Cara Check IP Komputer Dengan Mudah!

Cara Check IP Komputer Dengan Mudah!

Setiap perangkat komputer atau laptop yang telah masuk ke pasaran sudah pasti memiliki nomor IP. Adapun IP Address berfungsi sebagai identitas dari komputer, yang sewaktu-waktu akan dibutuhkan untuk kondisi tertentu. Untuk cara check IP komputer / PC tentu sangat mudah! Bagi Sobat yang masih kebingungan, yuk simak cara check IP Komputer di bawah ini.

Pengertian IP Address

Cara Check IP Komputer Dengan Mudah!

Selain sebagai nomor identitas dari komputer, IP juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

IP yang merupakan singkatan dari Internet Protocol ini disematkan pada setiap perangkat, yang berupa nomor-nomor unik. Biasanya IP address memiliki empat kelompok angka, yakni antara 0-255. Sebagai contoh seperti 1.160.10.240.

Tentunya pada tiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet seperti laptop, hp, tablet, atau komputer, maka dapat dibedakan melalui IP address.

Sebagai informasi, ada dua jenis IP Address pada tiap perangkat yang digunakan dalam jaringan, yakni IP Eksternal (IP Publik) dan IP Internal (IP Privat).

Di mana IP Eksternal sendiri merupakan alamat IP yang diberikan dari penyedia layanan internet (ISP) agar perangkat dapat mengakses internet. Sementara untuk IP Internal yaitu alamat IP yang dimiliki tiap perangkat di jaringan yang sama atau lokal.

Beberapa Cara Check IP Komputer

Cara Check IP Komputer Dengan Mudah!

Terdapat beberapa cara check IP di komputer Sobat, diantaranya melalui Command Prompt, Menu Control Panel, atau juga melalui Network & Internet Settings. Masing-masing cara akan kami jelaskan secara detail, pastikan Sobat simak hingga tuntas, ya.

Melalui Command Prompt

Kami mulai cara cek IP Komputer dari Command Prompt. Jangan khawatir, tentu cara ini sangat mudah dan tidak perlu waktu lama. Agar lebih jelas, Sobat bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

cara check IP komputer lewat Command Prompt

  1. Buka Command Prompt

    Langkah pertama, silakan Sobat buka CMD dengan menekan kombinasi tombol Windows + R. Sobat juga bisa membukanya melalui Start Menu, lalu ketik Run. Nantinya akan muncul dialog box, lalu tinggal Ketik saja cmd dan klik OK.

  2. Ketik IP Config

    Setelah Sobat klik ‘OK’, maka sistem akan masuk jendela Command Prompt. Di sini, Sobat bisa langsung Ketik ipconfig, dan tekan Enter.

  3. IP Address Akan Ditampilkan

    Setelah Enter, Sobat bisa menunggu sampai Command Prompt menunjukkan IP Configuration dari perangkat yang Sobat gunakan. Sekarang Sobat sudah bisa melihat nomor IP Komputer Sobat sendiri.

Melalui Network & Internet Settings

Selain cara check IP Komputer lewat menu CMD, Sobat juga bisa mengeceknya melalui menu Network & Internet Settings. Tidak kalah mudah, begini langkah-langkah yang perlu Sobat ikuti:

  • Buka Network & Internet Settings;
    Untuk membukanya, Sobat bisa klik ikon WiFi yang ada di pojok kanan bawah layar komputer (toolbar).
  • Pergi Ke Properties;
    Selanjutnya, Sobat bisa pergi pilih opsi Properties, dan nantinya akan muncul dashboard Wi-Fi. Di sini silakan Sobat gulir atau scroll ke bawah sampai Sobat menemukan nomor IP Address Sobat.
  • Catat atau Screenshot IP Address Komputer;
    Supaya tidak repot ketika ingin melihatnya kembali, silakan Sobat catat di Notepad atau bisa screenshot IP Address tersebut.

Melalui Control Panel

Untuk cara check IP komputer yang terakhir yaitu melalui menu Control Panel. Cara ini terbilang paling banyak digunakan, walaupun step-nya agak lebih banyak. Nah, berikut langkah-langkahnya mengecek IP komputer tanpa ribet:

  1. Pergi ke Control Panel;
    Silakan Sobat pergi ke menu Control Panel dengan mencarinya melalui kolom search di pojok kiri bawah (Start > Ketik Control Panel).
  2. Pilih Opsi Pengaturan Network and Internet;
    Setelah masuk ke Control Panel, Sobat bisa buka pengaturan Network and Internet. Setelah itu Sobat akan menemukan menu Network and Sharing Center. Nah, langsung klik submenu View network status and tasks.
  3. Pilih Jaringan Wifi yang Terhubung;
    Di sini akan terlihat koneksi Wi-Fi yang terhubung dengan Sobat. Silakan Sobat pilih ‘Details’, dan nantinya akan terdapat menu yang berisi informasi konfigurasi alamat IP di komputer/laptop yang Sobat gunakan. 

Bagaimana ketiga cara check IP komputer ini? Sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus bukan? Silakan Sobat pilih salah satu cara yang menurut Sobat paling praktis.

Cara Cek IP Komputer Mac

Cara Check IP Komputer Dengan Mudah!

Selain komputer Windows, Macbook juga tentunya memiliki IP Address pada setiap unit perangkatnya. Jangan khawatir, untuk Sobat pengguna Macbook yang ingin cek IP Address tapi bingung bagaimana cara cek IP Address, di bawah ini kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

  1. Pergi ke Menu System Preferences
    Langkah pertama, Sobat bisa buka ‘System Preferences‘ dengan cara klik ikon Apple di menu bar yang terletak di sisi kiri atas, lalu silakan pilih ‘System Preferences’.
  2. Pilih Network
    Jika Sobat sudah masuk ke System Preferences, tinggal pilih opsi ‘Network’.
  3. Lihat pada Status
    Setelah masuk ke Network, Sobat akan menemukan informasi Status dan Network name yang digunakan perangkat Mac. Pada tulisan Status Connected di bawahnya terdapat tulisan kecil ‘WiFi is connected to.. and has the IP Address ……’. Nah, kode di akhir adalah IP Address perangkat Macbook Sobat.

Tidak sulit bukan cara cek IP Address komputer Mac? Silakan Sobat ikuti langkah-langkahnya dan jangan sampai ada step yang terlewat, ya.

Cara Cek IP Address Android

Cara Check IP Komputer Dengan Mudah!

Supaya lebih lengkap, kami jelaskan juga cara cek IP Address untuk perangkat Android. Ada beberapa cara mudah untuk mengecek IP address di HP Android Sobat, diantaranya bisa melalui menu Wi-Fi Settings, menu About Phone, serta menggunakan bantuan aplikasi. 

Lewat Menu Wi-Fi Settings

Cara pertama yang bisa Sobat lakukan yaitu melalui Wi-Fi. Nah, untuk Sobat yang saat ini menggunakan koneksi Wi-Fi di perangkat Android, Sobat bisa langsung mengetahui alamat IP dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pergi Ke Pengaturan Wi-Fi
Silakan Sobat pergi ke Settings, lalu ke Connections > Wi-Fi, dan pilih jaringan Wi-Fi yang saat ini Sobat sedang gunakan. 

2. Alamat IP Akan Terlihat
Setelah itu akan muncul alamat IP smartphone Android yang Sobat gunakan.

Lewat Menu About Phone

Untuk Sobat yang tidak menggunakan WiFi alias sedang menggunakan mobile data, Sobat bisa mengetahui IP address smartphone Android Sobat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pergi ke Menu Settings atau Pengaturan.
  2. Setelah masuk ke menu Settings, Sobat bisa pilih opsi About Phone (biasanya ada di paling atas).
  3. Lalu pilih Status.
  4. Maka Alamat IP HP Android Sobat akan muncul
  5. Silakan catat atau screenshot IP Address tersebut jika dibutuhkan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sama seperti cara check IP komputer, untuk HP Android juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Sobat gunakan, silakan cari di Google Play Store.

Jika kesulitan, Sobat bisa cari nama aplikasi ‘What is My IP?’, atau aplikasi ‘Show My IP’. Silakan pilih yang menurut Sobat paling efektif.

Itulah beberapa metode untuk cek IP Address di perangkat Android yang dapat Sobat lakukan.

Baca Juga: Cek MAC Address Di Berbagai Perangkat Dengan Mudah!

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara check nomor IP komputer Windows, Macbook, dan untuk perangkat Android mobile. Tentunya IP Address akan berguna sewaktu-waktu, oleh karena itu IP Address wajib Sobat ketahui atau minimal tahu cara mengeceknya.

Jika Sobat memiliki cara lain yang dirasa lebih efektif, boleh banget berbagi melalui kolom komentar di bawah agar kita bisa sama-sama tahu. Sekian, semoga bermanfaat! 🙂 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *