Aplikasi BPOM Hadir untuk Masyarakat Indonesia

  • Whatsapp
Aplikasi BPOM

Kini sudah hadir berbagai macam aplikasi yang dibuat oleh BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Aplikasi BPOM sudah bisa Anda temukan di Playstore dan Appstore untuk diunduh ke dalam smartphone. BPOM ini adalah suatu lembaga yang bertugas mengawasi makanan dan obat-obatan yang beredar di Indonesia. Lembaga yang seperti ini memang diperlukan pada sebuah negara, karena bisa menghentikan peredaran obat-obatan serta makanan yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Lembaga yang seperti ini pun sudah ada di Amerika, yaitu FDI atau Food and Drug Administration. Jadi pemerintah di Amerika sana melarang adanya peredaran makanan dan obat-obatan yang membahayakan masyarakat. Jadi, jika Anda menemukan lisensi BPOM di Indonesia atau FDI bila di Amerika pada produk makanan dan obat-obatan, maka itu aman untuk dikonsumsi. Sedangkan aplikasi dari BPOM ini gunanya untuk apa? Apakah bisa mendaftarkan produk disitu? Mengecek makanan atau bagaimana? Yuk simak terus artikel ini!

Jenis Aplikasi BPOM yang Berguna untuk Masyarakat

Aplikasi BPOM
Badan Pengawas Obat dan Makanan

Jika Anda membuka Playstore untuk ponsel Android, maka disitu ada developer aplikasi yang bernama Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Dan itulah developer resmi dari banyaknya aplikasi BPOM ini. Jadi jika Anda ingin mencari aplikasi, maka pastikan dibuat oleh developer tersebut, biasanya akan muncul di bawah nama dari aplikasi. Sedangkan untuk aplikasinya, BPOM memiliki 12 macam aplikasi, antara lainnya adalah sebagai berikut:

Cek BPOM

Aplikasi ini gunanya untuk mengecek nomor registrasi BPOM. Jadi misalnya Anda menemukan makanan yang sudah ada nomor BPOM, maka langsung dicek pada aplikasi. Jika produk itu benar-benar sudah terdaftar, maka merk-nya akan muncul dalam aplikasi.

E-Presensi BPOM

Aplikasi ini berguna bagi kalian yang memiliki pekerjaan dari rumah. Atau tugas kantor yang harus dikerjakan dari rumah. Para pegawai rumahan bisa melakukan presensi secara online dengan menggunakan fitur GPS dan kamera saat melakukan check-in dan check-out selama penugasan berlangsung.

RIKO – Game Edukasi Anti Rokok

Aplikasi BPOM yang satu ini begitu menarik, karena bisa memberikan pelajaran kepada masyarakat muda mengenai bahaya rokok. Dalam game ini ada satu tokoh yang bernama Riko. Dia adalah seorang warga yang peduli dengan lingkungan dan sadar bahaya rokok untuk masa depannya. Jadi dalam game ini Anda akan memerankan sebagai  Riko dari kecil, sekolah hingga berkeluarga. Jika Anda tertarik, maka langsung saja unduh aplikasinya secara gratis.

Toksidrom

Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu masyarakat dan juga dokter untuk mengetahui apa penyebab dari seseorang keracunan. Aplikasi ini adalah penunjang dalam melakukan penanganan terhadap orang yang terkena racun. Jadi misalnya teman Anda sedang keracunan, maka lihatlah gejala apa saja yang dialami. Dalam aplikasi akan ada banyak menu yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui penyebab keracunan dengan menginput gejalanya.

Baca juga: Begini Mudahnya Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP

Pramuka Sapa

Ini adalah aplikasiuntuk pelaporan yang dapat digunakan para Anggota Gerakan Pramuka. Yang mana dengan aplikasi ini Anda dapat melaporkan jika menemukan makanan dan obat-obatan yang sudah rusak, kadaluarsa dan bahkan tanpa ada izin pengedarannya. Jadi, dengan aplikasi ini masyarakat bisa meminimalisir pengedaran makanan dan obat terlarang.

Itulah 5 aplikasi BPOM yang berguna untuk masyarakat Indonesia. Alangkah bagusnya jika kalian memiliki semua aplikasi tersebut dalam smartphone, karena bisa membantu memperbaiki diri sendiri, masyarakat serta memajukan negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *