2 Cara Membuat Akun Email Gmail di HP Android

| |

Akun Email sekarang ini sangat penting dimiliki oleh pengguna Internet, sebab apapun yang kita buat baik itu akun sosial media ataupun akun bisnis lainnya memerlukan email sebagai alat berkomunikasi secara elektronik. Jadi kalian harus memiliki minimal 1 email pribadi atau lebih tergantung sesuai kebutuhan. Karena saya sendiri memiliki beberapa email yang masing-masing berbeda kebutuhannya, ada yang untuk pribadi atau juga untuk keperluan bisnis. Untuk itu bagi Sobat yang belum mengetahui cara membaut email, disini saya akan share cara membuat email gmail dari HP atau melalui PC/Laptop.

Cara Membuat Akun Email Gmail di HP dan di PC

Sebenarnya membuat email di HP ataupun di PC sama saja, disini saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat email milik perusahaan raksasa Google yaitu Gmail. Pastikan kalian sudah mengetahui alamat email unik yang akan diinput menjadi alamat yang akan sobat jadikan email, sebaiknya siapkan 5 nama karena kalau sudah digunakan oleh orang lain kita tidak bisa membuatnya dan harus mengganti nama alamat lain.

Membuat akun gmail di HP dan PC/Laptop

Jika sudah menyiapkan nama alamatnya, berikut adalah cara membuat email gmail dengan mudah. Pastikan setiap langkah Sobat baca dengan seksama ya.

  • Pertama buka Gmail terlebih dahulu Bisa melalui link ini
  • Setelah itu pilih “Create Account” atau dalam Bahasa Indonesia “Buat Akun” dan pilih “For myselft” untuk membaut akun email secara pribadi atau “To Manage My Business” untuk email bisnis, tapi biasanya saya hanya membuat email untuk keperluan pribadi. (Gambar bisa dilihat di bawah ini)
    Membuat Akun Gmail dengan Mudah
    ini adalah tampilan halaman login gmail. ikuti langkahnya agar kalian diarahkan untuk membuat akun gmail baru

     

  • Selanjutnya Sobat akan diarahkan ke form selanjutnya untuk mengisi formulir berupa nama depan, nama belakang, nama alamat email sebagai nama pengguna yang nantinya akan menjadi conto: “[email protected]
    cara membuat akun email gmail
    Formulir pembuatan akun email gmail
  • Masukan juga kata sandi usahakan buat kata sandi yang kuat seperti menggunakan karakter spesial, dan kombinasi huruf besar dan kecil agar tidak mudah ditebak. \
  • Setelah semuanya sudah siap Klik “Berikutnya” atau “Next“. Pada proses ini Gmail akan melakukan pengecekan apakah alamat email yang Sobat gunakan tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain. Pada contoh yang saya gunakan, alamat email menggunakan nama Android tidak bisa digunakan karena terkait hak cipta milik Google. Jika Sobat mengalami hal serupa sebaiknya ubah alamat email yang kalian gunakan.
  • Sobat akan dibawa kehalaman untuk verifikasi nomor HP. Masukan nomor HP yang kalian gunakan dan klik “berikutnya” nantinya gmail akan mengirimkan kode verifikasi yang akan Sobat input di halaman selanjutnya.
    2 Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah Tanpa No HP
    Halaman untuk memasukan nomer HP. Nomor HP itu penting dalam verifikasi gmail karena ini bisa menjadi sistem pengaman dua langkah jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.
  • Setelah melewati tahap verifikasi, kalian akan dibawa kehalaman Privacy Police. Scroll saja ke bawah dan klik “i Agre” atau “Saya Setuju”. Dan email berhasil di buat.
  • Sekarang sobat sudah bisa login ke akun Gmail yang sudah terverifikasi dengan nomor HP.

Cara Membuat Akun Gmail di HP Tanpa Verifikasi Nomor HP

Jika Sobat ingin membuat akun email Gmail tanpa proses verifikasi nomor HP, kalian bisa mengikuti langkah ini. Untuk cara membuat gmail di sini, kalian harus membautnya melalui HP bukan melalui PC. Disini saya menggunakan ponsel Xiaomi. Ponsel merek lain seperti Samsung, Oppo, Vivo ataubahkan Realme dan Huawei memiliki langkah yang tidak jauh berbeda karena fokusnya pembuatan akun email milik Google. Berikut adalah cara membuat email di HP Android;

  • Pertama buka aplikasi Gmail di HP kalian. Biasanya aplikasi ini sudah tersedia di ponsel Android. Tapi jika belum ada kalian bisa mengunduhnya di Play Store dan ini gratis.
  • Setelah itu kalian akan masuk ke akun gmail di HP. Langkah-langkah pembuatannya akan saya berikan nomor agar mempermudah Sobat untuk mengikuti setiap langkahnya.
  • Jika sudah membuka aplikasi Gmail. (1) Klik foto profile, Nanti akan diarahkan ke halaman akun dan scroll ke bawah. (2) Klik “Tambahkan Akun Lainnya”
    2 Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah Tanpa No HP
  • Selanjutnya Sobat akan dialihkan ke halaman login, tapi disini kita akan membuat akun baru. caranya (3) Klik Menu “Buat Akun” Selanjutnya akan dikirim ke halaman yang mengharuskan Sobat (4) menginput nama depan dan nama belakang.
    2 Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah Tanpa No HP
  • Selanjutnya (5) Isi tanggal lahir dan juga jenis kelamin. Setelah itu Klik “Berikutnya” akan dialihkan kehalaman dimana sobat dapat memilik alamat email yang disarankan atau memasukan alamat email sesuai dengan keinginan. (6) adalah hasil dari alamat email yang sudah saya pilih.
    2 Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah Tanpa No HP
  • Setelah itu, kalian akan dialihkan kehalaman verifikasi nomor HP. Karena kita tidak ingin menggunakan nomor HP, kalian bisa melewatinya dengan cara scroll ke bawah dan klik “Lewati”.
    2 Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah Tanpa No HP
    Klik Lewati jika tidak ingin menggunakan nomor tlp dalam membuat akun email gmail.
  • Selanjutnya tahap akhir kita harus menyetujui Privasi dan Persyaratan dari Layanan Google. Scroll Ke bawah dan Klik (8) “Saya Setuju”.
    2 Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah Tanpa No HP
  • Dan email sudah siap Sobat gunakan! Mudah bukan?

Tips membuat banyak Email dalam satu hari

Jika Sobat memiliki keperluan untuk membuat banyak email tanpa menggunakan nomor HP, sebaiknya hindari membuat lebih dari 3 email dalam 1 hari. Karena Sobat bisa dikatakan sebagai spam dan Google akan memasukan perangkat yang sobat gunakan dalam daftar blacklist/banned sehingga kalian tidak bisa membuat email dalam waktu yang cukup lama.

Untuk keamanan akun email, sebaiknya gunakan password yang sulit ditebak dengan cara menggabungkan karakter spesial, huruf kecil dan besar dan juga angka. Dan yang terpenting sebaiknya verfikasi akun email Sobat dengan nomor HP untuk keperluan keamanan dua langkah dan juga pemulihan akun jika suatu hari kalian lupa password.

itulah cara membuat email baru di HP dengan mudah baik itu menggunakan nomor HP ataupun tidak menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: 5 Cara Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi

Previous

Samsung Rilis Galaxy Note 10+ Edisi Star Wars Lengkap dengan Galaxy Buds

Asus Zenfone 6 vs Realme X2 Pro Bandingkan HP di Harga 7 Jutaan

Next

Tinggalkan komentar di sini