Baca Novel Online Gratis? Ini Dia Rekomendasinya!

Baca Novel Online Gratis? Ini Dia Rekomendasinya!

Bacaan-bacaan novel, komik, dan berita kini tak lagi selalu harus menggunakan buku. Semua orang termasuk Sobat bisa menikmati karya cerita atau informasi berita dari platform online yang bisa diakses darimana saja. Banyak sekali platform atau aplikasi baca novel online gratis. Di sini kami akan merekomendasikan situs dan aplikasi baca novel.

Baca Online Novel

Baca Novel Online Gratis? Ini Dia Rekomendasinya!

Membaca novel memang mengasyikan, terlebih novel-novel tersebut menyajikan cerita yang menarik dan anti-mainstream. Umumnya memang orang-orang mungkin termasuk Sobat cepat bosan jika membaca tema cerita yang sama atau penulis yang sama berulang kali.

Sekarang ini banyak sekali platform bacaan novel online dan offline yang bisa kalian nikmati mulai dari yang gratis hingga berlangganan untuk mendapatkan cerita novel terbaru dari penulis terkenal.

Nah, di sini kami akan membagikan beberapa rekomendasi situs dan aplikasi pembaca novel, komik, dan artikel atau berita. Apa saja rekomendasinya? simak terus artikel ini hingga tuntas.

Situs Novel Online Storial.co

baca novel online gratis dengan Storial.co

Rekomendasi situs untuk baca bovel online gratis adalah Storial.co. Situs ini sudah sangat terkenal dikalangan author maupun penikmat karya seni bacaan.

Bagi kalian yang ingin membaca cerita-cerita tema menarik seperti tentang percintaan, makna hidup, horror, pertemanan, filsafat, dan sebagainya dari beberapa penulis terkenal maupaun yang awam, kalian bisa langsung kunjungi situsnya di Storial.co atau lewat aplikasi Storial.co yang bisa kalian unduh secara gratis melalui Google Play Store untuk Android atau Apps Store untuk iPhone.

Kendati begitu, tidak semua cerita bisa kalian baca dengan gratis, terlebih jika penulisnya sudah besar atau ceritanya yang sangat seru.

Untuk mendapatkan versi Novel Premium, Sobat bisa melakukan top-up dan pembayaran menggunakan Storial Coin, dan nantinya koin tersebut akan dapat digunakan untuk membuka cerita yang diinginkan.

Walau begitu, harga koin tidak terlalu mahal kok! Sobat bisa top-up untuk membeli koin dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan dompet anak remaja.

Kelebihan Storial.co

Tentunya platform baca novel online gratis ini memiliki keunggulan dan kekurangan. Adapun kelebihannya sebagai berikut:

  • Pengguna dapat menikmati fitur AudioStory (cerita yang dibacakan).
  • Adanya fitur share / berbagi kata-kata favorit ke sosmed.
  • Terdapat informasi kompetisi menulis dengan hadiah jutaan rupiah yang bisa diikuti siapapun.
  • Menyediakan puluhan genre bacaan.
  • Tampilan yang nyaman dilihat.
  • Ada penulis terkenal.

Kekurangan

  • Pada aplikasi muncul beberapa bug saat pengguna menulsi cerita.
  • Pada beberapa ponsel aplikasi ini terasa lambat atau lemot.
  • Beberapa cerita seru berbayar.

Di Storial.co ini terdapat rate umur untuk bacaan, seperti 18 tahun keatas. Pastikan kalian baca sesuai dengan umur kalian ya. Bagaimana? kalian tertarik membaca novel di sini? silakan kunjungi lamannya atau juga unduh aplikasinya agar lebih nyaman dan mudah membaca.

Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi Lewat Wattpad

Mungkin sebagian penikmat novel atau cerita pendek romansa dan bertema anak muda sudah tahu betul platform berbagi cerita satu ini.

Yup, Wattpad merupakan salah satu platform baca novel online gratis yang menyediakan berbagai cerita romantis, horror, percintaan, dan cerita ala anak muda lainnya yang bisa dinikmati siapapun hanya dari genggaman ponsel.

Memang platform Wattpad akhir-akhir ini booming di media sosial seperti Tik Tok, Instagram, atau Twitter. Karena beberapa cerita dari penulis diangkat menjadi novel terbitan maupun dijadikan film.

Tentunya itu menjadi hal yang menarik, pasalnya selain dapat membaca berbagai genre cerita di sini, kalian juga bisa membuat cerita sendiri dan membagikannya. Jika banyak yang suka dengan cerita Sobat, Sobat akan mendapat fee atau uang dari kepopuleran cerita Wattpad.

Untuk baca novel gratis tanpa aplikasi, kalian akses Wattpad melalui situs web-nya. Untuk lebih mudah, kami sarankan sih Sobat gunakan aplikasi saja, karena lebih praktis dan tidak boros kuota. Untuk mendapatkan aplikasinya, silakan download melalui Google Play Store ataupun Apps Store.

Kelebihan Wattpad

  • Semua pengguna bisa berbagi novel karyanya sendiri.
  • Tersedia beragam pilihan novel, dan pilihan genre dari penulis terkenal.
  • Pengguna bisa mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.
  • User interface-nya yang sederhana jadi tidak membuat pusing saat membaca novel di HP.
  • Aplikasinya ringan.

Kekurangan Wattpad

  • Proses login terkadang mengalami kendala.
  • Terdapat iklan.
  • Lebih banyak novel tema percintaan.

Judul Novel Yang Bagus Di Wattpad

  1. Bukan Cinderella.
  2. Mariposa.
  3. Hi-Fi.
  4. Senior.
  5. IPA & IPS.
  6. Claires.
  7. Assalamualaikum Calon Imam.

Bagaimana? kalian tertarik membacanya? silakan kunjungi situs Wattpad atau unduh aplikasinya.

Bacaan Novel Online Dengan NovelToon

Bacaan Novel Online Dengan NovelToon

Selain kedua platform bacaan novel online gratis di atas, Sobat juga bisa baca berbagai cerita atau novel menarik berbagai genre di platform NovelToon.

Bagi yang belum tahu, NovelToon merupakan situs bacaan novel online Indonesia yang menyediakan novel berbagai genre seperti romantis, horror, daily life, bahkan tentang action.

Sebagai informasi, situs ini dihadirkan MangaToon HK Limited, dan pengguna tidak perlu untuk membuat akun untuk membaca novel. Bila melihat rekomendasi novel di NovelToon, kebanyakan memiliki genre Romantis yang anak mudah gemari.

NovelToon sendiri juga wajib kalian coba. Mengapa? karena saat pertama kali Sobat login atau masuk, Sobat harus harus memasukkan jenis kelamin dan tahun kelahiran, agar NovelToon dapat merekomendasikan jenis novel, dan tema yang sesuai dengan umur Sobat.

Jadi bagi Sobat yang masih di bawah umur, tidak perlu khawatir jika bacaan mengandung adegan dewasa.

Nah, tentunya membaca novel di sini gratis. Selain itu Sobat juga dapat menciptakan library atau perpustakaan Sobat sendiri dengan mengunduh novel yang diinginkan. Hal ini berguna jika Sobat ingin membaca novel tapi tidak ada koneksi internet atau offline.

Menariknya NovelToon juga menyediakan fitur Podcast maupun AudioBooks yang bisa mendengar cerita yang dibacakan, jika Sobat sedang diluar atau situasi sedang tidak memungkinkan untuk membaca.

Kelebihan NovelToon

  • Tersedia berbagai genre menarik.
  • Adanya batasan umur.
  • Kalian dapat menerbitkan karya cerita sendiri.
  • Terdapat penulis-penulis terkenal.
  • Adanya forum untuk berdiskusi dengan penulis ataupun pembaca (reader) lain.
  • Tampilan UI yang baik.

Kekurangan

  • Tidak semua novel gratis, kalian bisa membayar untuk membuka semua fitur dan novel menarik lainnya.

Judul Novel Yang Bagus Di NovelToon

  1. Terpaksa Menikahi Tuan Muda.
  2. MOY – My Only You.
  3. Menikahi Pembantu.
  4. My Introvert Husband 3.
  5. Cinta Komedi.

Novel Gratis Di Joylada

Aplikasi baca novel online gratis lainnya yaitu ada Joylada. Mungkin belum banyak yang tahu tentang aplikasi yang menyediakan beragam novel gratis ini.

Bagi Sobat yang belum kenal, Joylada adalah platoform novel chat pertama di Indonesia. Platform atau aplikasi ini memiliki ratusan ribu penulis dan pembaca aktif juga komunitas di seluruh Indonesia. Sobat juga bisa berkesempatan mendapatkan penghasilan dari menulis cerita di platform Joylada.

Dengan kata lain, Sobat akan mendapatkan pengalaman membaca novel seperti sedang chatting-an seperti di LINE Messenger atau WhatsApp. Cukup unik memang, pasalnya cerita-cerita yang tersedia juga memiliki kualitas yang bagus, dan tidak alay atau cringe (walau beberapa ada).

Bukan hanya bahasa Indonesia, Sobat juga bisa menemukan novel dalam bahasa Inggirs. Untuk genre atau tema bacaannya sangat beragam dan bisa kalian pilih dengan sesukanya, walau tema kebanyakannya tentang cinta.

Untuk mendapatkan pengalaman membaca yang unik, silakan kalian baca novel online gratis di aplikasi Joylada yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store maupun Apps Store.

Kelebihan Joylada

  • Pengalaman membaca novel yang berbeda.
  • Terdapat pilihan genre yang beragam.
  • Tampilan UI yang unik dan sederhana.
  • Kalian dapat menerbitkan cerita noveI sendiri.

Kekurangan Joylada

  • Tidak semua cerita bisa Sobat akses secara free.
  • Beberapa bug muncul saat proses login.

Social Media Joylada

Agar mendapatkan info seputar cerita yang menarik, Sobat bisa ikuti sosial media mereka di

Instagram : @joyladaindonesia
Twitter : @Joylada_ID
Facebook : Joylada Indonesia

Baca Novel Online Gratis Di Dreame

Baca Novel Online Gratis Di Dreame

Rekomendasi platform yang menyediakan baca novel online selanjutnya adalah Dreame. Aplikasi ini sudah cukup populer, karena banyaknya penulis yang memberikan karya novel menariknya di sini.

Walau Dreame masuk dalam kategori pendatang baru platform baca novel online yang menyediakan bergama novel gratis untuk pembaca, namun aplikasi ini mampu memberikan rekomendasi cerita-cerita atau novel seru dari genre romantis, aksi, daily life, dan sebagainya yang menarik.

Cocok banget untuk Sobat yang sedang bete karena masalah pekerjaan, karena kalian bisa langsung meluncur ke Dreame.

Jangan khawatir, meski ketika awal login atau membuka situs kalian akan menemukan novel berbahasa Inggris, namun Sobat bisa klik kategori Multi-Language dan pilih bahasa Indonesia untuk membaca berbagai novel menarik berbahasa Indonesia di sini.

Kelebihan Dreame

  • Menawarkan berbagai genre novel yang menarik.
  • Gratis akses membaca.
  • Dapat kustom tema tampilan.
  • Tampilan sederhana sehingga tidak pusing ketika sedang membaca cerita.
  • Tersedia berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
  • Bisa bertanya-tanya dengan penulis.

Kekurangan Dreame

  • Harus membayar untuk masuk ke versi premium (bisa membaca seluruh novel dengan bebas).
  • Lebih banyak novel bahasa Inggris.

Untuk bisa mengakses platform baca novel online gratis di Dreame, kalian bisa download aplikasinya melalui Google Play Store ataupun Apps Store.

Novel Online Di Google Play Book

Novel Online Di Google Play Book

Selain dari platform luar, Sobat juga bisa gunakan platform baca novel online gratis bawaan HP Android, yup yaitu Google Play Book.

Untuk Sobat yang ingin membaca novel atau buku dengan nyaman dan mudah, maka Google Play Book bisa diandalkan. Pasalnya Sobat juga menemukan koleksi novel dan dengan berbagai genre yang sangat beragam baik fiksi maupun yang nyata.

Bahkan novel-novel populer luar negeri seperti Bridgerton dan buku populer Indonesia juga bisa Sobat baca di aplikasi Google Play Book ini.

Kendati lengkap, untuk membaca novel fiksi atau non-fiksi populer, kalian harus membayar. Memang tidak semua novel yang disediakan bisa diakses secara gratis. Untuk membayar novel atau buku di Google Play Book, kalian bisa gunakan metode pambayaran yang umum, seperti via Gopay, atau via bank.

Kelebihan Google Play Book

  • Nyaman dibaca karena tampilannya seperti sedang membaca buku asli.
  • Tersedia beragam pilihan judul dan genre yang menarik.
  • Tersedia buku terbitan jadul.
  • Pengguna dapat membaca novel secara offline dan mengunduhnya.
  • Menawarkan pratinjau sampel gratis.
  • Terdapat review untuk mengetahui isi buku.
  • Tersedia buku audio yang bisa digunakan ketika malas membaca.

Kekurangan:

  • Tidak semua cerita bisa diakses gratis.
  • Bacaan gratis sangat dikit.
  • Novel atau buku hanya dari yang diterbitkan secara resmi.

Baca Novel Online Gratis Di English Novel Book Offline

Baca Novel Online Gratis Di English Novel Book Offline

Bagi Sobat yang ingin membaca novel dengan pilihan bahasa Inggris, sekaligus sekalian belajar bahasa Inggris, maka Sobat bisa coba akses platform English Novel Book Offline satu ini.

Yup, Sobat dapat membaca novel online historical romance atau genre lainnya seperti horror, slice of life, dan komedi dalam aplikasi English Novel Books – Offline.

Sesuai dengan namanya, Sobat dapat membaca banyak novel dengan offline atau tanpa jaringan internet. Meski tersedia dalam bahasa Inggris, namun situs ini memiliki novel lengkap dengan ratusan buku dan cerita menarik dari para penulis terkemuka.

Karena tampilan saat kita membaca cukup sederhana, maka platform baca novel gratis offline ini tidak akan membuat lag ketika Sobat bergonta-ganti halaman.

Karena banyak penulis terkemuka yang ada di sini, maka Sobat bisa menikmati bacaan novel best seller online gratis dari pengarang terkenal, seperti Arthur Conan DoyleLewis CarrollMark Twain, dan lain sebagainya.

Kelebihan

  • Novel yang lengkap.
  • Adanya pilihan novel best seller gratis dari penulis populer.
  • Bisa dibaca secara online dan offline.
  • Menyediakan beragam kategori cerita fiksi dan non-fiksi.
  • Tampilan yang sederhana, dan aplikasi yang ringan.

Kekurangan

  • Tidak ditemukan novel berbahasa Indonesia (mungkin kedepannya akan ada).

Silakan kalian download aplikasinya melalui Google Play Store bagi Android, dan lewat Apps Store bagi iPhone. Ukuran aplikasi ini tidak begitu besar, hanya 43Mb saja.

Baca Innovel Gratis

Jika ingin membaca novel original dari penulis populer, maka aplikasi Innovel adalah jawabannya.

Sebagai informasi, aplikasi ini memiliki lebih dari 200 ribu judul novel dari berbagai negara, termasuk Indonesia, lho! Karena itulah kami merekomendasikan Innovel sebagai salah satu aplikasi baca novel online gratis yang bisa kalian gunakan.

Dalam Innovel, Sobat bisa menemukan suguhan beragam novel fiksi romansa dengan berbagai judul dan cerita yang seru abis seperti menonton serial drama Korea.

Uniknya, para pembaca juga bisa saling diskusi dan tukar pikiran melalui Grup Pembaca, dan Sobat juga bisa menyelesaikan misi membaca judul tertentu yang berhadiah koin untuk nantinya dapat ditukarkan.

Karena Innovel menawarkan beragam buku novel yang memiliki cerita yang bagus, maka tak heran pengguna diharuskan untuk membayar pada beberapa novel.

meski begitu, bagi Sobat yang ingin membacanya tanpa mengeluarkan uang untuk beli koin, kalian bisa mengintal aplikasi Innovel Gratis versi MOD APK. Namun kami tidak menyarankannya, lebih baik Sobat gunakan aplikasi resminya dan berlangganan sebagai bentuk penghargaan jerih payah penulis memberikan cerita terbaiknya.

Kelebihan:

  • Menyediakan novel-novel romansa terbaik dan orisinil.
  • Memungkinkan pembaca untuk bersosialisasi dengan pengguna lain.

Kekurangan:

  • Satu bab novel membutuhkan cukup banyak koin.
  • Beberapa pengguna mengeluhkan koin yang hilang.
  • Harga koin dianggap terlalu mahal.

Novel Populer di Innovel

  • Pernikahan Anak SMA oleh Yuwen Aqsa,
  • Sekretarisku Canduku oleh Aiezt Sky.
  • Penjara Hati Sang CEO oleh puputhamzah.
  • The Baby Sitter oleh Emhy thoernip.
  • My Cold Husband oleh Laili Juga.
  • I LOVE YOU HOT DADDY oleh Dita Andriyani.
  • Perfect Honeymoon oleh desstinna1201

Silakan kalian download aplikasi Innovel aslinya melalui Google Play Store maupun Apps Store.

Lihat Review Dan Rating Novel Di Goodreads

Baca Novel Online Gratis

Selain rekomendasi aplikasi baca novel online gratis, Sobat juga bisa menginstal aplikasi GoodReads.

Bagi Sobat yang gemar membaca buku barat atau lokasl, tentu sudah sering menjumpai nama Goodreads saat mengecek rating dan sinopsis sebuah buku bukan?

Nah, maksud kami merekomendasikan Sobat untuk menginstal aplikasi ini yaitu agar Sobat bisa mengetahui isi buku dan pandangan dari orang yang telah membacanya. Karena aplikasi in mewadahi penggunanya untuk mengulas, membeli, sekaligus meminjam buku secara online.

Karena Goodreads terdapat beragam forum diskusi melalui pesan dan grup, maka dijamin Sobat ga tidak akan bosan. Selain itu, di aplikasi Sobat juga dapat berbagi buku ke teman, serta menyelesaikan tantangan Membaca untuk mendapatkan poin.

Aplikasi Goodreads ini tepatnya adalah aplikasi yang menyediakan rekomendasi, ulasan, serta forum pembaca yang bisa Sobat simak sebelum membaca buku yang diinginkan. Juga bagi kalian yang sudah membaca beberapa buku novel, bisa untuk berbagi pandangan dari persepsi sendiri mengenai buku yang dibaca.

Kelebihan Aplikasi GoodReads

  • Bisa mengetahui kualitas buku dari banyaknya review yang diberikan.
  • Terdapat bebeeapa fitur menarik seperti forum diskusi.
  • 100% gratis.
  • Tampilan yang menarik.
  • Terdapat rekomendasi buku terbaik.

Kekurangan:

  • Tidak bisa membaca buku di aplikasi.
  • Hanya sebatas review, dan rekomendasi buku saja.

Novel Antares PDF

Novel Antares PDF

Salah satu cerita populer dari wattpad yang telah dibaca lebih dari 35 juta kali dan sering diperbincangkan adalah novel Antares. Nah, novel ini ditulis oleh Rweinda dan bergenre kehidupan remaja.

Antares bercerita tentang dua remaja SMA yang saling jatuh cinta. Di sini ada tokoh bernama Antares Sebastian Aldevaro alias Antares itu sendiri. Kemudian ada juga tokoh Zeanne Queensha Bratadikara yang kerap dipanggil Zea.

Antares dan Zea dipertemukan ketika Zea pindah ke sekolah tempat Antares berada. Pertemuan yang klise dan tidak disengaja di antara mereka berdua, nyatanya malah semakin mendekatkan kedua sejoli ini.

Antares sendiri merupakan sosok atau pribadi yang bisa dibilang seorang berandal dan biang onar di sekolahnya. Selain kasar dan suka merundung, Antares juga merupakan seorang ketua geng motor yang disebut dengan Calderioz. Di balik kelakuannya yang urakan, Antares mempunyai paras yang tampan dan memesona layaknya Dewa dalam mitologi Yunani.

Nah, kira-kira ceritanya seperti itu. Untuk mendapatkan Novel Antares PDF, kalian bisa mencarinya di Google dengan kata kunci atau keyword Novel Antares PDF Free Download“.

Tapi kami tidak merekomendasikannya. Untuk menghargai penulis, kalian bisa membeli bukunya secara resmi melalui Gramedia, atau toko buku online dan offline lainya.

Baca Juga : Ini dia Daftar Situs Download E-Book Gratis dan Lengkap!

Akhir Kata

Demikian ulasan tenyang rekomendasi situs web dan aplikasi baca buku online gratis terbaik yang bisa kami rekomendasikan. Kira-kira apa saja nih pilihan Sobat?

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar lebih banyak yang tahu. 🙂



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks