4 Aplikasi Dynamic Island Notifikasi Terbaik Android

aplikasi dynamic island untuk Android

Sobat pengguna Android mungkin penasaran ingin mencicipin Fitur Dynamic Island notifikasi yang ada pada iPhone 14 series bukan? Tenang saja, karena pengguna HP Android bisa membuat fitur notifikasi Dynamic Island tersebut dengan sangat mudah, untuk itu sobat bisa simak caranya sebagai berikut.

Apa itu Dynamic Island?

Sebelum benar-benar menggunakan Dynamic Island di HP Android, sebaiknya sobat ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih fitur tersebut?.

Dynamic Island adalah fitur untuk mempermudah pengguna untuk dapat mengakses notifikasi, uniknya fitur ini akan memberikan tampilan yang menyerupai pil yang ada pada bagian notch para perangkat HP, biasanya notch berbentuk tetesan air ataupun lubang, dan notifikasi akan mengemasnya menjadi menarik.

Tampilan dari Dynamic Island tersebut berbentuk sebuah animasi pada notifikasi pada aplikasi seperi WhatsApp, Maps, Musik dan lain sebaginya.

Lantas bagaimana agar HP Android dapat menggunakan fitur Dynamic Island tersebut?.

Rekomendasi Aplikasi Dynamic Island untuk HP Android

Jawabnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ke-tiga yang bisa sobat download di Google PlayStore.

Karena saat ini sudah cukup banyak aplikasi Android yang menawarkan kemampuan notifikasi Dynamic Island tersebut, untuk itu kami memberikan daftar rekomendasi aplikasinya di bawah ini.

Dynamic Island – dynamicSpot by Jawomo

Dynamic Island - dynamicSpot by Jawomo

Aplikasi pertama yang bisa sobat gunakan adalah DynamicSpot yang akan menghadirkan notifikasi Dynamic Island di HP Android milik sobat.

Saya merekomendasikan aplikasi ini karen saya sendiri sudah mencoba aplikasi Jawomo tersebut, dan aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500ribu orang dengan reting bintang yang cukup baik.

Pertama kali saya mencoba aplikasi ini cukup simpel dan sederhana untuk penggunaannya. Sobat cukup instal aplikasi dynamicSpot dan tunggu sampai prosesnya selesai, dan nantinya sobat akan masuk ke aplikasi untuk pengaturan awal.

Pengaturan awal ini sobat diharuskan memilih daftar aplikasi yang ingin ditampilkan dalam notifikasi Dynamic Island, selanjutnya sobat harus mengijinkan hak akses pada aplikasi tersebut guna aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tapi sobat juga bisa mengupgradenya menjadi premium dengan membayarnya sebesar Rp19ribu, dengan menjadi premium sobat bisa menggunakan beberapa fitur premium seperti mengubah ukuran dan lain sebagainya.

NamadynamicSpot
DeveloperJawomo
Size4 MB

Dynamic Island – GriceMobile

Dynamic Island - GriceMobile

Selanjutnya sobat bisa menggunakan aplikasi Dynamic Siland dari GriceMobile. Dengan aplikasi ini sobat dapat menghadirkan fitur notifikasi Dynamic Island iPhone 14 di HP Android.

Aplikasi ini dikatakan ramah penggunaan dengan menawarkan berbagai fitur yang menghadirkan tampilkan dinamis dari nofitikasi pada kamera depan menjadi lebih indah.

Aplikasi ini memerlukan beberapa izin pada perangkat, seperti BILLING untuk melakukan upgrade premium, Accessibility service untuk menampilkan tampilan dinamis, dan izin membaca notifikasi untuk dapat menampilkan kontrol media dan notifikasi.

Aplikasi dari GriceMobile ini juga sudah cukup banyak di unduh, tercatat sudah lebih dari 500ribu unduhan di Google PlayStore, dan ukuran file sizenya hanya 6MB saja.

NamaDynamic Island
DeveloperGriceMobile
Size6MB

Dynamic Island – RoshaniApps

Dynamic Island - RoshaniApps

Selanjutnya ada aplikasi Dynamic Island dari developer RoshaniApps. Masih sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan apk ini sobat akan mampu menghadirkan fitur notifikasi layaknya iPhone 14.

Aplikasi ini juga mengharuskan sobat untuk menginjinkan beberapa akses yang sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk dapat menghadirkan fitur Dynamic Notifikasi yang akan membalut kamera depan dan akan menampilkan pemberitahuan yang keren.

Sobat juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, dan tercatat, Dynamic Siland dari RoshaniApps sudah diunduh lebih dari 50ribu unduha.

NamaDynamic Island
DeveloperRoshaniApps
Size10MB

Dynamic Island iOS 16 – iLand

Selanjutnya ada aplikasi Dynamic Island iOS 16 iLand dari Team Mercan. Aplikasi ini cukup menarik, Sobat bisa tonton video demonstrasinya di bagian atas ini agar lebih mudah mengetahui fitur dari aplikasi.

Fitur yang ditawarkan dari Dynamic Island milik Team Mercan ini adalah menghadirkan overhead notifikasi dengan animasi morfisme, selain itu juga menampilkan persentase baterai dan juga sudah mendukung dark mode.

Developer juga mengatakan penggunaan aplikasi ini tidak berdampak pada konsumsi daya baterai pada perangkat, tapi pastikan sobat sudah melakukan settingan yang benar.

NamaDynamic Island iOS 16
DeveloperTeam Mercan
Size6MB

Akhir Kata

Untuk sementara ini ada 4 aplikasi Dynamic Island notifikasi untuk Android terbaik yang setidaknya dapat berfungsi dan berjalan dengan baik. Tapi saya sendiri baru mencoba menggunakan dynamicSpot by Jawomo dan hasilnya cukup memuaskan.

Tapi memang ada kekurangannya, yaitu beberapa notifikasi bawaan tidak dapat diblock oleh aplikasi sehingga notifikasi akan keluar secara ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *