AndroidPonsel.com – Setelah kami melaporkan peluncuran Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 / 765G. Kali ini diikuti dengan pengumuman para perusahaan smartphone yang ikut mengumumkan bahwa produk baru mereka akan menggunakan salah satu chip tersebut.

Presiden Xiaomi Lin Bin, sudah secara resmi melakukan konfirmasi bahwa smartphone terbaru perusahaan yang akan datang yaitu Xiaomi Mi 10 akan menjadi salah satu ponsel pertama yang akan menggunakan SD865. Selain itu Akun Weibo resmi Meizu juga mengkonfirmasi bahwa Meizu 17 akan hadir di tahun 2020 menggunakan chipset terbaru tersebut. Meizu seperti terlalu cepat melakukan konfirmasi, pasalnya mereka baru satu bulan yang lalu mengungkap Meizu 16T yang hadir dengan Snapdragon 855.

Sebagai informasi Snapdragon 865 ini akan disandingkan dengan Modem SDX55 untuk dapat terkoneksi dengan 5G. Modem ini hadir dengan kecepatan yang lebih tinggi dan dukungan jaringan 5G mmWave dan Sub-6 GHz. Selain meluncurkan chipset kelas atas, Qualcomm juga memperkenalkan chipset kelas menengah yaitu Snapdragon 765 / 765G yang sudah terintegrasi dengan teknologi 5G.

Chip Snapdragon 765 dan 765G adalah chipset prosesor kelas menengah yang artinya harganya akan lebih murah dibangingkan dengan SD865. Dalam laporan yang dimuat oleh AndroidAuthority mengatakan, Snapdragon 765 hadir dengan peningkatan kinerja 20% dari penggunaan CPU Kryo 475 berkecepatan 2.4GHz, selain itu GPU Adreno 620 juga mendapatkan peningkatan. Ini akan mengahasilkan keseimbangan kinerja yang lebih baik dan juga menghemat masa pakai baterai.

Selain itu Snapdragon 765 juga memiliki pilihan fitur unggulan dari seri 800. Chip ini sudah mendukungan HDR10 +, Qualcomm’s Computer Vision-ISP dari Snapdragon 855 untuk meningkatkan kinerja pencitraan dengan penghematan daya 4x. Ini berarti teknik pencitraan seperti HDR, Night Mode, bokeh blur harus berjalan lebih cepat dan menghasilkan hasil kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sobat bisa melihat perbandingan tabel yang ada di bawah ini!

Tangkap Layar Perbedaan Snapdragon 765 dari sebelumnya
Tangkap Layar Perbedaan Snapdragon 765 dari sebelumnya (credit androidauthority.com)

Sementara untuk Snapdragon 765G hadir lebih berfokuskan pada perangkat permainan game. Jika dibandingkan dengan 765 versi biasa. SD765G hadir dengan peningkatan 20% lebih baik untuk kinerja grafisnya.¬†Qualcomm memilih chip “speed binned” untuk 765G, yang berarti mereka dapat menangani GPU yang sedikit lebih tinggi dan meningkatkan kecepatan puncak CPU ke 2.4GHz.

Chipset ini mendukung kecepatan refresh rate display 120Hz pada resolusi FHD + – yang pertama untuk chipset seri-700. Game HDR 10-bit juga didukung, dan Qualcomm menjanjikan frame rate yang lebih halus pada model ini.

Walaupun demikian, kedua model memiliki fitur inti yang sama, lengkap dengan kemampuan 5G dan AI generasi berikutnya. Kekuatan dalam bermain bermain game tentu bukan nilai jual utama dari seri Snapdragon 765, tapi ini adalah bonus yang menginginkan kinerja ekstra dari smartphone kelas menengah.

Tentunya akan semakin banyak perusahaan smartphone akan mengkonfirmasi akan menggunakan chipset ini diakan datang.

Baca juga: 3 Jenis Aplikasi Android Tercanggih dan Harus Dimiliki dalam Gadget Andalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here