Realme 5s Spesifikasi Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangan

| | , , ,

Realme juga akan menghadirkan Realme 5s di Indonesia berbarengan dengan Realme X2 Pro. Hal ini sudah dikonfirmasi secara resmi oleh pihak perusahaan. “Kali ini, kami membawa ke tingkat yang lebih tinggi melalui konfigurasi AI Quad Camera 48MP yang benar-benar baru, demi memberikan pengalaman mobile photography berdefinisi tinggi layaknya kelas flagship, yaitu Realme 5s,” ujar Senior Brand Manager Realme Indonesia Palson Yi, dikutip dari laman tempo.co pada Senin, 25 November 2019. Lantas bagaimana spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan dari Realme 5s ini? Untuk itu kami akan mengulasnya secara lengkap di halaman ini.

Ulasan Lengkap Realme 5s

Realme 5s Spesifikasi Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangan
Bagian belakang Realme 5s (image credit realme.com)

Bicara soal desain, Realme 5s tak ada perbedaan dari pendahulunya yakni Realme 5. Ponsel masih menyematkan tampilan dengan notch waterdrop yang menjadi tempat kamera depan disematkan. Layarnya hadir dengan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci yang menghasilkan resolusi 720 x 1600 piksel dan dilindungi dengan perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass 3+.

Pada bagian belakang, Relame 5s masih menggunakan corak yang sama dengan Realme 5. Pada bagian ini hadir dengan kamera utama yang disusun secara vertikal dengan empat sensor utama yang sama dengan varian standar. Pada bagian ini juga terlihat masih adanya pemindai sidik jari. Sayangnya kami belum mengetahui apakah bagian belakang dilapisi Gorilla Glass atau masih terbuat dari pelastik, nanti akan kami update lebih lanjut.

Baca juga: Bandingkan Ponsel Pro antara Redmi Note 8 Pro dan Realme 5 Pro, Mana Lebih Mantap?

Spesifikasi Fotografi Realme 5s

Realme 5s Spesifikasi Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangan
Kamera utama Realme 5s (image credit realme.com)

Keunggulan Spesifikasi Relame 5s selanjutnya adalah kamera yang disuguhkan. Jika dibandingkan dengan sensor yang dimiliki pada tipe standar tentu saja varian 5s sudah mendapatkan peningkatan yang signifikan. Berikut adalah perbandingannya.

Kamera Realme 5Kamera Realme 5s
12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF

8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm

2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)

2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF

8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm

2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)

2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

LED flash, HDR, panoramaLED flash, HDR, panorama
[email protected], [email protected], gyro-EIS[email protected], [email protected], gyro-EIS
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
Kamera Depan 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3″, 1.12µmKamera Depan 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3″, 1.12µm

Kelebihan Realme 5s sudah mendapatkan sensor utama sebesar 48MP menggunakan Samsung GM1 sementara lansa lainnya masih tetap sama yaitu hadir dengan sensor 8MP sebagai ultrawide dengan kemampuan menangkap obek gambar yang luas, 2MP lensa dedicated macro untuk keperluan mengambil gambar jarak dekat, dan 2MP sebagai sensor kedalaman yang mampu menghasilkan foto bokeh dengan sangat mudah. Untuk kamera depan masih menggunakan sensor 13MP lensa wide.

Baca jugaOppo Reno2 F vs Realme XT, Perbandingan Ponsel Lima Sensor Kamera

Sensor 48MP mendapatkan dukungan pixel-binning dengan bukaan f/1.8 yang mampu menghasilkan foto yang lebih baik dan cerah. berikut adalah beberapa hasil foto yang dihasilkan oleh Relame 5s. Hasil foto ini milik team GSMArena.

Realme 5s 48MP
Hasil kamera Realme 5s menggunakan sensor 48MP (image credit gsmarena.com)
Realme 5s Nighscape
Hasil kamera Realme 5s pada malam hari menggunakan mode Nighscape (image credit gsmarena.com)

Performa Prosesor

Realme 5s Spesifikasi Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangan
Dukungan Snapdragon 665 Realme 5s (image credit realme.com)

Urusan performa dan kinerja Realme 5s masih mempercayainya dengan chip Snapdragon 665, chipset ini juga digunakan oleh kompetitornya yang baru dirilis yaitu Vivo S1 Pro, yang secara langsung akan kita bandingkan nanti. Urusan RAM, Realme 5s dibekali dengan RAM tertinggi sebesar 4GB dengan penyimpanan terbesar 128GB, selain itu pengguna bisa memperluas penyimpanannya secara eksternal menggunakan microSD yang hadir dengan slot terpisah dari SIM Card. Untuk menunjang aktifitas penggunanya Realme 5s dibekali dengan OS Android 9.0 Pie yang dibalut dengan antaramuka ColorOS 6.

Kapasitas baterai dan Fitur

Realme 5s 3
Kapasitas Realme 5s sebesar 5000 mAh (image credit realme.com)

Dari sisi kapasitas baterai, ini adalah salah satu kelebihan Spesifikasi Realme 5s masih sama seperti pendahulunya yaitu mendapatkan baterai sebesar 5000 mAh, sayangnya hanya mendapatkan pengisian cepat berdaya 10W. Fitur pembeda lain antara Realme 5 dengan Realme 5s sobat bisa lihat di bawah ini;

AspekRealme 5Realme 5s
LoudspeakerYesYes
3.5mm jackYesYes
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspotWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Infrared portNoNo
RadioFM radioFM radio
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-GomicroUSB 2.0, USB On-The-Go
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compassFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Dari tabel diatas terlihat tidak ada perbandingan disisi fiturnya. Semua masih sama seperti yang ada pada Realme 5. Salah satu kekurangan dari Realme 5s adalah tidak dilengkapi dengan teknologi NFC, sama seperti pendahulunya.

Kesimpulan dan Harga

Dari spesifikasi Realme 5s di atas, tentu saja kita sudah dapat menyimpulkan. Bahwa varian terbaru ini hadir dengan peningkatan disektor kamera. Yaitu hadir dengan sensor 48MP menggunakan Samsung GM1. Sementara performa, fitur dan baterainya masih tetap sama.

Untuk harganya, karena belum resmi hadir di Indonesia, kami masih menantikan peluncurannya pada tanggal 27 November 2019. Jika harganya sudah rilis akan kami update di halaman ini. Tapi untuk membandingkannya Harga Realme 5 bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Harga Realme 5 RAM 3GB/ 32GB Rp.1.999.000
  • Harga Realme dengan RAM 3GB/ 64GB Rp.2.199.000

Dari daftar harga diatas diperkirakan Relame 5s akan dibandrol dikisaran harga 2,5 dan tidak sampai di 3 juta. Karena kalau masuk di 3 juta akan langsung berhadapan dengan Realme 5 Pro. Tentu saja kami akan membandingkan kedua ponsel tersebut di waktu yang akan datang. Jangan lupa untuk mengaktifkan lonceng di AndroidPonsel agar Sobat bisa mendapatkan update lebih cepat.

Kelebihan Realme 5s

  • Kamera Utama 48MP
  • Layar Luas
  • Slot MicroSD
  • Baterai besar 5000 mAh
  • Pengisian Cepat 10W
  • Perlindungan Layar Corning Gorilla Glass 3+

Kekurangan Realme 5s 

  • Layar masih IPS LCD
  • Bagian belakang sepertinya terbuat dari pelastik
  • Tidak dilengkapi NFC

Baca juga: Melihat Perbedaan Spesifikasi Vivo S1 Pro vs Vivo S1

Previous

Melihat Perbedaan Spesifikasi Vivo S1 Pro vs Vivo S1

Xiaomi Mi Rabbit Children 2S Jam Tangan Pintar Untuk Anak Resmi Dirilis

Next

Tinggalkan komentar di sini