AndroidPonsel.com –  Hari ini gadgetsnow (11/12/2019), melaporkan bahwa Microsoft telah secara resmi mengakhiri dukungan sistem operasi selular miliknya yakni Windows 10 Mobile. Ini artinya pihak perusahaan yang berbasis di Redmond tidak akan memberikan pembaharuan keamanan baru, perbaikan terbaru non-keamanan, bahkan dukungan bantuan gratis untuk Windows Phone.

Flash back di tahun 2017, seorang yang memiliki jabatan VP Windows pernah mentwit informasi tentang update Windows 10 Mobile yang dikatakan bahwa Oktober akan menjadi pembaharuan terakhir OS tersebut.

Sebelumnya pada Januari 2019, pihak Microsoft sudah secara resmi mengumumkan akan mengakhiri dukungan untuk Windows 10 Mobile.

Pembaharuan terakhir yang diberikan pihak perusahaan adalah Patch Desember 2019 (OS Build 15254.600). Walaupun tidak mendapatkan pembaharuan lagi, smartphone berbasis OS Windows tetap dapat digunakan, hanya saja tidak akan ada pembaharuan perangkat lunak berbasis sistem yang akan diberikan.

Selain itu dukungan aplikasi Office termasuk Word, Excel, PowerPoint dan OneNote yang digunakan pada smartphone Windows 10 Mobile masih akan mendapatkan dukungan sampai 12 Januari 2021.

Dikutip dari laman gadgetsnow, Dalam FAQ, Microsoft menjelaskan “setelah dukungan, pembuatan cadangan perangkat baru secara otomatis atau manual untuk pengaturan aplikasi akan berlanjut selama 3 bulan, berakhir pada 10 Maret 2020. Beberapa layanan termasuk unggah foto dan mengembalikan perangkat dari cadangan perangkat yang ada dapat terus bekerja hingga 12 bulan dari akhir dukungan”.

Pihak Microsoft juga mengatakan bahwa Store masih dapat berfungsi setelah berakhirnya duukungan, karena aplikasi diatur oleh kebijakan yang berebeda dari OS. Tapi jelas bahwa pengembang aplikasi termasuk Microsoft dapat mengakhiri dukungannya kapan saja.

Selain itu pihak Microsoft menyarankan agar pelanggannya pindah ke perangkat Android atau iOS. Walaupun demikian Windows 10 Mobile masih dapat digunakan sampai 12 Januari 2021.

Untuk mengingat, Windows 10 Mobile hadir pada 2015 untuk menantang langsung pesaingnya iOS dan Android. Os Windows 10 Mobile ini hadir dibeberapa tipe smartphone diantaranya Lumia 950, Lumia 950 XL, Lumia 550 dan seri Lumia Lainnya. Pihak perusahaan juga sudah secara resmi menghapus “Windows Phone” di lebel software perangkat perusahaan.

Selain itu Microsoft juga pernah menarik dukungan terhadap OS Winsows Phone 8.1 dan juga menutup layanan aplikasinya pada 16 Desember.

Sebagai informasi Microsoft sedang bekerja sama dengan Samsung untuk meningkatkan fungsionalitas perangkat Samsung dengan aplikasi Your Phone di Windows 10. Selain itu pihak perusahaan meluncurkan Project xCloud yang bisa dijalankan pada Android dan iOS, dan yang paling dinanti pengumuman Surface Duo yang menjalankan sistem operasi Android. (sumber)

Tinggalkan komentar di sini