Cara Mengecek Nomor BPOM

Cara Mengecek Nomor BPOM
gambar hanya ilustrasi


Seperti yang kita tahu, kosmetik, makanan, suplemen, dan lainnya memiliki nomor BPOM sebagai izin atau legalitas bahwa produk tersebut asli, dan aman (tidak mengandung bahan berbahaya) untuk digunakan. Sebenarnya kita bisa cek produk tersebut dengan nomor BPOM, lho! Cara mengecek nomor BPOM tentu bisa kita lakukan sendiri.

Cara Cek BPOM Dengan Situs Resmi BPOM

Cara Mengecek Nomor BPOM

Produk yang mengantongi nomor Badan Pengawas Obat dan Makanan atau yang biasa disebut BPOM menandakan bahwa produk yang beredar memiliki keamanan dari segi bahan, kemasan, dan manfaat. Sebagai konsumen, tentu kita harus tahu dan mengerti bagaimana cara cek BPOM pada produk yang akan kita gunakan.

Produk-produk skincare seperti MS Glow Scarlett, Biore, Garnier, dan brand besar tentu sudah terdaftar BPOM. Namun jika kita membeli produk-produk skincare online seperti krim pemutih, lipstick, atau bahkan makanan unik belum tentu memiliki izin BPOM.

Nah, kabar baik, sekarang kita bisa mengecek produk tersebut telah mengantongi izin BPOM atau tidak, dengan memanfaatkan fitur cek produk BPOM di situs resmi BPOM. Dimana fitur ini dapat menampilkan nomor registrasi dari setiap kosmetik, obat, dan makanan yang sudah diawasi oleh BPOM.

Sehingga kita dapat memilih dan memilah produk yang akan digunakan dan mengetahui keaslian produknya.Terlebih sekarang banyak sekali skincare yang beredar di toko-toko online. Cara mengecek nomor BPOM yang pertama dapat Sobat lakukan yaitu melalui situs BPOM, sebagai berikut:

Cara mengecek nomor BPOM

  1. Buka Browser

    Pertama, silakan buka browser di ponsel atau laptop kalian, dan pastikan terhubung ke jaringan internet.

  2. Pergi Ke Situs Cek BPOM

    Kemudian kunjungi situs cek BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/

  3. Pilih Fitur Cek BPOM

    Setelah masuk ke laman utamanya, Sobat akan melihat fitur cek BPOM dari produk.

  4. Cek BPOM Berdasarkan Yang Diinginkan

    Silakan Sobat cari berdasarkan yang diinginkan (nomor registrasi, nama produk, merk, jumlah dan kemasan, bentuk kemasan, komposisi, dan nama pendaftar).

  5. Masukkan Kata Kunci

    Lalu Sobat bisa masukkan kata kunci. Misal cari berdasarkan nomor registrasi, maka masukkan nomor registrasi BPOM yang ada di kemasan produk. Jika ingin mencari berdasarkan nama, Sobat bisa tulis nama dari produk tersebut.

  6. Cek Produk

    Kalau sudah, tinggal tekan Cari.

  7. Informasi Produk Akan Muncul

    Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, maka akan muncul informasi terkait Nomor Registrasi, Produk, dan Pendaftar.

Memang sangat mudah untuk cara mengecek nomor BPOM melalui situs ini. Sobat bisa mengetahui suatu produk seperti pelembab, dan cream tersebut palsu atau asli, dan sebagainya. Silakan Sobat coba bagi yang penasaran dengan produk kosmetik atau skincare yang Sobat beli di toko online.

Cara Cek Produk Yang Telah Ditarik Dari Peredaran

Lalu jika Sobat ingin mengecek produk yang telah ditarik dari pasaran karena masih akan diperiksa atau karena berbahaya atau alasan lainnya, Sobat juga bisa lakukan pengecekan melalui langkah berikut:

  • Buka tab browser, lalu pergi ke laman resmi BPOM, www.pom.go.id
  • Kemudian pilih opsi menu Daftar Produk.
  • Setelah masuk ke Daftar Produk, Sobat bisa klik opsi “Produk Ditarik“.
  • Lalu di bagian “Produk Ditarik“, Sobat akan melihat opsi Produk, nah Sobat dapat melakukan pencarian, mulai dari obat hingga pangan pada kolom pencarian.
  • Sobat dapat memilih dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk, merek, hingga NPWP pendaftar pada fitur pencarian.
  • Terakhir, jika sudah menentukan apa yang dimaksud tinggal klik saja, maka nantinya akan muncul produk-produk yang ditarik oleh BPOM, serta faktor mengapa produk tersebut ditarik dari pasaran.

Itulah cara mengecek nomor BPOM serta cara cek produk yang ditarik BPOM yang bisa Sobat lakukan dengan HP, maupun komputer melalui menu yang ada di situs BPOM.

Cek BPOM Via Aplikasi Cek BPOM

Cek BPOM Dengan Aplikasi Cek BPOM

Selain cara mengecek nomor BPOM produk melalui situs, Sobat juga bisa cek nomor BPOM produk melalui aplikasi. Lewat aplikasi menurut kami lebih cepat dan tidak kalah mudah, berikut cara cek BPOM melalui aplikasi Cek BPOM:

  • Pertama, silakan download aplikasi ‘Cek BPOM‘ di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.
  • Setelah terpasang di ponsel, langsung buka aplikasi Cek BPOM.
  • Pada halaman utama, Sobat bisa pilih menu “Semua Produk“.
  • Kemudian lakukan pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM.
  • Lalu pilih “Nomor Registrasi“, dan masukan nomor BPOM untuk informasi produk.
  • Apabila produk tersebut telah mengantongi izin BPOM, maka akan muncul informasi detail terkait perizinan BPOM.

Bagaimana jika pencarian produk tidak muncul dalam fitur cek BPOM? Sobat bisa menghubungi Contact Center BPOM (1500533) yang terdapat pada situs resmi BPOM.

Scan Barcode BPOM Produk

Selain dapat cek BPOM produk lewat nomor registrasi, Sobat juga bisa langsung scan barcode via aplikasi Cek BPOM untuk mengetahui produk skincare, kosmetik atau makanan telah mengantongi izin BPOM atau belum.

Nah, untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Sobat bisa izinkan GPS dan Kamera saat ada permintaan perizinan (ini bersifat wajib karena untuk scan barcode diperlukan data GPS pengguna.
  • Kemudian Sobat dapat mengarahkan kamera ke 2D Bacode/QR Code.
  • Setelah itu, sistem akan mengenali 2D Bacode/QR Code secara otomatis dan melakukan pembacaan kode.
  • Maka hasil dan opsi relevan lainnya akan tampil: List Produk hasil scan.
  • Kalau tidak bisa, Sobat bisa input NIE jika data tidak ditemukan.

Sebagai informasi, apabila Sobat gagal melakukan scanning, Sobat bisa memastikan bahwa Aplikasi BPOM Mobile sudah diberikan izin akses untuk penggunan GPS (Lokasi) dan Kamera. Silakan Sobat bisa pergi ke Android Settings > Apps > BPOM Mobile > Izin atau Permissions.

Pastikan ponsel Sobat terhubung dengan jaringan internet untuk mengakses aplikasi cek BPOM ini.

BPOM Cek Barcode Dengan BPOM Mobile

Cara Mengecek Nomor BPOM

Jika dirasa menggunakan aplikasi agak terlalu ribet karena harus download dan install terlebih dahulu, Sobat juga bisa memanfaatkan situs BPOM Mobile untuk cara mengecek nomor BPOM dari produk kecantikan, ataupun makanan.

Untuk langkah-langkahnya sangat mudah, Sobat bisa ikuti sebagai berikut:

  • Langkah awal, silakan pergi ke browser di HP atau PC.
  • Kemudian Sobat bisa pergi ke situs https://bpommobile.pom.go.id/tabs/home.
  • Nah, di laman ini akan ada beberapa opsi menu.
  • Sobat bisa klik menu Scan Produk, atau langsung klik ikon foto (tombol bulat biru).
  • Lalu arahkan ke produk yang memiliki barcode BPOM.
  • Jika produk terdaftar, maka akan muncul informasi detail mengenai perizinan BPOM dari produk yang sobat pindai barcode BPOM-nya.

Di situs BPOMMobile ini bukan hanya Sobat dapat melakukan scan barcode, Sobat juga bisa mendapatkan layanan lain seperti cek izin edar, berita-berita seputar produk dan kosmetik yang bisa dibaca-baca, riwayat scan, dan link aplikasi BPOM.

Bagaimana? BPOM cek barcode lebih praktis bukan dengan situs ini? silakan kalian manfaatkan fitur yang ada di sini.

Cek Merek Kosmetik Di Website Resmi BPOM

Jika tidak dapat menemukan nomor registrasi BPOM di kemasan kosmetik milik Sobat, Sobat juga bisa mengeceknya berdasarkan nama produk, merek, hingga bentuk produk kosmetik tersebut melalui laman resmi BPOM. Karena di sana terdapat daftar informasi produk yang telah terdaftar, dan mengantongi izin edar.

Sebagai informasi, menurut review.bukalapak.com, jika Sobat mencari berdasarkan merek kosmetik maka Sobat bisa menemukan semua jenis produk dari merek tersebut, lho. Termasuk produk-produk yang bahkan belum di launching ke pasaran.

Cara Mengecek Nomor BPOM

Jangan lupa juga ikuti anjuran dari BPOM untuk melakukan pengecekan pada produk terutama kosmetik, seperti cek kemasan, cek izin edar, cek label, dan cek kadaluwarsa.

Jika dirasa ada yang bermasalah saat pengecekan, Sobat bisa menghubungi BPOM melalui layanan pengaduan resmi mereka.

Cara Lapor BPOM

Cara Mengecek Nomor BPOM dan cara lapornya

Tentunya sebagai konsumen kita harus turut berpartisipasi untuk keselamatan bersama terkait produk-produk yang tidak berizin BPOM yang kita temukan.

Bukan hanya mengecek BPOM, sebagai masyarakat Indonesia juga kita bisa turut andil dalam melakukan pelaporan pada produk yang dicurigai memiliki bahan berbahaya yang berdampak pada kesehatan.

Adapun untuk cara lapor BPOM bisa Sobat lakukan dimanapun dengan online. Sobat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silakan buka browser.
  • Lalu kunjungi situs https://ulpk.pom.go.id/
  • Setelah masuk ke laman utamanya, Sobat bisa pilih opsi menu Form Pengaduan yang ada di jajaran menu bar di atas.
  • Kemudian Sobat bisa mulai lakukan pengaduan dengan mengisi nama lengkap, hal yang ingin diadukan, alamat perolehan produk, dokumen pendukung (seperti foto, atau video), dan lainnya.
  • Cek kembali data yang dimasukkan.
  • Jika sudah lengkap, maka Sobat bisa klik tombol kirim.
  • Maka pihak BPOM akan melakukan proses dari aduan.
  • Kemungkinan Sobat akan mendapatkan pesan balasan yang dikirim melalui email, atau nomor telepon.

Sebagai informasi, pada kolom yang terdapat bintang merah, Sobat wajib mengisinya dan tidak boleh kosong. Untuk kolom yang tidak ada, artinya opsional (bebas ingin diisi atau tidak).

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengunjungi halaman resminya pada alamat website yang kami berikan di atas, atau juga bisa melalui kontak pengaduan di bawah ini.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen

Berdasarkan informasi unit layanan pengaduan konsumen yang kami kutip langsung melalui https://ulpk.pom.go.id/, Sobat bisa melakukan konsultasi, saran dan keluhan terhadap Pelayanan Pengaduan Masyarakat dan Informasi Obat dan Makanan melalui:

  • WhatsApp: 081 191 81 533
  • Telepon: 021-4263333
  • Email: ulpk@pom.go.id
  • Instagram: @birohukorbpom
  • Subsite: ulpk.pom.go.id
  • Atau datang langsung ke Gedung Pelayanan Publik (Gedung B) Lantai 6, Jl. Percetakan Negara No. 23, Jakarta Pusat.

Tentunya dengan adanya layanan pengaduan yang disediakan secara lengkap oleh BPOM, kita akan jadi mudah untuk bertanya-tanya, ataupun melaporkan jika ada hal yang harus disampaikan.

Syarat Pembuatan Kosmetika

Sebagai informasi tambahan yang kami rangkum dari situs BPOM terkait syarat pembuatan komestika, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1176/MENKES/PER/VIII/2010, tentang Notifikasi Kosmetika disebutkan bahwa kosmetika yang akan diproduksi dan/atau diedarkan di Indonesia harus dibuat dengan menerapkan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), yang meliputi persyaratan keamanan, bahan, penandaan, dan klaim.

Kosmetika tersebut harus sudah ternotifikasi yang diajukan oleh pemohon kepada Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Untuk peraturan lengkapnya, Sobat dapat mengunduhnya melalui jdih.pom.go.id.

Baca Juga : Cara Mengecek Resi JNE dan Beberapa Ekspedisi Lainnya Dengan Mudah!

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang cara mengecek nomor BPOM dengan situs web resmi, dan cara cek BPOM dengan aplikasi dengan scan barcode yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? sangat mudah bukan? silakan kalian ikuti ya.

Semoga bermanfaat, dan bagikan artikel ini agar lebih banyak yang tahu. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.