli perangkat tersebut untuk keperluan pembelajaran.

Untungnya ada beberapa perangkat yang menawarkan harga yang cukup murah terutama untuk kalangan pelajar, salah satunya adalah Hewlett Packard (HP) Chromebook 11 G8.

Apa itu HP Chromebook 11 G8 ?

Hp Chromebook 11 G8

HP Chromebook 11 G8 adalah laptop harga murah yang di bandrol di kisaran harga 2,5 jutaan, tapi perlu sobat ketahui  laptop ini bukan menggunakan OS Windows yang biasa digunakan, melainkan Chrome OS.

Nah Chrome OS ini adalah OS yang berbasiskan Android, jadi di dalam laptop ini Sobat akan menemukan berbagai layanan Google, termasuk Google PlayStore sebagai tempat untuk download berbagai aplikasi dan game seperti layaknya HP Android.

Tapi jangan khawatir, karena ekosistem aplikasi Android sudah sangat besar, untuk keperluan pelajaran seperti office sobat dapat menggunakan layanan Google yang bisa sobat dapatkan di Google PlayStore secara gratis, salah satu aplikasinya adalah Google Doc yang sama seperti Word yang ada di Windows OS.

Sedangkan untuk keperluan hiburan, ada banyak game Android yang bisa Sobat coba seperti Mobile Legends, Aspalt, Free Fire, PUBG, Genshin Impact dan lain sebagainya.

Desain HP Chromebook 11 G8

Soal desain, tampilan laptop ini masih seperti laptop-laptop pada umumnya, Hp Chromebook 11 G8 ini hadir dengan satu pilihan warna yaitu hitam, menariknya casing laptop ini punya tekstur kasar sehingga tidak mudah licin saat bawa-bawa tanpa menggunakan tas.

HP Chromebook 11 G8

Selain itu pada bagian siku laptop seperti menggunakan bahan yang terbuat dari silicon yang terasa empuk ketika dipegang, ini menandakan laptop memang didesain untuk keamanan penggunanya khususnya pelajar.

HP Chromebook 11 G8

HP Chromebook 11 G8 punya ukuran layar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel dengan bobot hanya 1,32 Kg yang tentu saja cocok banget jika digunakan oleh anak-anak karena bobotnya yang ringan dan ukurannya yang kecil.

Perangkat hadir dengan beberapa port dibagian kanan dan kirinya, yaitu berbekal portUSB Type-A, dan port Type -C, slot microSD serta jack 3,5mm.

Untuk menunjang kebutuhan pelajaran, pada bagian layar sudah dilapisi dengan anti-glare yang mampu menyesuaikan paparan cahaya yang menengai layar, sehingga walau digunakan di luar ruangan yang terkena terik matahari langsung, layar akan tetap terlihat jernih.

Sedangkan untuk keperluan pelajaran jarak jauh atau daring, laptop ini juga dilengkapi dengan webcam HD yang memiliki kualitas gambar yang cukup baik digunakan untuk video call atau mengikuti pelajaran secara daring.

Performa

Untuk performanya, HP Chromebook 11 ini hadir dengan dukungan Intel Celeron N4020 yang disandingkan dengan RAM 4 GB bertipe LPDDR4 dan penyimpanan internal sebesar 32 GB eMMC.

Tapi jangan panik dulu, meski hanya didukung dengan intel celeron, tapi performanya cukup baik digunakan untuk berbagai pekerjaan.

Dengan spek yang dihadirkan ini, saya rasa sudah mampu digunakan untuk pekerjaan ringan seperti browsing, mengetik dan juga masih worth it digunakan untuk beberapa game yang cukup berat seperti Asphalt 9 yang mampu menampilkan grafis cukup baik.

Sekedar informasi, Asphalt 9 sendiri punya grafis yang keren, jadi kalau berjalan smooth dilaptop ini berarti beberapa game lain juga sepertinya akan lancar dimainkan.

Tapi, kendalanya adalah pada kontrol game, karena belum semua game Android sudah kompetibel dengan Chrome OS yang mengharuskan permainan di kontrol menggunakan keyboard dan mouse, salah satunya yang sudah kita coba tapi ternyata belum kompetibel adalah game Free Fire.

 Nah, menarik bukan HP Chromebook 11 G8 ini? Dengan harga yang cukup murah dan performanya yang cukup OK, laptop ini bisa diandalkan bagi Sobat pelajar.

Baca juga: Daftar Tipe Laptop HP Core i3 Berspesifikasi Tinggi Harga Murah.

Akhir Kata

Menurut kami HP Chromebook 11 G8 ini sudah sangat dapat menunjang keperluan pelajar guna mengejarkan tugas sekaligus digunakan untuk keperluan sekolah online.

Jika takut dengan tidak adanya Office di Chrome OS, tenang saja layanan Google sudah menyediakannya secara lengkap walaupun memang sobat harus belajar menyesuaikan diri terlebih dahulu.

Untuk detailnya, Sobat bisa lihat review videonya di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.